Selalu Bersih Saat Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Selalu Bersih Saat Menstruasi

Selalu Bersih Saat Menstruasi

03 Oct 2019

Selalu Bersih Saat Menstruasi

Saat menstruasi, kebersihan adalah faktor utama yang perlu kamu jaga dengan baik. Right, Girls? Hal ini disebabkan karena saat menstruasi, organ reproduksi cewek lagi sensitif, sehingga risiko terkena infeksi bisa meningkat. Nah, cara paling pas untuk mengatasi kondisi itu adalah dengan menjaga kebersihannya lewat empat cara ini:

  • Rajin ganti pembalut

Girls, kamu harus selalu ingat untuk mengganti pembalut setiap empat jam sekali, apalagi pas darah menstruasi yang keluar banyak. Pastikan untuk membersihkan area vagina pakai air bersih, mulai dari saat mandi sampai setelah BAB atau BAK, dengan gerakan dari depan ke belakang. Hal ini dilakukan supaya kotoran dari saluran pembuangan nggak berpindah ke area vagina. Lalu keringkan sampai benar-benar nggak ada lagi area yang lembap sebelum memasang pembalut yang baru, biar nggak memicu iritasi. Kamu juga harus memastikan untuk nggak menyentuh permukaan pembalut supaya tetap terjaga kesterilannya.

  • Mandi

Mandi secara teratur, yaitu dua kali sehari pas menstruasi. Hal ini akan membuatmu merasa lebih segar dan bersemangat untuk beraktivitas. Saat mandi sore, sebaiknya bersihkan juga area vaginamu dengan air hangat. Eits, jangan lupa untuk mengganti celana dalammu setiap kali selesai mandi ya, Girls!

  • Siapkan cadangan

Menstruasi bisa kamu alami secara tiba-tiba saat siklusnya lagi nggak teratur. Kadang volume darahnya juga berbeda, bisa sedikit atau sebaliknya. Nah, makanya disarankan banget supaya kamu selalu membawa pembalut cadangan untuk mengatasi kondisi yang darurat.

  • Mencuci tangan

Para cewek disarankan banget supaya mencuci tangannya sebelum membersihkan vagina dan mengganti pembalut selama menstruasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah berpindahnya bakteri yang mungkin ada di tanganmu ke area vagina. Kalau kamu udah mencuci tangan, maka bisa menurunkan risiko infeksi. Pada saat menstruasi, kamu juga jadi lebih sering menyentuh vagina daripada biasanya karena selain BAK dan BAB, kamu juga harus mengganti pembalut setiap empat jam sekali. So, jangan lupa untuk mencuci tanganmu setelah menggunakan toilet ya!

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah jangan menggunakan cairan pembersih vagina yang berpewangi. Karena hal itu justru bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan flora kulit seperti bakteri, virus dan jamur yang memicu iritasi dan infeksi di area vaginamu.

Kebersihan saat menstruasi memang butuh usaha yang lebih, tapi hal itu bermanfaat banget kok, buat kamu. Langkah-langkah di atas bisa mencegah berbagai risiko seperti iritasi atau infeksi yang nggak kamu inginkan, Girls. Kalau kebersihan dirimu terjaga dengan baik, pasti kamu bakal merasa lebih nyama saat beraktivitas walaupun lagi menstruasi. So, keep your healthy!

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka bisa merawat kebersihannya dengan baik selama menstruasi!

Related Articles

First Timer
05 Dec 2019

4 Fase Siklus Reproduksi yang Harus Kamu Tau

Kamu udah tau belum, kalau ternyata menstruasi itu berasal dari kata ‘menses’ yang artin...
First Timer
12 Nov 2021

Obat yang Bisa Dikonsumsi Saat Menstruasi Tidak Teratur

Hai, girls! Menstruasi jadi salah satu kodrat wanita karena secara normal, wanita akan mengalami men...
First Timer
21 Jul 2022

Pendarahan di antara Menstruasi, Normalkah?

Siklus menstruasi rerata perempuan berkisar pada rentang 21–35 hari. Artinya, seorang perempua...