Setelah Keguguran, Kapan ya Kira-Kira Masa Suburku Datang Lagi?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Setelah Keguguran, Kapan ya Kira-Kira Masa Suburku Datang Lagi?

Setelah Keguguran, Kapan ya Kira-Kira Masa Suburku Datang Lagi?

27 Feb 2020

Setelah Keguguran, Kapan ya Kira-Kira Masa Suburku Datang Lagi?

Moms, ketika kamu mengalami keguguran, pasti kamu bertanya-tanya, kapan akan mendapatkan menstruasi lagi, iya kan? Kamu nggak perlu heran, efek keguguran memang akan memengaruhi siklus menstruasimu. Kondisi ini yang membuat siklus masa suburmu menjadi berantakan. Hmm…terus gimana cara melancarkan haid setelah keguguran? Umumnya, kamu mungkin akan membutuhkan waktu selama 4-6 minggu setelah keguguran untuk kembali pada siklus menstruasimu, Moms.

Sedangkan masa subur kamu, akan datang pada hari ke-14 dari siklus menstruasi setelah kamu mengalami keguguran, Moms. Tapi, kondisi ini terjadi pada perempuan yang keguguran pada 13 minggu pertama kehamilannya. Apabila keguguran terjadi setelah 13 minggu kehamilan, kamu mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk berovulasi dan mengalami masa subur.

Moms, setelah mengalami keguguran, pasti kamu nggak ingin menyerah begitu saja untuk mendapat momongan lagi, iya kan? Sebenarnya untuk menjalani program hamil lagi setelah keguguran, kamu harus mengetahui dulu kapan masa subur kamu datang, Moms. Tapi, para peneliti menyarankan pada perempuan yang baru saja keguguran, untuk melakukan program kehamilan 6 bulan setelah keguguran. Hal ini dilakukan karena, untuk menghindari beberapa risiko, seperti berat badan bayi di bawah normal, anemia saat melahirkan dan kelahiran prematur. Eits, tapi, kamu nggak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, untuk mengetahui masa suburmu setelah keguguran kok, Moms!

  1. Kenali lama siklus menstruasi

Moms, menandai tanggal menstruasi pada kalender memang udah menjadi hal yang penting dilakukan untuk mengetahui siklus menstruasi dalam satu periode. Siklus menstruasi normalnya adala 21- 35 hari dan bisa dihitung dari hari pertama mentruasi sampai hari pertama menstruasi periode berikutnya. Kalau yang kamu alami adalah pendarahan ringan, dan bukan menstruasi, berilah tanda yang berbeda pada kalender haid sebanyak lamanya pendarahan yang kamu alami. Kalau kamu mencatatnya dengan rinci, kamu akan lebih mudah mengetahui kapan masa subur dan ovulasi tiba setelah keguguran.

  1. Kenali perubahan pada tubuh saat ovulasi tiba.

Selain menghitung siklus menstruasimu, kamu juga harus mengenali perubahan yang terjadi saat ovulasi tiba. Hal ini bisa membantu kamu mengetahui masa subur setelah ovulasi lho, Moms. Ada beberapa perempuan yang menyadari kehadiran masa suburnya melalui tanda-tanda ovulasi, seperti vagina banyak mengeluarkan lendir, payudara terasa nyeri, mengalami kram ringan atau nyeri di salah satu sisi panggul, sampai mengalami perubahan suhu tubuh. So, nggak ada salahnya kok, Moms, untuk mencoba lebih peka terhadap perubahan yang terjadi pada tubuhmu.

  1. Konsultasi ke dokter

Hal terakhir yang bisa kamu pastikan untuk mengetahui masa suburmu setelah keguguran adalah konsultasi ke dokter. Dokter akan membantu menjawab semua pertanyaan kamu terkait menstruasi setelah keguguran, sampai perhitungan masa subur setelah keguguran, Moms. Perlu kamu ingat, keguguran bisa saja mengubah siklus menstruasi yang sebelumnya kamu alami, Moms. Setelah 3-6 kali mengalami menstruasi rutin setiap bulannya, lama-lama kamu akan mulai menyadari siklus menstruasi sekaligus masa suburmu yang sebenarnya.

So, sekarang udah tau kan, Moms, kapan masa suburmu akan datang setelah mengalami keguguran? Kalau kamu mengalami keguguran dan berniat untuk memulai program hamil lagi, sebaiknya tunggu siklus menstruasi normal dulu ya, Moms. Hal ini sangat penting karena, kondisi setiap perempuan pastinya berbeda-beda setelah mengalami keguguran, sehingga siklus menstruasi dan datangnya masa subur juga akan berbeda, Moms!

Yuk, jangan lupa ajak teman-teman kamu baca artikel ini, supaya mereka yang mengalami keguguran bisa mengetahui masa suburnya setelah keguguran yang dialaminya!

Related Articles

Adulthood
17 Jan 2020

Menstruasi Saat Hamil? Mungkin Nggak sih?

Menstruasi dan kehamilan adalah dua hal yang berbeda. Tapi, pernah dengar nggak Moms, ada beberapa w...
Adulthood
26 Aug 2019

Kram Menstruasi Itu Wajar Nggak sih?

Sebagian besar cewek pasti pernah merasakan nyeri perut yang berhubungan sama menstruasi. Tapi, bias...
Adulthood
23 Jul 2019

Cara Atasi Bisul atau Jerawat di Kulit Sekitar Vagina

Girls, melihat ada jerawat yang tumbuh di kulit wajahmu mungkin hal yang biasa, tapi kalau jerawatny...