ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cara Mengatasi Menstruasi Agar Tidak Sakit

Cara Mengatasi Menstruasi Agar Tidak Sakit

14 Nov 2020

Cara Mengatasi Menstruasi Agar Tidak Sakit

 Girls, kamu sering kesal saat menstruasi datang? Kamu jadi enggak bisa beraktivitas dengan nyaman, pengennya di tempat tidur terus, atau bahkan sampai minum obat? Kalau bisa, jangan sampai minum obat ya, Girls! Ada solusi sederhana kok untuk mengatasi nyeri saat menstruasi. Menurut Prof. Hembing, seorang pakar kesehatan di Indonesia, nyeri saat menstruasi tidak mungkin diobati tanpa obat-obatan buatan pabrik. Saat menstruasi hadir tentunya beberapa perubahan terjadi pada tubuh kamu. 

Mulai dari payudara yang agak membesar, badan terasa lebih perih, mood cenderung berubah, hingga sakit perut. Nyeri yang terjadi itu diakibatkan dari kontraksi pelepasan pada dinding rahim. Meski terbilang ringan, sakit perut ini bisa saja mengganggu aktivitas kamu, lho. Sebenarnya sakit perut ini akan hilang dengan sendirinya meski tanpa minum obat. Namun, jika sudah tidak dapat ditahan, kamu bisa melakukan tujuh cara berikut untuk mengurangi sakit perut. Apa saja? Yuk simak, Girls!

1. Minum air hangat

Saat menstruasi, tubuh kamu akan mengeluarkan lebih banyak cairan dari biasanya. Kamu harus menyeimbangkannya dengan mengonsumsi lebih banyak air agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Untuk memberikan rasa nyaman pada perut yang sakit, sebaiknya pilih air hangat, ya!

2. Jangan makan sembarang makanan

Saat menstruasi, tentunya nafsu makan kamu akan menjadi lebih besar dari biasanya. Perubahan hormon, menyebabkan perut kamu lebih sering mengirimkan sinyal lapar. Meski begitu, kamu juga tetap harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Hindari mengkonsumsi lemak berlebih, gorengan, alkohol atau merokok untuk mengurangi sakit perut.

3. Kompres perut dengan air hangat

Gunakan handuk kecil yang sudah dibasahi atau dibasahi air hangat, alternatif lain bisa juga menggunakan botol yang sudah diisi air hangat, kemudian letakkan pada bagian perut yang sakit agar otot di sekitar perut terasa lebih rileks.

4. Lakukan olahraga ringan

Tak perlu olahraga berat, Girls! Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, atau peregangan tubuh. Dengan melakukan olahraga ringan akan memperlancar peredaran darah dan bisa mengurangi rasa nyeri. 

5. Konsumsi jamu asam dan kunyit

Sejak dulu mengkonsumsi jamu asam dan kunyit dipercaya dapat mengurangi nyeri saat menstruasi. Kunyit mengandung kurkumin yang berfungsi untuk meredakan nyeri. Jamu asam jawa dan kunyit bisa kamu temukan di warung-warung jamu atau bisa kamu buat sendiri. Konsumsilah secara rutin sebelum dan setelah menstruasi.

6. Istirahat yang cukup

Baik menjelang menstruasi maupun saat menstruasi, tentunya tubuh akan semakin terasa lelah. Gunakan waktu istirahat secara maksimal dan istirahatlah yang cukup. Dengan istirahat yang cukup, sakit perut akan hilang dengan sendirinya. Hindari juga merasa stres dan terbebani oleh pikiran yang mengganggu. 

7. Jika nyeri terus berlanjut, konsultasikan ke dokter

Bagi kamu yang selalu merasakan nyeri berlebihan saat menstruasi datang, segera periksakan keluhan kamu ke dokter. Supaya bisa mengetahui kondisi rahim dan akan ditangani oleh orang yang tepat! Tidak perlu takut, lebih baik segera langsung diatasi ya, Girls! 

Related Articles

Adulthood
08 Aug 2019

PMS atau Hamil ya?

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami gejala-gejala seperti kembung, susah BAB, mual di pagi hari,...
Adulthood
14 Jun 2019

Atur Asupanmu Untuk Mengurangi Gejala Endometriosis

Kamu pernah dengar tentang endometriosis nggak, Girls? Endometriosis adalah penyakit di mana adanya ...
Adulthood
04 Dec 2019

Kecil Bendanya, Besar Manfaatnya!

Girls, pasti kamu udah tau kan, apa itu pantyliner? Yap! Benda yang bentuknya mirip sama pembalut, t...