ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Tips Basmi Bekas Jerawat Setelah Melahirkan

Tips Basmi Bekas Jerawat Setelah Melahirkan

17 Jul 2020

Tips Basmi Bekas Jerawat Setelah Melahirkan

Pasca melahirkan, pasti kamu happy banget kan? Setelah menunggu selama 9 bulan, akhirnya kamu bisa bertemu sama si buah hati. Duh, pasti gemes banget deh! Eits, tapi jangan lupa sama masalah yang akan kamu hadapi setelah melahirkan nih. Apa tuh? Bekas-bekas jerawat yang masih betah tinggal di wajah cantikmu, Moms.

Jerawat setelah melahirkan sebenanrya bisa hilang dengan sendirinya kalau kadar hormon dalam tubuhmu udah normal lagi. Tapi, kalau kamu nggak mau menunggu terlalu lama, kamu bisa menghilangkan bekas jerawat tersebut dengan banyak cara lho! Apa aja ya?

  1. Oleskan madu pada jerawat

Kamu bisa menggunakan madu sebagai masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat. Cukup basuh wajahmu dengan air hangat, lalu oleskan madu ke bagian wajah yang ada bekas jerawat, dan diamkan sampai mongering atau selama 20 – 30 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air bersih atau air hangat.

  1. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa punya kandungan yang berperan sebagai antibakteri dan antijamur. Inilah yang bisa berguna untuk menghilangkan bekas jerawatmu setelah melahirkan. Sama seperti madu, cara menggunakan minyak kelapa juga gampang banget kok. Kamu cukup mengoleskan minyak kelapa ke bagian wajah yang ada bekas jerawat tiap sebelum tidur. Selain menghilangkan bekas jerawat, minyak kelapa juga bisa untuk melembapkan kulitmu lho, Moms!

  1. Pakai sunblock atau sunscreen

Kalau kamu mau beraktivitas di luar rumah, sebaiknya jangan lupa memakai sunblock atau sunscreen untuk membantu menghilangkan bekas jerawatmu. Tapi, kamu harus berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai sunblock atau sunscreen yang nggak berbahaya untuk ibu yang baru melahirkan. Supaya pemakaian produk ini nantinya nggak memberikan efek samping bagi kesehatanmu.

  1. Pakai produk khusus

Selain memakai sunscreen atau sunblock, kamu juga bisa memakai produk khusus untuk merawat bekas jerawat, seperti facial wash, gel, dan lotion yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, atau glycolic acid. Tapi ingat ya, kamu juga harus berkonsultasi dulu ke dokter sebelum membeli dan memakai produk ini!

  1. Jaga pola makan

Kamu juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin dalam tubuhmu untuk menjaga kesehatan kulit, salah satunya vitamin E. Makanan yang kaya akan kandungan vitamin E adalah kacang almond. Selain itu, memperbanyak minum air putih juga membantu untuk menghidrasi kondisi kulitmu. Kulit yang terhidrasi akan terlihat lebih cerah dan sehat. So, rajin konsumsi kacang almond dan minum air putih yuk, Moms! Biar bekas jerawat di wajahmu bisa cepat hilang.

Simple banget kan, usir bekas jerawat setelah melahirkan? Jangan lupa share tips ini ke teman-temanmu, supaya mereka juga bisa menghilangkan bekas jerawat yang ada di wajahnya!

Related Articles

Motherhood
16 Dec 2020

Apakah Aku Sudah Memasuki Masa Subur?

Kapan masa subur tiba bisa diketahui kalau Moms tahu cara menghitung siklus haid atau siklus menstru...
Motherhood
12 May 2023

Apa Itu Secondary Infertility dan Penyebabnya?

Infertility adalah gangguan kesuburan yang terjadi pada pria maupun wanita dan menyebabkan tidak ter...
Motherhood
01 Feb 2020

Morning Sickness Mengganggu Aktivitas? Kamu Harus Lakukan Ini!

Saat memasuki trisemester awal kehamilan, kamu mengalami mual dan muntah, iya kan, Moms? Kondisi ini...