ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Amankah Minum Soda saat Hamil? Yuk, Cek Faktanya!

Amankah Minum Soda saat Hamil? Yuk, Cek Faktanya!

26 Jan 2024

Amankah Minum Soda saat Hamil? Yuk, Cek Faktanya!

Ketika hamil, kamu pastinya sering mendengar cerita orang-orang di sekitar terkait dengan cara menjaga kesehatan selama masa kehamilan sampai pantangan makanan. Hmm, sejauh ini, pantangan makanan apa saja yang sudah kamu dengar?

Mungkin, salah satunya pantangan mengenai tidak boleh mengonsumsi minuman bersoda karena dapat mengganggu kehamilan. Lantas, apakah benar saat hamil tidak boleh konsumsi minuman yang bersoda? Cari tahu faktanya di sini, yuk!

Minuman Bersoda untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi minuman bersoda selama masa kehamilan sebenarnya diperbolehkan. Asalkan masih dalam batas yang wajar dan tidak terlalu sering, ya. Hal ini karena menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, seorang wanita hamil tidak boleh mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein per hari.

Untuk satu porsi minuman bersoda, biasanya mengandung 32 - 42 mg kafein. Di samping itu, di dalam minuman bersoda juga terkandung gula yang cukup tinggi. Apabila dikonsumsi terlalu banyak, maka disinyalir dapat menyebabkan terjadi peningkatan berat badan yang berlebihan selama hamil.

Baca Juga: Apakah Benar Ibu Hamil Tidak Boleh Mengonsumsi Sushi?

Dampak Minuman Bersoda

Adapun beberapa dampak yang ditimbulkan kalau terlalu sering dan berlebihan mengonsumsi minuman bersoda adalah sebagai berikut:

Berat badan naik

Mengonsumsi minuman bersoda terlalu banyak selama hamil bisa menyebabkan kenaikan berat yang berlebihan dibanding seharusnya. Hal ini karena di dalam minuman bersoda terdapat kandungan gula yang tinggi. Naiknya berat badan ini terkadang bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman seperti mudah lelah, terutama ketika berjalan. Bahkan, kenaikan berat badan ini juga berpotensi melahirkan secara prematur, kematian janin, dan preeklamsia.

Penyerapan kalsium terhambat

Selama kehamilan, kalsium sangat diperlukan untuk tumbuh kembang janin. Namun, mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan dapat menghambat penyerapan kalsium karena kandungan kafein yang tinggi. Efeknya, dapat menyebabkan kram pada otot dan kaki, mati rasa dan kesemutan pada jari ibu hamil dan juga berefek pada janin yang dikandung karena tidak mendapatkan cukup kalsium. Bahkan, dalam jangka panjang, kondisinya bisa memicu preeklamsia, hipertensi gestasional, persalinan prematur, dan osteoporosis.

Bayi lahir dengan berat rendah

Meningkatkan potensi bayi lahir dengan berat rendah karena beberapa minuman bersoda biasanya mengandung kafein yang cukup tinggi. Kondisi ini disinyalir terjadi karena kafein bisa menembus plasenta akibat adanya peningkatan konsentrasi katekolamin. Di mana, kondisinya dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah ke plasenta dan pengangkutan nutrisi ibu ke janin.

Anak alami obesitas

Penelitian menyebutkan terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda selama hamil juga berpotensi menyebabkan anak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan di kemudian hari. Kondisinya terjadi karena di dalam minuman bersoda terkandung pemanis buatan, seperti aspartam. Selain menyebabkan obesitas, mengonsumsi pemanis buatan ini secara berlebihan juga dapat meningkatkan potensi anak mengalami sindrom metabolik.

Related Articles

Motherhood
26 Dec 2022

Mual dan Muntah yang Parah saat Hamil. Apakah Berbahaya?

Morning sickness atau mual dan muntah adalah fase yang akan dilalui oleh 8 dari 10 ibu hamil pada tr...
Motherhood
15 Oct 2021

Sering Dikira Datang Bulan, Ini Beda Pendarahan Implantasi dan Menstruasi 

Untuk wanita dewasa yang sudah berhubungan badan, tentunya berpotensi untuk hamil dan berhenti menga...
Motherhood
19 Aug 2021

Info Penting Buat Kamu yang Akan Punya Anak Pertama

Bagi pasangan yang baru menikah, memiliki anak tentu akan menjadi pelengkap di kehidupan mereka. Mem...