ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenali Gejala Infeksi Virus Corona pada Ibu Hamil

Kenali Gejala Infeksi Virus Corona pada Ibu Hamil

15 Apr 2020

Kenali Gejala Infeksi Virus Corona pada Ibu Hamil

Dalam situasi seperti sekarang ini, semua orang memang harus lebih waspada terhadap kesehatan dan kebersihannya masing-masing. Begitu pula dengan para ibu hamil. Kalau saat ini kamu lagi memasuki masa kehamilan, nggak perlu terlalu panik dan takut untuk menghadapi situasinya, Moms.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gejala yang dirasakan oleh ibu hamil akan sama seperti yang dialami oleh orang pada umumnya. Infeksi virus Corona biasanya ditandai dengan beberapa gejala, yaitu demam, batuk, dan sesak nafas. Kalau kondisinya mulai parah, virus ini bisa menyebabkan penderitanya mengalami gagal nafas akut, edema paru, pneumonia (infeksi paru) yang berat, kegagalan fungsi pada organ-organ tubuh, bahkan kematian.

Sayangnya, perubahan sistem imun yang terjadi pada masa kehamilan bisa membuatmu lebih rentan terkena infeksi virus Corona, serta lebih berisiko mengalami gejala penyakit yang berat dan fatal. Nggak cuma itu aja, kalau kamu mengalami demam tinggi yang menjadi gejala dari infeksi virus ini pada trimester pertama kehamilan, maka bisa meningkatkan risiko terjadinya cacat lahir pada anak.

Menanggapi hal ini, dr. Darrell Fernando, SpOG mengungkapkan bahwa ada beberapa gejala awal yang akan dialami oleh ibu hamil kalau terkena infeksi virus Corona, yaitu:

  • Demam
  • Batuk
  • Nyeri otot
  • Sakit tenggorokan
  • Seluruh bagian tubuh terasa lemas
  • Sesak nafas

Kalau kamu mengalami gejala-gejala di atas, apalagi pernah melakukan perjalanan ke negara yang terjangkit infeksi virus Corona dalam waktu dekat ini, sebaiknya kamu segera melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah kamu terkena infeksi virus tersebut atau nggak.

Ingat, jangan pernah anggap sepele penyakit ini! Jangan sampai kamu membahayakan kesehatan dirimu sendiri dan janin yang ada dalam kandunganmu. Sebaiknya, tetap waspada dengan melakukan social distancing, jangan keluar rumah kalau nggak ada sesuatu urusan yang urgent, rajin mencuci tangan, dan selalu memakai masker saat pergi keluar rumah. Be aware, Moms!

Yuk, share info penting ini ke teman-teman yang lain, supaya mereka juga makin waspada menghadapi virus ini!

Related Articles

Motherhood
28 Jun 2019

Obrolin Tentang Puber dan Menstruasi Sama Anak yuk, Moms!

Kalau moms punya anak cewek yang mulai beranjak dewasa, pasti biasanya dia bakal nanya-nanya soal me...
Motherhood
14 Jun 2022

Kenapa ya Seseorang Bisa Mengalami Hamil Anggur?

Setiap pasangan suami istri pasti akan merasa bahagia ketika mendengar berita tentang kehamilan. Bah...
Motherhood
19 Jul 2021

Cara Menjelaskan Menstruasi Pertama ke Anak Perempuan

Sebagian besar anak perempuan biasanya merasa takut dan bingung saat pertama kali mengalami menstrua...