ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Perlukah Mengetahui Kapan Masa Ovulasi?

Perlukah Mengetahui Kapan Masa Ovulasi?

Author: Tim Edukasi Laurier

17 Jun 2024

Perlukah Mengetahui Kapan Masa Ovulasi?

Ovulasi merupakan salah satu fase penting dalam siklus menstruasi karena pada masa ovulasi sel telur akan dilepaskan untuk kemudian dibuahi oleh sperma. Jika proses pembuahan tidak terjadi, maka lapisan dinding rahim akan luruh dan terjadilah menstruasi. Mengetahui masa ovulasi sangatlah penting, terutama untuk kamu yang sedang merencanakan kehamilan maupun menundanya.

Untuk lebih jelasnya lagi, baca lebih lanjut berbagai hal seputar ovulasi dan pentingnya mengetahui kapan masa ovulasi dalam artikel ini, yuk!

Apa Itu Ovulasi?

Ovulasi adalah fase di mana sel telur (ovum) yang telah matang dilepaskan dari ovarium dan kemudian bergerak menuju ke tuba falopi. Di sinilah sel telur akan menunggu untuk dibuahi oleh sperma. Pada umumnya, fase ini terjadi pada hari ke-14 hingga hari ke-28 dalam siklus menstruasi.

Bca Juga: Cek yuk, Apakah Kamu Udah Memasuki Periode Ovulasi atau Belum?

Berikut ini adalah proses terjadinya ovulasi dalam tubuh:

  • Proses ovulasi diawali saat hipotalamus (bagian otak yang berfungsi menghasilkan hormon) melepaskan gonadotropin-releasing hormone (GnRH).
  • Dilepaskannya GnRH menyebabkan kelenjar pada otak, yaitu kelenjar pituitari, mengeluarkan follicle-stimulating hormone (FSH) dan luteinizing hormone (LH).
  • Di antara hari ke-6 hingga hari ke-14 siklus menstruasi, FSH akan menyebabkan folikel yang berisi sel telur yang sedang berkembang mulai matang.
  • Pada hari ke-10 hingga hari ke-14 siklus menstruasi, akan ada satu folikel yang menghasilkan sel telur matang sepenuhnya.
  • Sekitar hari ke-14, terjadi lonjakan pada LH secara tiba-tiba, sehingga menyebabkan sel telur dilepaskan oleh ovarium, atau terjadinya ovulasi.

Setelah seluruh proses ovulasi terjadi, maka hormon progesteron akan meningkat dalam rangka mempersiapkan rahim untuk kehamilan. Sementara sel telur akan menunggu sekitar 12-24 jam di tuba falopi untuk dibuahi oleh sperma. Meskipun waktu tunggu sel telur cukup singkat, tetapi sebenarnya sperma bisa bertahan hingga 5 hari di dalam tuba falopi setelah berhubungan seksual yang terakhir.

Jika pada saat sel telur memasuki tuba falopi dan ada sperma hidup di dalamnya, maka proses pembuahan bisa terjadi. Ketika proses pembuahan ini berjalan lancar, selanjutnya sel telur akan bergerak ke dalam rahim dan dalam waktu satu minggu akan menempel pada dinding rahim atau yang disebut dengan implantasi.

Namun, jika sel telur tidak mengalami proses pembuahan, maka yang terjadi selanjutnya adalah menstruasi, di mana dinding rahim yang telah dipersiapkan untuk kehamilan menjadi luruh dan keluar melalui vagina. Bisa dalam bentuk darah haid menggumpal maupun diawali dengan keluarnya flek terlebih dahulu. Biasanya, menstruasi terjadi sekitar 14 hingga 16 hari setelah proses ovulasi.

Tanda sedang Terjadinya Ovulasi

Ovulasi terjadi di dalam tubuh, sehingga kamu mungkin tidak menyadarinya. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata tubuh juga memberikan beberapa pertanda lho ketika ovulasi sedang terjadi? Beberapa di antaranya yaitu:

  • Terjadinya keputihan
  • Meningkatnya gairah seksual
  • Perut terasa kembung dan terjadinya nyeri atau kram perut ringan
  • Nafsu makan berubah
  • Perubahan pada suasana hati
  • Nyeri ringan pada panggul
  • Suhu basal, yaitu suhu tubuh dalam kondisi istirahat, mengalami kenaikan 0,5 hingga 1 derajat celcius

Namun, kamu gak perlu khawatir kalau gak pernah merasakan berbagai gejala di atas karena memang tidak semua perempuan mengalaminya. Jadi, itu adalah hal yang normal kok.

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
22 Oct 2020

Masturbasi Saat Hamil. Aman Enggak, Sih?

Selalu ada perdebatan membingungkan tentang hal yang boleh dan nggak boleh dilakukan oleh ibu hamil,...
Author: Tim Edukasi Laurier
06 Mar 2023

Ternyata Menstruasi dan Menyusui Saling Berkaitan, Loh!

Menstruasi memberikan banyak pengaruh pada tubuhmu, baik secara mental dan fisik. Termasuk juga untu...
Author: Tim Edukasi Laurier
28 Aug 2019

Yuk, Cari Tau 4 Perubahan Sosial yang Bisa Terjadi Pada Anak!

Moms, setiap anak pasti akan mengalami perubahan menjelang masa remajanya atau sering kita sebut seb...