Menstruasi yang Nggak Normal Itu Gimana sih?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi yang Nggak Normal Itu Gimana sih?

Menstruasi yang Nggak Normal Itu Gimana sih?

20 Sep 2019

Menstruasi yang Nggak Normal Itu Gimana sih?

Menstruasi yang terjadi pada setiap cewek itu berbeda-beda, begitu juga sama volume darah menstruasi yang keluar dari rahim. Kamu pasti udah cukup paham kan, Girls? Ada yang mengalami tiga sampai empat hari, dan ada juga yang menstruasi selama lima sampai tujuh hari. Jadi, sebenarnya kamu nggak perlu khawatir kalau durasi dan banyaknya darah menstruasimu nggak sama seperti teman cewekmu, Girls.

Kamu mungkin pernah merasa khawatir saat menstruasi berlangsung lama dengan volume yang banyak. Iya kan? Tapi sebenarnya nggak seperti yang kamu pikirkan lho, Girls! Karena rata-rata darah yang keluar setiap kali menstruasi adalah dua sampai tiga sendok makan atau setara 30 – 45 ml aja. Kondisi ini bikin para cewek harus ganti pembalut sekitar empat sampai enam kali sehari.

Kalau kamu di usia remaja, tepatnya saat masih dalam masa puber, menstruasi seorang cewek memang cenderung belum teratur. Jadi, kalau terjadi hal-hal yang nggak biasa itu masih bisa dibilang normal, Girls. Walaupun begitu, ada kondisi tertentu yang menandakan kalau menstruasimu nggak normal dan harus diwaspadai nih. Kira-kira kondisi seperti apa ya?

  • Volume darah menstruasi yang banyak. Kriteria darah menstruasi yang banyak adalah saat perdarahan keluar banyak sampai kamu harus mengganti pembalut kurang dari dua jam, dan terjadi lebih dari seminggu.
  • Menstruasi terlalu lama. Berdasarkan fakta medis, menstruasi yang normal itu paling lama berlangsung 10 hari, karena kalau menstruasi lebih dari 10 hari bisa dikategorikan nggak normal.
  • Kram atau nyeri perut yang berlebihan. Nyeri yang sangat menyiksa dan berlangsung lebih dari tiga hari.
  • Keluar bercak-bercak setiap hari. Kalau bercak cuma terjadi menjelang, beberapa hari setelah atau di tengah siklus menstruasi, hal ini masih terbilang normal karena merupakan reaksi tubuhmu terhadap perubahan kadar hormon. Tapi, kalau kamu mengalami banyak perdarahan sebelum waktu mentruasi, itu artinya kondisimu nggak normal, Girls.

Kalau kamu udah mengalami gejala-gejala seperti di atas, jangan diam aja ya, Girls! Sebaiknya kamu langsung bicara sama mama, dan minta diantar ke dokter supaya kamu bisa diperiksa dan mendapat penanganan yang tepat.

Mulai sekarang kamu bisa mulai mengatur pola hidup sehat seperti memenuhi nutrisi dengan seimbang, berolahraga, hindari stres, dan istirahat yang cukup supaya menstruasimu teratur. Selain itu, kamu juga harus mencatat siklus menstruasimu supaya tau kondisi menstruasimu normal atau nggak. Kamu bisa mencatatnya di buku diary atau kalender di kamarmu. Kalau mau yang lebih praktis, kamu bisa pakai aplikasi Menstrual Diary dari Laurier, Girls!

So, jangan malas lagi untuk memantau siklus menstruasimu ya! Kamu juga harus peka sama gejala yang bikin kamu cemas selama menstruasi, supaya kamu bisa memperkirakan apakah kondisimu bisa diatasi pakai obat atau harus langsung memeriksakan diri ke dokter. Don’t forget to care about yourself, Girls!

Share info ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka tau bedanya menstruasi yang normal dan nggak normal!

Related Articles

First Timer
03 Dec 2019

Sekilas Info Kram Menstruasi

Girls, kram yang kamu alami saat menstruasi, sebenarnya sama seperti kram pada bagian tubuh lain lho...
First Timer
19 Aug 2019

Kenapa sih, Area Vaginaku Gatal Pas Mau Menstruasi?

Beberapa hari menjelang menstruasi biasanya para cewek bakal mengeluh sakit perut, moody, mual dan s...
First Timer
22 Aug 2019

4 Nutrisi Penting untuk Masa Pubermu

Masa puber setiap cewek pasti berbeda-beda. Tapi, rata-rata masa puber cewek dimulai antara usia 9 &...