Sehat dan Segar Selama Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Sehat dan Segar Selama Menstruasi

Sehat dan Segar Selama Menstruasi

18 Sep 2019

Sehat dan Segar Selama Menstruasi

Girls, sebenarnya menstruasi adalah salah satu hal yang menandakan kalau tubuhmu sehat lho! Selama menstruasi, kamu udah menjaga kebersihan diri dengan baik belum nih? Kalau kebersihan tubuhmu nggak dijaga, justru bisa bikin kamu mengalami gangguan kesehatan dan merasa nggak nyaman saat menstruasi. Karena saat menstruasi, area vaginamu cenderung gampang terkena infeksi dan iritasi. Kamu nggak mau kan, mengalami hal itu?

Sebenarnya menjaga kebersihan diri pas menstruasi itu nggak susah kok, Girls. Kamu pasti sering membersihkan diri setiap hari kan? So, tinggal kamu tingkatkan aja intensitasnya. Yuk, ikuti tips membersihkan diri yang baik di bawah ini!

  • Ganti pembalut setiap empat jam sekali

Darah menstruasi yang tertampung di pembalut kalau dibiarkan lebih lama dari empat jam bisa menyebabkan kelembapan lho, Girls! Selain karena pembalut yang udah terlalu banyak menampung darah menstruasi, kondisi ini juga bisa membuat bakteri, virus, atau jamur pada vaginamu berubah sifatnya menjadi perusak (patogen) dan menyebabkan infeksi kulit. Akhirnya kulitmu akan terasa gatal dan tercium aroma nggak sedap dari pembalut saat kamu menggantinya.

  • Bersihkan area vagina dengan benar

Cara yang benar saat membersihkan area vagina adalah menggunakan air bersih dan gerakannya dari arah depan ke belakang. Hal ini penting banget untuk kamu lakukan, karena kalau kamu melakukan gerakan sebaliknya, maka kotoran dari saluran pembuangan akan pindah ke area vagina dan bisa meningkatkan risiko terkena infeksi. Jangan lupa juga untuk mengeringkannya setelah dibersihkan, supaya area vaginamu nggak lembap dan tetap kering.

  • Gunakan pakaian dalam yang bersih

Kamu harus memastikan untuk selalu mengganti pakaian dalam setelah mandi. Saat menstruasi, tubuhmu cenderung gampang berkeringat, sehingga kalau kamu nggak mengganti pakaian dalammu bisa berisiko terjadinya gatal-gatal di permukaan kulitmu. Pakaian yang bersih juga bisa membuatmu merasa lebih segar dan nyaman, Girls!

  • Jangan memakai pembalut yang berpewangi

Pembalut yang mengandung pewangi umumnya mengandung bahan kimia yang nggak selalu cocok kalau bercampur dengan darah. Bentuk senyawa pewangi dan darah bisa menjadi salah satu pemicu iritasi, infeksi di permukaan kulit atau bahkan keputihan.

  • Bersihkan tangan

Setiap kali sebelum dan sesudah mengganti pembalut, pastikan kamu mencuci tangan pakai sabun di bawah air yang mengalir ya, Girls! Kalau kamu lagi di perjalanan dan susah mendapatkan air yang mengalir, kamu bisa pakai tisu basah yang mengandung antiseptik. Hal ini dilakukan supaya pembalutmu nggak kena kotoran dan tetap steril sampai kamu gunakan.

  • Kemas rapi

Bungkus pembalut yang baru kamu ganti dengan kertas sampai benar-benar rapat, lalu buang ke tempat sampah.

  • Mandi

Jangan lupa untuk mandi di pagi dan sore hari. Selain iklim tropis yang bikin kamu sering keringatan, mandi saat menstruasi juga kegiatan yang penting untuk memastikan kebersihan area vaginamu. Kamu juga nggak perlu ragu untuk berkeramas pas menstruasi ya, karena hal itu termasuk bagian dari menjaga kebersihan dirimu.

  • Bersihkan diri setelah menggunakan toilet

Kamu bisa pakai tisu basah yang mengandung antiseptik untuk membersihkan area kulit yang menempel pada permukaan toilet, setelah kamu menggunakan toilet umum. Karena kulit di sekitar area vaginamu cenderung lebih lembap saat menstruasi, jadi hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya risiko infeksi bakteri.

Saat menstruasi udah selesai, kadang masih ada bercak-bercak darah yang keluar selama satu atau dua hari. Hal itu masih tergolong normal kok, Girls. Nah, supaya tetap merasa nyaman, kamu bisa pakai pantyliner untuk menyerap bercak darah yang keluar. So, pakaian dalammu nggak bakal kotor dan area vaginamu tetap kering deh, Girls!

Gimana, Girls? Semua kegiatan di atas udah nggak asing lagi kan? Kalau kamu udah melakukannya secara rutin, berarti tinggal kamu pertahankan aja ya! Karena kalau kamu aware sama kesehatan dirimu sendiri, maka kamu akan selalu merasa segar, nyaman dan bebas beraktivitas selama menstruasi. So, be clean and keep your healthy, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka rajin menjaga kebersihan dirinya selama menstruasi!

Related Articles

First Timer
02 Dec 2019

5 Tips Manjur Cegah Kembung Menjelang Menstruasi!

Saat menjelang menstruasi, pasti kamu suka merasa kembung kan, Girls? Tapi kamu nggak perlu khawatir...
First Timer
20 Nov 2019

3 Tips Jaga Kestabilan Mood Kamu Pas Menstruasi

Selama siklus menstruasi, kamu pasti pernah merasakan emosi yang naik turun kan, Girls?  Termas...
First Timer
13 Dec 2019

Berat Badan Tetap Normal Pas Menstruasi

Saat menstruasi nafsu makan akan meningkat, nggak heran kalau kamu tiba-tiba ngidam makanan tertentu...