3 Tips Mudah untuk Mempercepat Masa Nifas
Laurier V Care Expert

3 Tips Mudah untuk Mempercepat Masa Nifas

3 Tips Mudah untuk Mempercepat Masa Nifas

28 Sep 2021

3 Tips Mudah untuk Mempercepat Masa Nifas

Proses keluarnya darah selama masa nifas adalah hal yang normal. Hal ini karena nifas merupakan mekanisme alami tubuh membersihkan rahim dari sisa darah dan plasenta yang terbentuk selama masa kehamilan. Tapi, apakah ada acara untuk mempercepat masa nifas? Lalu, pembalut apa yang cocok digunakan selama masa nifas? Simak infonya berikut ini. 

Apa itu nifas

Nifas adalah darah yang keluar dari rahim seorang perempuan usai melahirkan. Darah nifas ini juga biasanya sudah keluar bersamaan dengan proses persalinan, maupun sebelumnya yang disertai dengan rasa sakit. Perdarahan biasanya akan berlangsung selama empat hingga enam minggu setelah persalinan.

Lama waktu nifas ini memang kadang bervariasi di setiap orang. Ada yang hanya beberapa hari, tapi ada juga yang hingga beberapa bulan. Untuk mempersingkat waktu nifas, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. 

 

masa nifas

 

1. Pola istirahat

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh para ibu yang sedang mengalami nifas adalah mengatur pola istirahat. Ibu yang baru saja melahirkan biasanya akan tersita waktu dan tenaga untuk mengurusi bayinya, sehingga ibu akan lebih sering terjaga dan hanya mempunyai waktu sedikit sekali untuk tidur.

Maklum, bayi yang baru saja lahir biasanya mempunyai sifat sensitif dengan apa ya ada di sekitarnya. Hal ini tentu saja akan membuat ibu menjadi terjaga. Ibu harus senantiasa terjaga demi menenangkan bayi yang baru lahir tersebut dan senantiasa memberi ASI.

Belum lagi jika diperparah dengan kelelahan yang ibu rasakan akibat proses melahirkan yang menguras banyak tenaga. Ibu tentu akan semakin sulit untuk bisa beristirahat dengan tenang. Padahal pada masa-masa inilah ibu dianjurkan untuk banyak beristirahat agar cepat pulih dan nifasnya juga bisa cepat selesai. 

Waktu istirahat yang dianjurkan bagi seorang ibu yang sedang mengalami nifas adalah seperti halnya waktu istirahat pada umumnya, yakni minimal tidur selama 7 hingga 8 jam per harinya. Selain itu, ibu yang baru saja melahirkan juga gak boleh melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. 

2. Hindari stres

Ibu yang mengalami masa nifas sebaiknya menjauhkan pikirannya dari hal-hal yang bisa membuatnya tertekan sehingga menjadi stres. Hal ini karena stres akan membuat pikiran ibu menjadi kacau dan darah nifas yang keluar pun menjadi gak lancar karena adanya perubahan hormon-hormon yang dipengaruhi oleh kondisi emosional ibu. Maka dari itu ibu yang sedang nifas diusahakan untuk dapat terhindar dari stres agar nifasnya lancar dan cepat bersih. 

3. Makan-makanan yang bergizi

Makanan bergizi memang dibutuhkan oleh siapa saja, termasuk ibu yang baru saja melahirkan. Perbedaannya, ibu yang baru melahirkan lebih membutuhkan banyak makanan yang bergizi. Hal ini karena ibu yang baru saja melahirkan berada dalam kondisi badan yang kurang fit. Selain itu, dia juga harus bisa menjaga kesehatannya demi bayi yang baru dilahirkan.

Ibu yang dalam kondisi nifas ini memerlukan makanan yang cukup protein, kalori, vitamin, dan zat-zat gizi lainnya. Oleh karena itu, kebutuhan empat sehat lima sempurna ibu harus terpenuhi. Selain agar badan tetap sehat, hal ini juga agar darah nifas yang dikeluarkan ibu menjadi lancar sehingga masa nifas cepat tuntas. 

Rekomendasi makanan selama masa nifas 

makanan mempercepat masa nifas

Bicara makanan, ada beberapa yang disarankan untuk ibu konsumsi selama masa nifas. Pertama adalah air putih. Selama masa nifas, ibu harus mencukupi asupan cairan agar terhindar dari dehidrasi. Pasalnya, dehidrasi akan menurunkan tingkat energi tubuh dan bisa memperburuk kondisi selama  masa pemulihan dan masa menyusui. Cukupi kebutuhan cairan ibu dengan minum air putih sekitar 2 liter per hari.

Namun yang terpenting adalah minumlah setiap kali merasa haus, sehingga kebutuhan air akan terpenuhi. Selain air putih, ibu juga bisa memvariasikan kebutuhan cairan dengan minum jus. Tapi ingat, pilihlah jus alami tanpa tambahan pemanis apapun.

Kedua adalah asam lemak omega-3. Hal ini terkandung dalam ikan berminyak (contohnya salmon, sarden, halibut) dan telah terbukti membantu ibu mengatasi depresi pasca melahirkan dan meningkatkan kerja otak.

