Ternyata Eating Disorder Memengaruhi Siklus Menstruasi, Loh!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Ternyata Eating Disorder Memengaruhi Siklus Menstruasi, Loh!

Ternyata Eating Disorder Memengaruhi Siklus Menstruasi, Loh!

18 Jul 2022

Ternyata Eating Disorder Memengaruhi Siklus Menstruasi, Loh!

Setiap orang pasti ingin memiliki bentuk dan berat tubuh yang ideal, terutama perempuan yang sangat memerhatikan penampilan. Ada yang berusaha memperolehnya dengan cara sehat, seperti menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Namun ada juga yang menggunakan cara kurang sehat seperti diet ketat hingga akhirnya justru mengalami eating disorder akibat obsesi tersebut. Salah satu eating disorder yang umum terjadi yaitu bulimia nervosa atau bulimia.

Mengenal Apa Itu Bulimia

Bulimia adalah kondisi di mana seseorang akan memuntahkan kembali semua makanannya dengan tujuan menjaga berat badannya. Namun, penderita bulimia ini akan makan dalam porsi yang normal atau bahkan agak lebih banyak. Inilah yang membuat kamu mungkin tidak akan menyadari jika ada penderita bulimia di sekitarmu. Sebab, mereka akan makan secara normal tetapi setelahnya mereka akan memuntahkannya kembali dengan berbagai cara. Perilaku ini dipicu karena rasa bersalah dan menyesal yang muncul setelah selesai makan.

Penyebab Terjadinya Bulimia

Bulimia bisa dikatakan sebagai masalah psikologis karena penderitanya sulit untuk mengontrol perasaan bersalah yang muncul setelah makan. Ada beberapa hal yang bisa memicu seseorang mengalami bulimia, di antaranya:

Keturunan

Jika ada orang tua atau anggota keluarga kandung lain yang mengalami masalah ini, maka bisa akan menurun pada keturunan selanjutnya.

Psikologis

Meskipun bulimia sendiri tergolong masalah psikologis, tetapi bisa juga dipicu oleh masalah psikologis lain seperti PTSD (Post-Traumatic Stress Disorder).

Lingkungan

Kondisi lingkungan yang sering membahas masalah berat badan dan bentuk tubuh, serta tuntutan pekerjaan seperti model, akan memicu seseorang mengalami bulimia.

Kaitan Bulimia dengan Siklus Menstruasi

Seseorang yang mengalami bulimia bisa mengalami banyak dampak buruk, seperti emosi tidak stabil, masalah pencernaan, dan dehidrasi. Tidak hanya itu, bulimia juga bisa memengaruhi siklus menstruasi pada perempuan. Diperkirakan ada sekitar 64% penderita bulimia yang mengalami masalah pada siklus menstruasinya.

Selain itu, 40% penderita bulimia berpotensi mengalami amenore atau tidak menstruasi di waktu yang seharusnya dan berlangsung cukup lama, bisa 3 bulan atau lebih.

Penyebabnya karena sistem reproduksi mengalami masalah akibat terganggunya hormon reproduksi. Sebab, makanan yang masuk mengandung berbagai nutrisi penting dan memengaruhi siklus metabolisme tubuh serta fungsi kerja hormon. Pada penderita bulimia, makanan yang masuk akan segera dikeluarkan kembali sehingga tubuh tidak sempat menyerap dan memproses nutrisi dari makanan tersebut.

Seseorang yang mengalami masalah ini membutuhkan perawatan intensif dari dokter. Selain itu, dukungan orang sekitarnya juga sangat menentukan keberhasilan penyembuhan masalah ini. Jika masalah ini tidak segera diatasi, dikhawatirkan akan memengaruhi kesehatan organ produksi penderitanya di masa depan, terutama jika masalah ini terjadi di masa awal menstruasi atau saat remaja.

laurier natural clean

Untuk mengatasi masalah siklus menstruasi yang tidak teratur selama proses pengobatan, maka kamu bisa menggunakan pantyliner Laurier Natural Clean saat bepergian, yaitu pantyliner tipis dengan 3 antibac protection, kandungan daun sirih sebagai antibau, ekstrak daun sage yang dikenal sebagai anti jamur, dan antibac agent yang melawan pertumbuhan bakteri. Pantyliner ini akan menjaga area kewanitaanmu akan tetap kering, bersih, bebas dari bau dan bakteri, serta nyaman sepanjang hari.

Namun jangan lupa, bawa juga Laurier Natural Clean 22cm  sebagai cadangan. Jadi ketika tiba-tiba kamu menstruasi, kamu hanya perlu menggantinya dengan pembalut biasa dan siap untuk kembali beraktivitas.

Related Articles

Healthy Mind
15 Nov 2019

Hal Sepele yang Bikin Berantem

Pastinya nggak ada hubungan yang bebas dari masalah, iya kan? Pemicunya pun nggak selalu urusan besa...
Healthy Mind
17 Aug 2021

5 Cara Atasi Stres di Masa PPKM

Selama PPKM ini, apa kamu mulai merasa stres karena gak bisa ke mana-mana? Hati-hati ya jangan sampa...
Healthy Mind
13 Dec 2019

Bebas Stres Hadapi UAS

Udah kebayang bakalan seru liburan sama teman-teman, setelah UAS selesai? Stooop! Jangan buat pengal...