ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Flu Menstruasi, Berbedakah dengan Flu Biasa?

Flu Menstruasi, Berbedakah dengan Flu Biasa?

10 Apr 2023

Flu Menstruasi, Berbedakah dengan Flu Biasa?

Girls, pernahkah kamu mendengar istilah flu menstruasi? Pada dasarnya, flu menstruasi memiliki persamaan dan juga perbedaan dengan flu biasa pada umumnya. Nah, daripada penasaran, yuk, langsung saja kita bahas mengenai keduanya!

Perbedaan Flu dan Flu Menstruasi

Influenza atau flu adalah infeksi akibat virus yang terjadi pada saluran pernapasan, yaitu hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penyakit ini bisa menular dari satu orang ke orang lain melalui air liur saat berbicara, bersin, atau batuk. Itulah mengapa, saat kamu sedang terserang penyakit ini disarankan untuk menutup hidung dan mulut dengan masker agar tidak menularkannya pada orang lain. Selain itu, flu juga umum menyerang ketika cuaca sedang dingin, misalnya saat musim hujan.

Baca Juga: Tips Cegah Sakit saat Musim Hujan

Flu menstruasi bukan termasuk istilah medis. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan  serangkaian gejala yang mirip dengan gejala flu dan dialami sebelum menstruasi dan dikelompokkan sebagai bagian dari PMS. Biasanya, gejala flu menstruasi akan dirasakan secara rutin sebulan sekali, tergantung siklus menstruasi. Umumnya flu menstruasi terjadi sekitar 10-16 hari menjelang menstruasi. Namun, gejala ini tidak akan dirasakan lagi ketika sudah memasuki masa menopause.

Flu menstruasi tidak disebabkan oleh virus sehingga tidak berpotensi menular ke orang lain. Para peneliti belum bisa memastikan penyebab pastinya, tetapi diperkirakan perubahan hormon dalam tubuh yang menyebabkan seseorang mengalami flu menstruasi.

Gejala Flu dan Flu Menstruasi

Ketika kamu mengalami flu menstruasi, beberapa gejala yang mungkin kamu rasakan yaitu:

  • demam
  • sakit kepala
  • gangguan pencernaan
  • nyeri pada otot
  • sakit pada punggung
  • mual hingga muntah
  • kram perut

Perbedaan utama dari gejala flu dengan flu menstruasi adalah flu menstruasi tidak disertai dengan bersin maupun hidung berair seperti saat kamu terserang flu. Namun, karena ada beberapa gejala yang menyerupai flu sehingga berbagai gejala di atas disebut dengan flu menstruasi.

Related Articles

Healthy Body
27 Feb 2020

Cek yuk, Apakah Kamu Mengalami Gangguan Pendarahan atau Nggak?

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami aliran darah menstruasimu yang keluar cukup deras dan berkep...
Healthy Body
12 Jul 2023

Merasa Anyang-anyangan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Girls, pernahkah kamu merasakan nyeri atau perih saat buang air kecil? Jika pernah, artinya kamu mun...
Healthy Body
02 Sep 2020

Cat Rambut Pubis, Memang Boleh?

Kamu pernah punya ide ekstrem untuk mewarnai rambut pubis di area vaginamu nggak, Girls? Walaupun mu...