ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Komplikasi Gangguan Menstruasi

Komplikasi Gangguan Menstruasi

15 Jul 2019

Komplikasi Gangguan Menstruasi

Kamu pernah mengalami aliran darah yang terlalu banyak atau terlalu sedikit nggak, Girls? Eits, jangan pernah anggap sepele kondisi ini ya! Gangguan aliran darah menstruasi ini nggak cuma menandakan gangguan kesehatan reproduksi aja lho, tapi juga membawa ancaman berbagai gangguan kesehatan umum lainnya. Hii….serem kan? Makanya, kamu harus tau risiko yang dihadapi supaya bisa langsung mengatasi masalah kesehatan yang dialami.

Nah, berikut ini beberapa penyakit yang bisa menjadi risiko kalau kamu sering mengalami gangguan aliran darah menstruasi:

  • Anemia

Menorrhagia adalah gangguan menstruasi yang menjadi penyebab paling umum seorang perempuan mengalami anemia. Gangguan anemia bisa disebabkan karena kehilangan sekitar 80 ml darah (setara 3 sendok makan) setiap kali menstruasi. Sayangnya, anemia yang paling ringan sekalipun bisa menyebabkan penurunan asupan oksigen tubuh, sehingga perempuan yang mengalaminya akan merasa kelelahan. Gejala anemia yang lain adalah napas tersengal-sengal, detak jantung meningkat, pusing, sakit kepala, dengingan pada telinga, sensitif, pucat, tungkai lemas dan pelupa.

  • Osteoporosis

Amenorrhea dialami perempuan karena kadar estrogen yang rendah di dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan osteopenia dan osteoporosis. Kedua kondisi ini bisa dicegah dengan melakukan latihan beban secara teratur, serta perbaikan asupan kalsium dan vitamin D.

  • Gangguan kesuburan

Menorrhagia yang dialami karena gangguan ovulasi, kista, myoma atau endometriosis, adalah kondisi yang berhubungan dengan ketidaksuburan. Sedangkan, siklus yang nggak teratur bisa menyebabkan susah terjadinya pembuahan. Kalau kamu mengatasi masalah ini, artinya bisa meningkatkan kesuburanmu juga, Girls.

  • Penurunan kualitas hidup

PMS yang sangat berat dan menorrhagia bisa mengganggu aktivitas harianmu, sehingga kamu nggak bakal bisa bekerja dan menjalani kehidupan seperti biasa.

So, jangan pernah sepelekan berbagai gangguan aliran darah menstruasi ya, Girls! Kalau kamu mengalaminya, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter karena risiko kesehatan yang dihadapi cukup serius. Be aware!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu, supaya mereka juga tau info ini!

Related Articles

Adulthood
04 Sep 2019

Bakteri Baik di Vagina

Para peneliti dari University of North Carolina (UNC) menemukan fakta yang mengejutkan sekaligus men...
Adulthood
31 Oct 2019

Kok Gatal sih?

Kamu pernah nggak sih, merasa gatal di area tubuhmu, dan mau menggaruk tapi kamu lagi ada di tempat ...
Adulthood
29 Jun 2019

Vitamin D Bisa Membantu Penderita PCOS Untuk Hamil

Girls, kamu pasti udah tau tentang PCOS, kan? Ternyata vitamin D mungkin berperan penting untuk memb...