ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Hal Baru yang Dialami Pas Masuk Masa Remaja

4 Hal Baru yang Dialami Pas Masuk Masa Remaja

Author: Tim Edukasi Laurier

10 Oct 2019

4 Hal Baru yang Dialami Pas Masuk Masa Remaja

Kalau mood kamu tiba-tiba gampang berubah, pasti kamu langsung menghubungkan sama datangnya menstruasi. Benar nggak, Girls? Tapi kamu pernah nggak sih, jadi gampang nangis padahal menstruasi udah selesai? Hmm...kondisi ini bukan berarti kamu lagi PMS dan akan menstruasi lagi lho. Terus apa dong? Hal ini wajar dialami para cewek kok, dan merupakan bagian dari proses pertumbuhan akibat kadar hormon di dalam tubuhmu yang lagi nggak stabil. Nah, berikut ini beberapa perubahan yang bakal kamu alami di masa pertumbuhanmu, Girls!

  • Terganggu karena perubahan fisik

Di usia remaja, tubuhmu akan mengalami berbagai perubahan, wajar aja kalau kamu merasa nggak nyaman karena perubahan tersebut. Jadinya, kamu cenderung sensitif dan gampang tersinggung kalau ada yang membahas penampilanmu.

  • Banyak hal yang nggak pasti

Di usia remaja, kamu belum menjadi orang dewasa, tapi bukan anak-anak juga. Masa remaja adalah periode transisi, di mana kamu akan mulai memikirkan hal-hal baru tentang kehidupan seperti percintaan, pekerjaan atau bahkan pernikahan. Karena semua hal itu baru, kamu mungkin bakal merasa kalau masa depanmu nggak pasti. Benar nggak, Girls? Kondisi ini biasanya jadi lebih berat bersamaan dengan perubahan harapan orang-orang terdekatmu. Eits, tapi tenang aja, Girls! Dengan bertambahnya usia, hal-hal yang kamu pikirkan bisa jadi lebih pasti kok. Tapi, proses ini membutuhkan waktu dan tergantung gimana dirimu merespons situasi tersebut.

  • Perubahan mood

Selain merasa banyak hal yang nggak pasti dan konflik pikiran, kamu juga masih harus mengalami yang namanya mood swing. Apa tuh? Misalnya, beberapa saat kamu bisa merasa percaya diri dan happy, tapi nggak lama kamu jadi sedih dan nggak nyaman. Kondisi itu biasanya disebabkan sama perubahan kadar hormon di dalam tubuhmu yang memang dialami selama proses pertumbuhanmu.

  • Tertarik pada lawan jenis

Di usia remaja, kamu akan mulai tertarik pada lawan jenismu. Ada dorongan emosi yang membuatmu ingin dekat dengan cowok, lebih dari sekadar teman. Kamu juga jadi gampang terbawa dengan hal-hal romantis seperti saat mendengarkan lagu, membaca novel atau menonton film yang temanya cinta. Hal-hal seperti itu normal kok, bahkan nggak salah kalau kamu ingin tahu tentang hal-hal yang berhubungan dengan seks. Tapi, kamu harus menanyakan hal itu pada orang dewasa yang menurutmu nyaman untuk diajak berdiskusi. Jadi, kamu bisa mendapat informasi yang dibutuhkan dengan aman.

Perubahan mood memang lebih sering dialami cewek daripada cowok lho, Girls. Hal ini disebabkan karena proses pertumbuhan cewek yang berlangsung lebih cepat. Jadi kamu nggak perlu heran ya, kalau mengalami perubahan-perubahan seperti di atas, karena bukan cuma kamu aja yang mengalaminya. So, jalani aja hari-harimu dengan aktivitas dan pikiran yang positif, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau perubahan apa aja yang bakal dialaminya pas masa pertumbuhan!

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
02 Dec 2019

Jerawatan Pas PMS? Atasi dengan 4 Tips Ini!

Jerawat yang tiba-tiba muncul menjelang menstruasi pasti menyebalkan banget, iya kan, Girls? Saat me...
Author: Tim Edukasi Laurier
14 Dec 2019

Kenapa sih, Haidku tidak Lancar?

Ngaku deh, Girls, kalau awalnya menstruasimu teratur terus tiba-tiba jadi tidak teratur, pasti kamu ...
Author: Tim Edukasi Laurier
18 Dec 2019

Menstruasi Cuma Sehari, Wajar Nggak sih?

Kamu pernah mengalami menstruasi yang hanya terjadi sehari nggak, Girls? Hmm…itu menstruasi a...