Tidak hanya itu, kandungan asam lemak omega-3 juga mampu meningkatkan perkembangan sensorik, kognitif, dan motorik bayi. Asam lemak omega-3 ini banyak terdapat pada makanan-makanan seperti ikan salmon, ikan tuna, biji ami, dan biji kenari.

Ketiga adalah susu rendah lemak. Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh pasca melahirkan, ibu butuh nutrisi yang terkandung dalam susu dan produk turunannya. Selain mengandung protein, vitamin B dan vitamin D, susu dan produk turunannya merupakan sumber kalsium terbaik. Jika menyusui, ibu akan sangat membutuhkan lebih banyak kalsium. Karena selain untuk memenuhi kebutuhan kalsium ibu sendiri, juga untuk menyuplai kalsium bagi pertumbuhan tulang si kecil.

Keempat adalah sayuran hijau. Beragam sayuran, terutama yang berwarna hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, buncis, dan sayuran hijau lainnya, banyak mengandung vitamin A, vitamin C, antioksidan, dan zat besi. Selain itu sayuran hijau juga merupakan salah satu sumber kalsium yang bukan dari susu.

Selain baik untuk ibu, nutrisi yang terkandung dalam sayuran hijau juga sangat dibutuhkan oleh bayi serta untuk mencegah bayi terhindar dari Anemia Defisiensi Besi (ADB).

Kelima adalah karbohidrat tinggi serat. Selama masa nifas, ibu membutuhkan energi yang cukup untuk menjalani perannya sebagai ibu baru dan mengurus bayi yang baru lahir. Karbohidrat adalah sumber energi terbaik bagi tubuh, tapi gak semua jenis karbo boleh dimakan sembarangan. 

Pilihlah jenis karbohidrat yang sehat, yaitu karbohidrat kompleks dengan kandungan serat tinggi. Karbohidrat kompleks dapat meningkatkan energi tubuh tanpa harus menaikkan kadar gula darah.

Ibu bisa mendapatkan asupan karbohidrat tinggi serat dari beras merah, beras coklat, dan gandum. Beras merah dan beras coklat banyak mengandung asam folat yang dibutuhkan bagi perkembangan otak bayi. Selain kandungannya yang sangat bermanfaat, karbohidrat tinggi serat juga sangat baik dalam mendukung program diet ibu pasca melahirkan.

Keenam adalah asupan protein. Makanan yang kaya protein juga sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak bayi dan memberikan efek tenang bagi ibu. Sumber protein ini bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan. Terutama kacang-kacangan berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah, telur, daging merah, ikan, kedelai, dan telur.

Ketujuh adalah buah kaya vitamin C. Vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh ibu selama masa nifas. Kelelahan akibat mengurus si kecil yang baru lahir akan membuat daya tahan tubuh ibu  sedikit menurun. Nah, itu sebabnya ibu butuh asupan makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sebagai rekomendasi, ibu bisa mengonsumsi buah yang kaya vitamin C. Buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi sangat mudah ditemui, antara lain jeruk, nanas, anggur, dan jambu biji.

 

Laurier Celana Menstruasi

Setelah melakukan hal-hal di atas, ibu juga perlu tetap nyaman menghadapi hari-hari ekstra deras. Sebagai rekomendasi, ibu bisa menggunakan Laurier Celana Menstruasi. Produk ini memiliki daya serap 5 kali dari pembalut malam yang bikin kamu lebih nyaman saat tidur ataupun beraktivitas.

Ibu juga bisa bebas cemas karena proteksi bocor 360 derajat hingga ke pinggul. Bahan yang tipis dan selembut celana dalam katun ini akan membuat ibu aman dari iritasi dan bebas lembap. Ditambah ukuran fit yang mengikuti bentuk badan dengan karet pinggang yang nyaman selama menghadapi masa nifas. 

 

Related Articles
Motherhood
10 Dec 2019

Anak Bertanya Soal Seks? Begini Reaksi yang Baik, Moms

Moms, terkadang anak kita cepat mendapatkan informasi yang melampaui usianya sekarang, salah satunya...
Motherhood
21 Jul 2021

Darah Menstruasi Jadi Banyak Saat Menghadapi Anak TantrumĀ 

Hai, Bunda! Kamu pernah mengalami anak menangis, merengek sesuatu, berteriak histeris, hingga guling...
Motherhood
25 Jan 2020

Jadi Ibu atau Teman? Bisa Dua-duanya kok!

Kalau anak perempuan udah beranjak dewasa, pasti banyak kebiasaan dan perilaku dari dirinya yang mul...
All Things Period
Period Facts

Cari tahu berbagai informasi seputar menstruasi di sini.

Adulthood

Break the taboo! Kenali lebih dalam mengenai kesehatan reproduksi dan juga tubuhmu.

First Timer

Sex education untuk kamu yang beranjak dewasa.

Motherhood

Seputar kehamilan, masa subur, dan tips edukasi menstruasi untuk para Ibu.

Body & Mind
Healthy Body

Kesehatan merupakan hal utama agar bisa menikmati hidupmu secara maksimal.

Healthy Mind

Feeling underwhelmed during your period? Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya.