ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Waspada, Penyakit Ini Sering Serang Reproduksi Wanita!

Waspada, Penyakit Ini Sering Serang Reproduksi Wanita!

11 Jan 2023

Waspada, Penyakit Ini Sering Serang Reproduksi Wanita!

Girls, tahukah kamu, organ reproduksi wanita terbagi atas dua bagian, yakni bagian luar dan dalam. Organ reproduksi bagian dalam terdiri dari rahim, serviks atau leher rahim, tuba falopi, ovarium, dan vagina. Sementara, organ reproduksi bagian luar, yaitu klitoris, kelenjar bartholin, labia minora, dan labia majora.

Semua organ reproduksi di atas berfungsi untuk melindungi bagian dalam reproduksi, memproduksi sel telur, melindungi janin selama masa kehamilan, dan lain sebagainya. Itulah sebabnya sangat penting untuk menjaga kesehatan reproduksi kamu supaya terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Mulai dari; kesulitan untuk hamil, masalah kesuburan, hingga beberapa penyakit yang seringkali menyerang reproduksi wanita. Misalnya:

PCOS

PCOS atau Polycystic Ovarian Syndrome adalah gangguan reproduksi pada wanita yang menyebabkan sel telur tidak bisa dilepaskan karena kelebihan hormon maskulin, muncul kista berisi sel telur yang tidak matang di ovarium, dan saat pemeriksaaan USG ukuran indung telur lebih besar dari ukuran normal.

Penyebabnya sendiri masih belum diketahui, namun diduga disebabkan oleh gangguan fungsi insulin, hormon yang tidak seimbang, keturunan, faktor genetik, dan lainnya. Apabila mengalami kondisi ini, kamu akan merasakan beberapa gejala, seperti:

  • Menstruasi tidak teratur;
  • Rambut rontok;
  • Berat badan naik;
  • Wajah berjerawat parah;
  • Merasa cemas atau depresi.

Penyakit Menular Seksual

PMS atau Penyakit Menular Seksual adalah infeksi yang penularannya lewat kontak seksual. Baik oral (mulut), anal (dubur), maupun vaginal. Penularannya juga bisa lewat transfusi darah hingga berbagi jarum suntik dengan penderita Penyakit Menular Seksual.

Penyakit Menular Seksual biasanya disebabkan oleh parasit, jamur, virus, dan bakteri. Beberapa penyakit menular yang diakibatkan oleh bakteri, di antaranya:

  • Sifilis (penyakit raja singa yang menimbulkan luka di mulut maupun alat kelamin);
  • Gonore (kencing nanah yang disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae);
  • Lymphogranuloma Venereum (diakibatkan oleh Chlamydia Trachomatis);
  • Chlamydia (ditularkan dari kontak dengan luka di area reproduksi);
  • Granuloma Inguinale (infeksi bakteri Klebsiella Granulomatis).

Baca Juga: PCOS pada Remaja, Apakah Berbahaya?

Sementara, penyakit menular yang disebabkan karena virus adalah sebagai berikut:

  • HIV (disebababkan virus Human Immunodeficiency Virus yang penularannya melalui kontak fisik, hubungan seksual, , penggunaan jarum suntik secara bergantian, transfusi darah dari penderita HIV;
  • Human Papillomavirus (HPV) (ditularkan dari hubungan seksual atau kontak langsung dengan penderita yang mengidap virus HPV);
  • Herpes Genital (diakibatkan oleh infeksi virus herpes simplex (HSV) yang ditularkan lewat kontak langsung dengan orang yang terinfeksi).

Sedangkan, penyakit menular akibat parasit biasanya disebut Trikomoniasis disebabkan oleh parasit Trichomonas Vaginalis. Penyakit ini bisa menimbulkan keputihan pada area reproduksi wanita.

Related Articles

Healthy Body
10 Oct 2019

9 Tanda Tubuhmu Saat Berovulasi

Girls, kamu tau nggak tanda-tanda tubuhmu saat berovulasi? Nggak seperti menstruasi yang ditandai de...
Healthy Body
09 Oct 2020

Apakah Aku Mengalami Body Blues?

Gejala body blues sebenarnya agak mirip dengan PMS. Makanya, beberapa cewek nggak langsung menyadari...
Healthy Body
13 Feb 2024

Kenapa Banyak Kasus PCOS Bisa Tidak Terdeteksi?

Girls, pernah dengar istilah PCOS? Ini adalah salah satu gangguan reproduksi yang terjadi pada 12-21...