ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi Tiba-tiba Banyak, Apa Penyebabnya, ya?

Menstruasi Tiba-tiba Banyak, Apa Penyebabnya, ya?

03 Apr 2024

Menstruasi Tiba-tiba Banyak, Apa Penyebabnya, ya?

  • Infeksi menular seksual (IMS)

Infeksi akibat aktivitas seksual yang tidak aman juga bisa menjadi penyebab menstruasi tiba-tiba banyak. Pasalnya, bakteri atau parasit pemicu penyakit-penyakit infeksi menular seksual (IMS) seperti gonore, trikomoniasis, klamidia, dan lainnya akan menimbulkan peradangan di area kewanitaan. Pada akhirnya, menoragia pun terjadi.

  • Komplikasi kehamilan

Menurut CDC, komplikasi yang berkaitan dengan kehamilan, seperti keguguran, juga bisa menjadi penyebab menoragia. Pada perempuan yang mengalami keguguran, tubuh akan meluruhkan lapisan rahim dan janin sehingga menyebabkan menorgia.

  • Gangguan pendarahan

Gangguan pendarahan, seperti leukemia, hemofilia, atau penyakit Von Willebrand (VWD), juga dapat menyebabkan darah menstruasi yang tiba-tiba banyak. Menurut data Kantor Kesehatan Wanita (OWH) Amerika Serikat, 1 dari 10 perempuan yang mengalami menoragia adalah penderita gangguan pendarahan.

  • Kondisi kesehatan lainnya

Di luar beberapa poin di atas, menoragia juga dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi kesehatan lain, di antaranya kanker rahim, kanker serviks, penyakit hati, penyakit ginjal, dan penyakit radang panggul (PID). Untuk mengetahui kondisi-kondisi kesehatan lain ini, kamu perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Baca Juga: Perlu Nggak Sih Pap Smear Rutin Kalau Tidak Aktif secara Seksual?

Bisakah menoragia diobati?

Mengingat banyaknya penyebab yang mungkin melatarbelakangi menoragia, pengobatan untuk menyelesaikan gangguan menstruasi ini juga bergantung pada akar masalahnya. Untuk itu, ketika kamu merasa memiliki ciri-ciri menoragia dan kondisi ini sudah terjadi secara berulang (lebih dari satu siklus), kamu perlu melakukan kunjungan ke dokter obgyn.

Nantinya, dokter obgyn akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan panggul untuk menentukan diagnosis penyebab menoragia, seperti sonohysterogram (untuk memeriksa lapisan rahim) dan histeroskopi (untuk memeriksa polip rahim, penyakit fibroid, atau jaringan tidak normal lainnya dalam rahim). Setelah menemukan penyebab menoragia, dokter akan memberikan resep obat, merekomendasikan terapi hormon, atau mengatur diet (pola makan) yang sehat.

Kamu juga bisa bertanya pada Ask dr. Laurier seputar gangguan menstruasi lain seperti keputihan jelang haid, masalah kesuburan, kesehatan organ reproduksi, sampai kehamilan. Semua pertanyaan yang kamu kirimkan akan dijawab oleh dokter obgyn yang sudah berpengalaman.

Kalau mengalami menstruasi yang tiba-tiba banyak lagi, kamu bisa menggunakan Laurier Celana Menstruasi. Laurier Celana Menstruasi merupakan pembalut berbentuk celana yang memberikan proteksi bebas bocor 360° dengan daya serap 5x lebih banyak dari pembalut malam. Laurier Celana Menstruasi juga tipis dan selembut celana dalam katun dengan karet pinggang yang nyaman dan fit mengikuti bentuk tubuh. Pembalut ini juga memberikan perlindungan dari segala sisi, sehingga kamu bisa bebas khawatir dari rasa cemas karena khawatir bocor saat lagi deras-derasnya.

Related Articles

First Timer
17 Nov 2020

Ini Dia Cara Menghitung Siklus Menstruasi

Masa subur pada wanita perlu diperhitungkan dengan baik untuk menentukan kapan waktu yang tepat untu...
First Timer
27 Mar 2023

Flek Kecokelatan saat Tidak Menstruasi, Apakah Berbahaya?

Girls, pernah nggak sih kamu mengalami flek kecokelatan bukan saat menjelang atau setelah menstruasi...
First Timer
08 Jan 2020

4 Fase Siklus Menstruasi yang Perlu Kamu Tau

Kata menstruasi berasal dari ‘menses’ yang artinya bulan. Tepat banget kan, kalau kata m...