Info Penting Buat Kamu yang Akan Punya Anak Pertama
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Info Penting Buat Kamu yang Akan Punya Anak Pertama

Info Penting Buat Kamu yang Akan Punya Anak Pertama

19 Aug 2021

Info Penting Buat Kamu yang Akan Punya Anak Pertama

Bagi pasangan yang baru menikah, memiliki anak tentu akan menjadi pelengkap di kehidupan mereka. Memang gak semua pasangan ingin cepat-cepat punya anak. Tapi sebagai persiapan, ini beberapa yang harus kamu tahu ketika nanti akan punya anak pertama. 

Pentingnya kehadiran anak pertama 

anak pertama

Sebagai gambaran buat kamu yang belum punya anak, ada beberapa hal menarik terkait kehadiran anak pertama nih. Pertama, selalu ada alasan untuk pulang ke rumah. Kehadiran anak pertama di sebuah keluarga akan menjadi alasan kamu untuk segera pulang. Kalau dulu kamu lebih memiliki nongkrong bareng teman setelah kerja. Ketika sudah ada anak, kamu pasti ingin cepat-cepat pulang. Kamu juga akan jadi lebih fokus dan disiplin mengatur jadwal demi keluarga. 

Kedua, suasana rumah jadi lebih menyenangkan. Kehadiran anak pertama memang membuat semuanya jadi beda. Semua jadi lebih berwarna dan menyenangkan. Bayangkan, setelah lelah seharian bekerja, kamu bisa pulang ke rumah dan melihat polah tingkah lucu anak. Hal ini membuat suasana hati kamu kembali riang. 

Ketiga, lebih menghargai waktu. Sesibuk apapun kamu, pasti akan selalu ada waktu untuk keluarga. Apalagi jika sudah ada kehadiran si kecil di rumah. Anak pertama akan menjadi penyemangat kamu dalam segala aktivitas sehari-hari. Kamu lebih bisa mengatur waktu, kapan saatnya bekerja dan bermain dengan anak. 

Keempat, kerja sama tim. Kehadiran anak bisa membuat kamu dan pasangan jadi lebih solid. Walaupun akan sering muncul pertengkaran, tapi kehadiran anak juga bisa membuat kamu jadi terbiasa saling bekerja sama. Misalnya, ada saatnya kamu berganti-gantian mengajak main, menyuapi, hingga memandikan anak. 

Kelima, jadi pribadi yang lebih baik. Kalau dulu kamu tergolong orang yang cuek dengan berbagai hal. Kehadiran anak akan mengubah cara berpikir kamu. Kamu sekarang akan lebih peduli terhadap diri sendiri, pasangan, hingga anak. Kehadiran anak bisa membuat kamu jadi pribadi lebih baik demi keluarga. 
 

Persiapan melahirkan anak pertama

anak pertama

Memiliki anak pertama memang serasa naik jet coaster. Rasa deg-degan pas momen detik-detik melahirkan akan berbuah rasa senang yang luar biasa di akhir. Bicara tentang melahirkan, ada beberapa panduan yang bisa kamu simak terkait anak pertama. Maklum, seringkali banyak para calon ibu yang bingung apa saja yang harus disiapkan menjelang kelahiran pertama. Berikut ini beberapa persiapan yang bisa dilakukan. 

1. Ikuti kelas senam hamil 

Persiapan persalinan yang pertama adalah mengikuti kelas senam hamil secara rutin. Kamu bisa memulai aktivitas ini sejak awal kehamilan untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Senam hamil ini bisa dilakukan buat kamu yang ingin melahirkan caesar maupun normal. Hal ini karena tujuannya yang bisa membantu mempersiapkan diri dalam menghadapi persalinan dan mengurangi keluhan-keluhan yang muncul ketika kehamilan semakin membesar.

2. Belajar cara merawat bayi

Sebagai calon ibu, kamu wajib mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan perawatan-perawatan bayi. Kamu bisa mendapat pengetahuan tersebut melalui konsultasi dengan dokter kandungan/bidan pilihan. Atau juga mencari infonya melalui Youtube dan Google atau bertanya pada teman yang sudah berpengalaman. 

Selain itu, jika tertarik, kamu bisa mengikuti kelas khusus pelatihan merawat bayi. Sebisa mungkin kamu mulai mengenal segala hal mengenai perawatan bayi sebelum si kecil lahir, seperti cara menggendong, menyusui, menidurkan, memandikan, dan mengganti popok.

3. Menentukan lokasi persalinan

Persiapan melahirkan anak pertama yang berikutnya adalah memilih tempat untuk bersalin. Dalam memilih tempat bersalin, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan. Pertama, kalau kamu memilih melakukan persalinan di rumah sakit yang sama dengan tempat kontrol bulanan, kelebihan yang didapat adalah rumah sakit telah memiliki rekam medis kamu lengkap mulai awal kehamilan sehingga dokter pun sudah mengerti tentang riwayat kesehatan ibu dan janin.

Kedua, cari tahu berapa biaya yang akan dihabiskan untuk proses melahirkan di tempat tersebut. Gak semua rumah sakit mematok biaya mahal, ada beberapa rumah sakit menerima BPJS Kesehatan yang dapat meringankan pengeluaran.

