Olahraga Bisa Mengganggu Siklus Menstruasi? Kata Siapa?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Olahraga Bisa Mengganggu Siklus Menstruasi? Kata Siapa?

Olahraga Bisa Mengganggu Siklus Menstruasi? Kata Siapa?

20 Jun 2019

Olahraga Bisa Mengganggu Siklus Menstruasi? Kata Siapa?

Girls, tubuh yang aktif banget bergerak ternyata cenderung kehilangan banyak lemak dan unsur nutrisi lain yang penting buat tubuh, lho! Hal ini karena pas kamu lagi bergerak, semua organ tubuh memerlukan suplai lebih banyak dibanding kondisi normal. Kalau nggak diimbangi sama pola makan yang tepat, maka tubuhmu bakal mengalami “stres” yang menyebabkan gangguan hormonal. So, kondisi inilah yang jadi penyebab gangguan siklus menstruasi seorang cewek.

Kalau siklus menstruasi terus tertunda dan berlangsung berulang-ulang, maka hal ini menandakan kadar estrogen di dalam tubuh lagi rendah banget. Kondisi ini biasanya memicu risiko rendahnya masa tulang, yang berarti meningkatnya risiko terjadinya retakan pada tulang. Tapi, ini bukan berarti cewek nggak bisa berolahraga secara intens lho, Girls! Kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini supaya aktivitas olahragamu jadi nggak terganggu dan tubuh bebas dari “stres”:

  • Cukupi kebutuhan nutrisi tubuh

Pastikan setiap hari tubuhmu mendapatkan asupan kalori yang cukup sebelum mulai berolahraga, Girls. Kalau bobot tubuhmu udah mencapai bobot ideal, kamu cukup mempertahankannya supaya nggak mengalami penurunan bobot lagi. Selain itu, mengonsumsi menu dengan komposisi lemak, protein, dan karbohidrat yang seimbang juga sangat disarankan. Pastikan kamu mencukupi kebutuhan kalsium tubuh sebanyak 1300 mg per hari, atau 400 iu vitamin D setiap hari. Nggak harus selalu dari makanan kok, Girls, kamu juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, supaya kesehatan tulangmu tetap terjaga.

  • Catat siklus menstruasi

Kalau siklus menstruasimu tertunda, segera konsultasi ke dokter ya, Girls! Bisa jadi penundaan siklus menstruasi merupakan pertanda kalau tubuhmu lagi mengalami stres karena olahraga yang berlebih atau karena kamu nggak mengonsumsi cukup nutrisi.

  • Jangan abaikan nyeri

Kalau kamu merasa nyeri di bagian tubuh, tungkai atau kaki pas lagi berolahraga, atau nyeri pas lagi peregangan, sekecil apapun skala nyeri yang kamu rasakan, kamu harus segera periksa ke dokter. Bisa jadi ada gangguan di otot atau retakan kecil di tulang yang harus segera ditangani secara serius.

Tuh kan, Girls, nggak ada alasan lagi buat nggak rajin olahraga, ya! Kamu tetap bisa olahraga kok, asalkan kamu juga melakukan tiga hal di atas. Yuk, mulai sekarang rajin berolahraga biar kesehatan tubuhmu lebih terjaga!

Jangan lupa share info ini ke teman-teman cewekmu ya, dan ajak juga mereka untuk rajin olahraga mulai sekarang!

Related Articles

Adulthood
08 Oct 2019

Perbedaan Usia yang Ideal untuk Menikah

Girls, selektif dalam memilih pasangan itu memang perlu banget lho! Salah satunya yang harus diperha...
Adulthood
29 May 2019

Konsumsi 3 Vitamin Ini Supaya Kamu Bebas PMS!

Kalau kamu lagi mengalami gejala pra-menstruasi atau PMS pasti rasanya mengganggu banget kan? Mulai ...
Adulthood
17 Oct 2019

Cepat Menstruasi, Cepat Menopause

Para ahli dari 4 negara, yaitu Australia, Inggris, Denmark dan Jepang bergabung dan meneliti tentang...