ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Tips Mudah untuk Mempercepat Masa Nifas

3 Tips Mudah untuk Mempercepat Masa Nifas

28 Sep 2021

3 Tips Mudah untuk Mempercepat Masa Nifas

Proses keluarnya darah selama masa nifas adalah hal yang normal. Hal ini karena nifas merupakan mekanisme alami tubuh membersihkan rahim dari sisa darah dan plasenta yang terbentuk selama masa kehamilan. Tapi, apakah ada acara untuk mempercepat masa nifas? Lalu, pembalut apa yang cocok digunakan selama masa nifas? Simak infonya berikut ini. 

Apa itu nifas

Nifas adalah darah yang keluar dari rahim seorang perempuan usai melahirkan. Darah nifas ini juga biasanya sudah keluar bersamaan dengan proses persalinan, maupun sebelumnya yang disertai dengan rasa sakit. Perdarahan biasanya akan berlangsung selama empat hingga enam minggu setelah persalinan.

Lama waktu nifas ini memang kadang bervariasi di setiap orang. Ada yang hanya beberapa hari, tapi ada juga yang hingga beberapa bulan. Untuk mempersingkat waktu nifas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. 

masa nifas

1. Pola istirahat

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh para ibu yang sedang mengalami nifas adalah mengatur pola istirahat. Ibu yang baru saja melahirkan biasanya akan tersita waktu dan tenaga untuk mengurusi bayinya, sehingga ibu akan lebih sering terjaga dan hanya mempunyai waktu sedikit sekali untuk tidur.

Maklum, bayi yang baru saja lahir biasanya mempunyai sifat sensitif dengan apa ya ada di sekitarnya. Hal ini tentu saja akan membuat ibu menjadi terjaga. Ibu harus senantiasa terjaga demi menenangkan bayi yang baru lahir tersebut dan senantiasa memberi ASI.

Belum lagi jika diperparah dengan kelelahan yang ibu rasakan akibat proses melahirkan yang menguras banyak tenaga. Ibu tentu akan semakin sulit untuk bisa beristirahat dengan tenang. Padahal pada masa-masa inilah ibu dianjurkan untuk banyak beristirahat agar cepat pulih dan nifasnya juga bisa cepat selesai. 

Waktu istirahat yang dianjurkan bagi seorang ibu yang sedang mengalami nifas adalah seperti halnya waktu istirahat pada umumnya, yakni minimal tidur selama 7 hingga 8 jam per harinya. Selain itu, ibu yang baru saja melahirkan juga gak boleh melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. 

2. Hindari stres

Ibu yang mengalami masa nifas sebaiknya menjauhkan pikirannya dari hal-hal yang bisa membuatnya tertekan sehingga menjadi stres. Hal ini karena stres akan membuat pikiran ibu menjadi kacau dan darah nifas yang keluar pun menjadi gak lancar karena adanya perubahan hormon-hormon yang dipengaruhi oleh kondisi emosional ibu. Maka dari itu ibu yang sedang nifas diusahakan untuk dapat terhindar dari stres agar nifasnya lancar dan cepat bersih. 

Baca Juga: Tips Basmi Bekas Jerawat Setelah Melahirkan

3. Makan-makanan yang bergizi

Makanan bergizi memang dibutuhkan oleh siapa saja, termasuk ibu yang baru saja melahirkan. Perbedaannya, ibu yang baru melahirkan lebih membutuhkan banyak makanan yang bergizi. Hal ini karena ibu yang baru saja melahirkan berada dalam kondisi badan yang kurang fit. Selain itu, dia juga harus bisa menjaga kesehatannya demi bayi yang baru dilahirkan.

Ibu yang dalam kondisi nifas ini memerlukan makanan yang cukup protein, kalori, vitamin, dan zat-zat gizi lainnya. Oleh karena itu, kebutuhan empat sehat lima sempurna ibu harus terpenuhi. Selain agar badan tetap sehat, hal ini juga agar darah nifas yang dikeluarkan ibu menjadi lancar sehingga masa nifas cepat tuntas. 

Rekomendasi makanan selama masa nifas 

makanan mempercepat masa nifas

Bicara makanan, ada beberapa yang disarankan untuk ibu konsumsi selama masa nifas. Pertama adalah air putih. Selama masa nifas, ibu harus mencukupi asupan cairan agar terhindar dari dehidrasi. Pasalnya, dehidrasi akan menurunkan tingkat energi tubuh dan bisa memperburuk kondisi selama  masa pemulihan dan masa menyusui. Cukupi kebutuhan cairan ibu dengan minum air putih sekitar 2 liter per hari.

Related Articles

Motherhood
16 Dec 2020

Apakah Aku Sudah Memasuki Masa Subur?

Kapan masa subur tiba bisa diketahui kalau Moms tahu cara menghitung siklus haid atau siklus menstru...
Motherhood
28 Jun 2019

Obrolin Tentang Puber dan Menstruasi Sama Anak yuk, Moms!

Kalau moms punya anak cewek yang mulai beranjak dewasa, pasti biasanya dia bakal nanya-nanya soal me...
Motherhood
28 Oct 2022

Alami Silent Miscarriage saat Hamil? Hati-hati, ya!

Perasaan bahagia pasti akan kamu rasakan setelah mendapati test pack menunjukkan garis dua. Kamu pun...