Waktu dan Cara Berhubungan Seks Setelah Melahirkan
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Waktu dan Cara Berhubungan Seks Setelah Melahirkan

Waktu dan Cara Berhubungan Seks Setelah Melahirkan

26 Jan 2022

Waktu dan Cara Berhubungan Seks Setelah Melahirkan

Kebanyakan ibu yang sudah melahirkan masih belum mau untuk berhubungan seksual karena takut luka persalinan terbuka kembali, rasa khawatir, dan pikiran bahwa masa nifas belum selesai. Masa nifas sendiri adalah masa pemulihan setelah melahirkan sampai organ reproduksi pulih kembali. Masa nifas ini dimulai ketika wanita mengeluarkan plasenta berlanjut biasanya hingga 6 minggu setelah melahirkan. Pada masa ini, Ibu masih mengalami pendarahan. 

 

Organ yang Berubah Saat Melahirkan Normal

Setelah melahirkan, ada beberapa organ tubuh yang mengalami perubahan bentuk dan fungsinya. Berikut adalah organ-organ yang mengalami perubahan pasca melahirkan. 

  1. Vagina 
    Pada masa nifas, vagina ibu akan mengalami pembengkakan disertai dengan pendarahan selama 6-10 minggu. Untuk ibu menyusui, pemulihan akan jauh lebih lama karena kadar estrogen yang rendah dalam tubuh. 

  2. Perineum
    Perineum terletak di bagian antara vagina dan anus. Kemungkinan saat melahirkan secara normal, perineum ibu akan robek saat mendorong bayi keluar atau saat penyayatan perineum guna membuka jalan keluar bayi. 

  3. Bagian Rahim
    Organ lain yang berubah dan berdampak setelah melahirkan adalah rahim. Rahim akan mengalami penyusutan sekitar 900 gram dari berat awal 1 kg saat hamil. Penyusutan ini diiringi oleh keluarnya darah saat masa nifas. Begitupun dengan leher rahim atau serviks yang ukurannya tidak dapat kembali sama seperti sebelum hamil. 

  4. Payudara
    Yang berikutnya adalah payudara. Payudara ibu saat masa nifas akan terasa lebih kencang dan nyeri. Hal ini dikarenakan tubuh ibu sedang mempersiapkan diri untuk menyusui bayi. Saat menyusui, rasa nyeri akan berangsur-angsur membaik. 

  5. Perut 
    Saat hamil, perut mengalami perubahan besar. Namun, setelah melahirkan perut akan kembali mengecil tetapi perut menjadi lebih kendur dan dinding perut menjadi kurang kencang. Untuk menghindari kendor atau gelambir di bagian perut, kamu bisa melakukan olahraga rutin seperti senam perut, senam kegel, jalan kaki, berbaring sambil mengangkat kepala, dan squat. 

     

Kapan Waktu Terbaik Melakukan Hubungan Setelah Melahirkan?

Pada umumnya, melakukan hubungan seksual dapat dilakukan setelah masa nifas selesai atau saat ibu tidak mengalami bengkak dan pendarahan dari rahim. Masa nifas setiap ibu berbeda-beda, jadi tidak ada waktu jelas kapan masa nifas seseorang akan berakhir. Namun, biasanya dokter kandungan akan merekomendasikan ibu yang setelah melahirkan dan ingin melakukan hubungan seksual di 6-10 minggu setelah melahirkan dengan catatan ibu telah siap secara fisik dan psikis. 

Apabila kamu sudah siap untuk melakukan hubungan seksual setelah melahirkan, pastikan untuk mempertimbangkan penggunaan alat kontrasepsi untuk menghindari terjadinya hamil kembali. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyarankan jarak kehamilan berikutnya adalah 33 bulan sesuai dengan standar dari Badan Kesehatan Dunia. Jarak usia kehamilan yang terlalu dekat dapat berbahaya bagi ibu hamil dan calon buah hati. 

Untuk penggunaan alat kontrasepsi yang dipilih, wajib dikonsultasikan oleh dokter kandungan terlebih dahulu supaya terhindari dari risiko yang tidak diinginkan. Jika kamu dan pasangan terlanjur berhubungan badan tanpa pengaman, pastikan tetap memantau kesehatan kehamilan dengan menjaga pola hidup menjadi lebih sehat dan melakukan pemeriksaan rutin. 

 

Penyebab Keluar Flek Saat Berhubungan Badan Setelah Melahirkan

Keluarnya bercak darah atau flek setelah berhubungan seksual pasca melahirkan bisa terjadi karena luka dan jahitan perineum belum pulih. Selain itu, ada beberapa hal yang mungkin terjadi mulai dari infeksi pada perineum, efek samping KB, dan kurangnya pelumas vagina saat melakukan hubungan seksual yang menyebabkan vagina menjadi lecet. 

Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan oleh pasangan untuk melakukan hubungan seksual dengan aman dan menyenangkan. 

Lakukan Foreplay 

Agar produksi pelumas serviks menjadi banyak dan tidak terasa kesat saat melakukan penetrasi, kamu dan pasangan bisa melakukan foreplay sebelum berhubungan seksual. Foreplay bisa dilakukan dengan cara mencium, menyentuh bagian sensitif wanita, berbicara mesra dan menggoda, dan lain sebagainya. 

Selain menjadi lebih nyaman, seks pun terasa lebih menggairahkan dan dapat terhindari dari risiko luka atau keluar bercak setelah berhubungan seksual. 

Menerima Bentuk Perubahan Tubuh 

Terkadang hubungan seksual terasa tidak menggairahkan karena kamu kurang percaya diri dengan perubahan bentuk tubuh setelah melahirkan. Cobalah untuk latihan rutin dan mulai menerima perubahan bentuk tubuh dan komunikasikan hal tersebut pada pasangan agar hubungan seksual menjadi lebih nikmat. 

Istirahat dengan Teratur

Melakukan hubungan seksual setelah melahirkan terkadang membuat ibu merasa mudah lelah. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa beristirahat dengan teratur agar kualitas tidur lebih baik sehingga kamu tidak mudah merasa lelah saat melakukan hubungan seksual. 

Dari artikel di atas, semoga kamu tidak ragu dan bisa menjadi pertimbangan untuk tidak takut melakukan hubungan seksual setelah melahirkan. Setelah melahirkan, kamu wajib menjaga area vagina agar tetap bersih dan tidak lembap. Salah satu caranya dengan menggunakan Laurier Celana Menstruasi. 

Karena bentuknya seperti celana, pembalut ini memiliki proteksi 360 derajat hingga ke pinggul membuat kamu anti bocor. Laurier Celana Menstruasi juga tipis dan selembut celana dalam katun dengan karet pinggang yang nyaman dan fit dengan bentuk badan. dan Pembalut ini memiliki daya serap 5x dari pembalut malam yang cocok digunakan oleh ibu saat masa nifas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Related Articles

Motherhood
16 Aug 2021

Amankah Vaksinasi Covid untuk Ibu Hamil?

Untuk memutus tali rantai penularan virus korona yang sedang terjadi, Pemerintah mengharuskan masyar...
Motherhood
28 Jun 2019

Obrolin Tentang Puber dan Menstruasi Sama Anak yuk, Moms!

Kalau moms punya anak cewek yang mulai beranjak dewasa, pasti biasanya dia bakal nanya-nanya soal me...
Motherhood
15 Apr 2020

Tips Tampil Flawless Saat Hamil

Semua perempuan pasti selalu ingin tampil cantik di manapun dan kapanpun kondisinya. Tak terkecuali ...