Hah? Pembalut Expired?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Hah? Pembalut Expired?

Hah? Pembalut Expired?

02 May 2019

Hah? Pembalut Expired?

Sebagai cewek yang cerdas, emang sebaiknya kamu harus kritis untuk memastikan hal apapun. Apalagi yang berhubungan sama kesehatan diri, termasuk kesehatan reproduksi. Nggak heran kalau cewek sekarang jadi aktif cari info tentang menstruasi dan lebih selektif untuk memilih produk pembalut.

Salah satu hal yang harus selalu kamu perhatikan pas memilih pembalut adalah batas waktu kadaluwarsa. Pada produk lain, misalnya makanan dan minuman, info kadaluwarsa ditulis dengan rangkaian angka tanggal/bulan/tahun, yang diawali tulisan EXP (expired), seperti: exp.17/7/2019. Ini berarti pas tanggal 17 Juli 2019, produk tersebut udah nggak layak lagi buat dikonsumsi.

Kalau kamu teliti nih Girls, sebenarnya di kemasan pembalut juga ada tulisan tanggal kayak gitu, lho. Kamu pernah sadar nggak? Tapi, tanggal ini ngga pake tulisan EXP. Berarti itu bukan tanggal untuk batas kadaluwarsa pembalut, dong?

Nah, beda dari makanan dan minuman yang dibuat dari bahan-bahan yang bakalan membusuk dan mengganggu kesehatan manusia kalau dikonsumsi, maka pembalut dibuat dari bahan-bahan yang nggak mengalami proses pembusukan sama sekali. Hal inilah yang jadi alasan kenapa pembalut nggak punya batas kadaluwarsa. Asal pembalut tetep ada di dalam kemasan yang terbungkus rapi, maka pembalut bakal tetep steril dan bisa terus digunakan.

Terus, maksud dari tanggal yang ada di kemasan pembalut itu apa? Misalnya nih, pada kemasan Laurier ada angka 20190526, rangkaian angka tersebut untuk ngasih info kapan produk dibuat dan dikemas. Jadi, maksud dari angka itu berarti produk pembalut Laurier dibuat dan dikemas pada tanggal 26 Mei 2019. Dari sisi proses produksi, kemasan plastik bisa melindungi benda di dalamnya dengan baik selama 3 tahun.

Jadi, kamu nggak perlu takut lagi sekarang kalau nemuin tanggal di kemasan pembalut yang tanggalnya udah lewat beberapa minggu atau bulan. Inget! Itu bukan berarti pembalut mu udah kadaluwarsa ya, tapi itu artinya pembalutmu baru dibuat beberapa waktu lalu. Nah, sekarang masalahnya clear kan, Girls? So, don’t worry and happy shopping!

Jangan lupa share artikel ini ke temen-temen deketmu ya, supaya mereka juga nggak worried lagi!

Related Articles

Healthy Body
30 Mar 2022

8 Manfaat Daun Sage yang Belum Kamu Tahu

Apakah kamu pernah mendengar daun sage? Kalau belum wajar kok, soalnya di Indonesia yang lebih popul...
Healthy Body
07 May 2019

5 Cara Atasi Migrain di Kantor

Kepala kamu pernah merasa pusing sebelah nggak sih, Girls? Pasti rasanya mengganggu banget, kan? Sak...
Healthy Body
08 Jan 2020

Makna Dibalik Cairan Vagina

Kamu pernah melihat perubahan cairan vaginamu nggak, Girls? Kalau kamu mengalami kondisi ini, tapi k...