Ketiga, cek terlebih dahulu fasilitas yang ditawarkan pihak rumah sakit. Seperti jenis bed, jenis ruangan, sofa penunggu pasien, makanan, kamar mandi, mesin ATM, dan jenis transaksi (debit atau cash).

Keempat, siapkan dokter pengganti yang sewaktu-waktu dapat menggantikan dokter pilihan kamu jika ia sedang bertugas saat hari H. Kalau berencana melahirkan normal, sebaiknya kamu memastikan jika dokter pengganti tersebut juga pro normal dan IMD (Inisiasi Menyusui Dini).

4. Memilih metode persalinan

Persiapan persalinan anak pertama lainnya adalah memilih apakah kamu ingin melahirkan secara normal atau caesar. Gak ada yang lebih baik maupun buruk di antara kedua metode tersebut. Keputusannya tergantung dari bagaimana kondisi ibu dan si janin di dalam rahim. Nah, sebaiknya kamu mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter kandungan ya. 

5. Mempelajari tahapan-tahapan persalinan

Persiapan melahirkan anak pertama yang gak boleh terlewatkan lainnya yaitu mengenal tahapan-tahapan persalinan. Karena kamu belum pernah berada dalam situasi ini, ada baiknya kalau kamu melakukan riset terlebih dahulu mengenai detail-detail melahirkan. Tanya ke teman yang sudah pernah melahirkan dan minta tips-tipsnya dari mereka. 

6. Persiapan dokumen-dokumen administrasi

Persiapan persalinan lainnya yaitu menyiapkan dokumen-dokumen administrasi. Hal ini sering terlupa karena terlalu fokus pada bayi. Siapkan semua dokumen ke dalam satu folder khusus agar mudah dicari dan gak mudah tercecer. Sebagai tambahan, kamu juga bisa membawa akta nikah. Hal ini untuk mengantisipasi sewaktu-waktu kalau rumah sakit pilihan kamu ternyata memiliki layanan pembuatan akte kelahiran.

7. Tas bersalin beserta perlengkapan bayi

Persiapan melahirkan yang satu ini juga jangan sampai tertinggal ya. Tas bersalin berisi peralatan lengkap mulai baju dan pakaian dalam ibu, pakaian bayi, peralatan mandi bayi, dan pembalut ekstra. Dokumen-dokumen penting pun bisa ditaruh di dalam tas bersalin.

8. Persiapkan mental

Persiapan melahirkan yang terakhir adalah persiapan mental. Apakah dalam bayangan kamu proses persalinan terlihat begitu seram? Jangan panik dan takut, ya. Persiapkan mental kamu dengan mencari pengetahuan lebih tentang bayi dan persalinan. Informasi yang didapat biasanya membuat kamu merasa lebih rileks karena bisa memperkirakan apa-apa saja yang akan terjadi di hari H.

Rekomendasi nama anak pertama

anak pertama

Saat anak pertama lahir, saatnya kamu mulai mencari nama-nama yang cocok. Khusus anak pertama, ada beberapa opsi nama yang bisa kamu cek nih. Untuk anak pertama dengan jenis kelamin laki-laki, beberapa opsi nama yang bisa dipilih yaitu 

1. Aadi (Sansekerta): pertama

2. Abercio (Yunani): putra pertama

6. Adam (Indonesia): lelaki pertama

7. Adhitya (Indonesia): matahari, yang pertama

8. Adika (Afrika): anak pertama dari suami ke dua

9. Adipramana (Jawa): penguasa pertama

10. Alfa (Yunani): huruf pertama alphabet 

Sementara itu, untuk nama anak pertama perempuan opsi yang bisa kamu pilih yaitu: 

1. Aarusha (India): Sinar pertama matahari

2. Adalia (Ibrani): Putri bangsawan pertama

3. Akia (Afrika): Anak kelahiran pertama.

4. Alfanisa (Yunani): Wanita yang pertama.

5. Alima (Arab): Bijaksana, musik, yang pertama.

6. Alpha (Yunani): Huruf alfabet pertama.

7. Alulaa (Arab): Yang pertama dilahirkan.

8. Ava (Yunani): Perempuan pertama.

9. Avneina (Yunani): Yang pertama.

10. Ayita (Indian): Pertama untuk menari.

Itu dia sedikit info seputar persiapan anak pertama. Semoga informasi bisa membantu kamu yang sedang menanti-nanti kehadiran si kecil ya. 


 

Related Articles

Motherhood
28 Oct 2022

Alami Silent Miscarriage saat Hamil? Hati-hati, ya!

Perasaan bahagia pasti akan kamu rasakan setelah mendapati test pack menunjukkan garis dua. Kamu pun...
Motherhood
15 Apr 2020

Kenali Gejala Infeksi Virus Corona pada Ibu Hamil

Dalam situasi seperti sekarang ini, semua orang memang harus lebih waspada terhadap kesehatan dan ke...
Motherhood
28 Jun 2019

Obrolin Tentang Puber dan Menstruasi Sama Anak yuk, Moms!

Kalau moms punya anak cewek yang mulai beranjak dewasa, pasti biasanya dia bakal nanya-nanya soal me...