Kencing Nanah Itu Penyakit Apa, Sih?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kencing Nanah Itu Penyakit Apa, Sih?

Kencing Nanah Itu Penyakit Apa, Sih?

26 Jul 2022

Kencing Nanah Itu Penyakit Apa, Sih?

Dalam dunia medis, kencing nanah dikenal dengan istilah gonorrhea atau gonore. Gangguan kesehatan ini merupakan salah satu penyakit menular seksual, yang diakibatkan oleh infeksi bakteri saat seorang individu melakukan aktivitas seksual. Yuk, cari tahu informasi lengkap seputar penyakit ini, girls!

Mengenal penyakit kencing nanah atau gonore

Gonore pada seorang individu bermula ketika bakteri Neisseria gonorrhoeae masuk ke tubuhnya tatkala ia melakukan hubungan seksual vaginal, anal, atau oral. Setelah itu, benih penyakit tersebut akan menginfeksi mukosa anatominya yang terbuka; entah itu saluran urogenital (organ ekskresi atau reproduksi), rektum (ujung usus besar), faring (hulu kerongkongan), atau malah konjungtiva (selaput lendir di kelopak mata).

Pada akhirnya, penis, vagina, leher rahim, anus, uretra, tenggorokan, atau – meski jarang – mata individu itu mengalami peradangan. Sayangnya, infeksi kencing nanah sering kali tidak memberikan gejala awal apa-apa. Kalaupun ada, rata-rata kemunculannya adalah 7 hari setelah seseorang terinfeksi.

Penderita laki-laki, misalnya, baru akan mendapat tanda seperti keluarnya nanah dari penis atau pembengkakan dan kemerahan pada bukaan penis di pekan kesatu hingga keempat setelah ia terkena gonore. Sementara mayoritas perempuan yang terkena penyakit ini, bahkan, baru menyadari bahwa ia mengidap gonore setelah melakukan screening kesehatan organ kewanitaannya (Jurnal Penelitian PMC).

Faktor risiko gonore

Kencing nanah atau gonore paling banyak ditemukan pada laki-laki dan perempuan dengan rentang usia 15 hingga 24 tahun. Selain aktivitas seksual (vaginal, anal, ataupun oral), infeksi ini akan lebih mudah hinggap dalam tubuh seseorang dengan:

  • pasangan seksual yang baru,
  • pasangan seksual yang memiliki pasangan lain,
  • lebih dari satu pasangan seksual,
  • pasangan seksual yang sudah mengidap gonore, atau
  • ibu yang mengidap gonore saat melahirkan.

Related Articles

Adulthood
02 Oct 2019

Ovulasi Dua Kali dalam Sebulan? Memang Bisa?

Girls, kamu udah tau belum sih, ternyata perempuan rata-rata mengalami siklus selama 28 hari untuk m...
Adulthood
03 Dec 2019

3 Tips Supaya Nggak Ngantuk Saat PMS!

Kamu pernah mengalami susah tidur pas menjelang menstruasi nggak, Girls? Ternyata itu salah satu ben...
Adulthood
27 Aug 2019

Basmi Kram Perut Pakai Minyak Esensial!

Girls, kamu pasti pernah dengar tentang minyak esensial kan? Minyak esensial dikenal sebagai bahan u...