ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenali Apa Itu Pubertas Dini, Risiko, dan Pencegahannya!

Kenali Apa Itu Pubertas Dini, Risiko, dan Pencegahannya!

07 Feb 2024

Kenali Apa Itu Pubertas Dini, Risiko, dan Pencegahannya!

Namun, jika pubertas dini terjadi bukan karena faktor masalah kesehatan, maka pengobatan dilakukan dengan terapi hormon gonadotropin releasing hormone (GnRH), yaitu hormon yang berperan penting dalam mengatur produksi hormon reproduksi dalam tubuh. Pada terapi ini, dokter akan memberikan suntikan setiap bulannya untuk menghambat pertumbuhan pada anak dengan pubertas dini. Suntikan ini akan terus diberikan hingga anak mencapai usia pubertas yang normal. Biasanya, proses pubertas akan kembali terjadi sekitar 16 bulan setelah suntikan berhenti diberikan.

Jika mulai muncul tanda pubertas sebelum usia 10 tahun pada anak perempuan dan 12 tahun pada anak laki-laki, makackamu bisa mengajak anak melakukan konsultasi pada dokter untuk mengetahui cara penangannya yang tepat. Kamu juga bisa bertanya ke Ask dr. Laurier seputar gangguan reproduksi lain, masalah kesuburan, siklus menstruasi, kesehatan organ reproduksi, kehamilan, dan lainnya. Semua pertanyaan kamu akan dijawab oleh dokter obgyn yang sudah berpengalaman.

Selain itu, kamu juga bisa mulai memberikan edukasi pada anak mengenai pubertas, termasuk menstruasi yang terjadi pada perempuan. Untuk anak laki-laki, kamu bisa mengajarkan pada anak apa itu menstruasi dan apa yang harus dilakukan anak jika ada teman perempuannya mengalami masalah seputar menstruasi.      

Sementara untuk anak perempuan, kamu bisa mulai mengedukasinya mengenai menstruasi lebih detail lagi. Seperti apa itu menstruasi, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama menstruasi, jangan panik saat melihat darah haid menggumpal, dan tentunya memilih pembalut yang tepat untuk digunakan selama menstruasi, yaitu Laurier Natural Clean.

Laurier Natural Clean adalah pembalut antibakterial dengan 3 antibac protection: kandungan daun sirih yang mengusir bau, ekstrak daun sage yang dikenal sebagai anti jamur, dan antibac agent yang melawan pertumbuhan bakteri. Ga perlu worry becek, bau, dan bakteri selama menstruasi, anak pun bisa lebih nyaman saat melakukan aktivitasnya.

Related Articles

First Timer
11 Oct 2019

Keperawananku Ditentukan Selaput Dara?

Topik tentang hymen atau selaput dara memang selalu jadi hal yang menarik untuk dibahas. Right, Girl...
First Timer
03 Sep 2019

Pembalut Bersih Bikin Nggak Risih

Girls, selama menstruasi, pembalut adalah salah satu benda penting yang perlu kamu perhatikan kebers...
First Timer
14 Jan 2022

Menstruasi Sebulan Dua Kali? Normalkah?

Bagi wanita yang sudah aktif dan matang alat reproduksinya, akan mengalami siklus menstruasi setiap ...