Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Vaksin HPV, yuk!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Vaksin HPV, yuk!

Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Vaksin HPV, yuk!

09 Apr 2019

Cari Tahu Lebih Banyak Tentang Vaksin HPV, yuk!

    Girls, kamu harus tau nih, kalau cewek yang udah aktif berhubungan seks, sangat disarankan untuk mendapatkan vaksin HPV. Kenapa, sih? Karena vaksin HPV ini berguna supaya kamu nggak kena kanker serviks. Saran ini pastinya bertujuan baik buat semua cewek, tapi sayangnya masih ada aja yang takut dan ragu sama vaksin HPV.

“Aman nggak, ya?”

    Sebelum diproduksi, seluruh vaksin, nggak cuma HPV aja, udah diteliti dan dipastikan aman untuk digunakan sama setiap orang. Vaksin HPV udah diujicobakan ke ribuan orang dan terbukti aman. Vaksin HPV juga udah dipakai dari beberapa tahun yang lalu, dan para ahli menyatakan bahwa nyaris nggak ada dampak negatif kalau seseorang mendapatkan vaksin itu.

“Ada efek sampingnya nggak?”

    Memang ada yang mengalami gejala ringan. Sebagian besar cewek yang mendapatkan vaksin HPV bakalan mengalami gangguan ringan, seperti nyeri atau bengkak di area vaksinasi, agak demam, sakit kepala, mual, muntah, diare, nyeri perut atau kram otot. Ada juga sebagian orang yang pingsan, tapi pingsan setelah vaksinasi emang bisa dialami pada berbagai jenis vaksinasi yang lain. Jadi sangat disarankan setelah vaksinasi, sebaiknya duduk atau beristirahat sebentar.

“Bakalan kena infeksi HPV nggak?”

    Jelas, nggak. Bagian HPV virus yang dipakai pada kedua vaksin tersebut adalah jenis yang nggak akitf, jadi nggak bisa menyebabkan infeksi HPV pada orang yang mendapatkan vaksinasi.

“Dalam kondisi apa, cewek nggak boleh melakukan vaksinasi HPV?”

    Nggak semua orang perlu dapat vaksin HPV. Apalagi kalau punya alergi sama yeast dan lateks. Sebaiknya, sebelum dapat vaksinasi HPV, pastikan dulu kondisi alergi pada dokter, apalagi kalau seseorang kena gangguan kesehatan tubuh, atau gangguan kesehatan darah. Kalau seorang cewek lagi hamil, sebaiknya tunggu sampai melahirkan dulu, sebelum mendapatkan vaksin HPV. Hal ini harus dipatuhi karena sampai sekarang, reaksi vaksin HPV terhadap kehamilan masih diteliti.

    Gimana nih, Girls? Sekarang kamu nggak perlu tuh, takut-takut lagi buat vaksin HPV, karena intinya vaksin itu bakalan berguna buat kamu dan bisa melindungi kesehatan kamu juga, kan. Stay healthy, Girls! Yuk, share artikel ini ke temen-temen kamu, supaya mereka tau manfaat dari vaksin HPV!

Related Articles

Healthy Body
01 May 2019

Radang Vagina Bisa Berubah Jadi Kanker Rahim?!

Tau nggak sih, Girls, kalau rahim perempuan itu teksturnya haluuuusss banget. Coba deh, kamu bayangi...
Healthy Body
25 Oct 2019

7 Cara Jaga Kesehatan Si “Miss V”

Selama ini, kamu rajin menjaga kebersihan dan kesehatan vaginamu nggak, Girls? Ternyata menjaga kese...
Healthy Body
15 Dec 2021

Vagina Makin Sehat dan Bersih dengan Cara Berikut

Vagina merupakan salah satu organ tubuh yang wajib dijaga kesehatan dan kebersihannya. Untuk merawat...