Moms, Apa Aja Sih Tahapan Puber?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Moms, Apa Aja Sih Tahapan Puber?

Moms, Apa Aja Sih Tahapan Puber?

10 May 2019

Moms, Apa Aja Sih Tahapan Puber?

Hi, Moms! Jika kamu punya anak yang sedang puber, pasti ada beberapa hal yang berubah pada dirinya, baik secara fisik atau psikis. Semua cewek pasti pernah dan akan mengalami puber. Tapi kamu tau nggak sih, tahapan puber itu apa aja? Masa puber selalu identik sama usia remaja, belasan tahun, saat seorang cewek mulai mengalami menstruasi. Emang nggak salah sih, karena pada usia ini pertumbuhan fisik lagi intens terjadi. Tapi, sebenernya puber itu terjadi beberapa saat sebelum masuk usia belasan tahun, lho. Setiap cewek mengalaminya di usia yang beda-beda. Makanya, memerhatikan perubahan fisik diri sendiri itu adalah salah satu cara yang tepat.

 

Gejala awal

Tanda-tanda awal seorang cewek mengalami puber adalah saat payudaranya mulai membentuk seperti bukit. Hal ini biasanya keliatan jelas pada usia 10 tahunan. Bersamaan dengan pertumbuhan itu, payudara biasanya terasa nyeri saat tersentuh. Nggak cuma itu, di bagian ketiak dan area kulit di sekitar vagina juga bakalan mulai tumbuh rambut-rambut halus.

 

Saat puber

Dua atau tiga tahun setelah gejala awal mulai kelihatan, biasanya akan memasuki ke periode pertumbuhan yang sangat intens. Perubahan bentuk tubuh akan mulai keliatan jelas, di antaranya:

  • Payudara akan semakin terbentuk dan bertambah besar

  • Rambut yang tumbuh di bagian ketiak dan kulit sekitar vagina jadi menebal

  • Makin gampang keringetan

  • Jerawatan, akibat produksi kelenjar minyak di bawah kulit jadi meningkat

  • Berat badan naik, akibat lemak yang numpuk pada bagian-bagian tubuh, seperti: panggul dan paha yang bikin bentuk tubuh jadi berlekuk

  • Tinggi badan naik 2 – 3 cm per tahun, sampai akhir usia 18 tahun

  • Produksi cairan vagina meningkat

  • Mengalami menarche (menstruasi pertama)

 

4 tahun setelah puber dimulai

Nah, setelah ngelewatin akhir usia 18 tahun, akan mengalami hal-hal berikut:

  • Bentuk dan ukuran payudara sudah sampai tahap sempurna

  • Seluruh area kulit di sekitar vagina udah ketutup sama rambut pubis

  • Organ intim sudah mencapai ukuran dan bentuk yang sempurna

  • Pertambahan tinggi badan berhenti

 

Itulah seluruh tahapan perkembangan fisik yang dialami sama seorang cewek saat puber. Nah, selama periode ini lagi berlangsung, sebaiknya perhatikan kondisi tubuh anakmu supaya tetap sehat. Pastikan mereka mengonsumsi makanan yang bernutrisi, istirahat cukup dan rutin berolahraga. Faktor tersebut membuat proses pertumbuhan berlangsung dengan baik.

 

Yuk Moms, share artikel ini ke temen-temen kamu yang belum tau kayak gimana sih, tahapan puber itu, biar mereka bisa tau mulai sekarang!

Related Articles

Motherhood
17 Jan 2020

Kenapa Ngidam Terus Pas Hamil?

Saat hamil sangat normal ngidam atau menginginkan sesuatu di waktu tertentu, iya kan, Moms? Kadang s...
Motherhood
01 Feb 2020

Perhatikan Ciri-ciri Pubertas Dini Pada Buah Hati yuk, Moms!

Moms, udah tau kan, transisi dari masa anak-anak ke remaja atau yang lebih dikenal dengan pubertas? ...
Motherhood
22 Sep 2021

4 Tips Penting Menyusui Bayi saat Ibu Terpapar Covid-19

Menyusui adalah kodrat alami yang dilakukan ibu untuk anaknya. Tapi, ketika si ibu terkena Covid-19,...