4 Fakta Menarik Tentang Vagina yang Belum Kamu Tahu!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Fakta Menarik Tentang Vagina yang Belum Kamu Tahu!

4 Fakta Menarik Tentang Vagina yang Belum Kamu Tahu!

14 Jun 2019

4 Fakta Menarik Tentang Vagina yang Belum Kamu Tahu!

Hati-hati ya, Girls, saat ini banyak banget ditemukan info-info yang nggak bener tentang vagina. Kadang malahan bikin kamu jadi takut kalo dengar info yang berhubungan sama vagina. Mungkin di pikiran kamu adalah hal yang serem-serem. Padahal ada juga lho, fakta-fakta menarik tentang vagina yang harus kamu tau. Karena nantinya bisa membantu kamu untuk menjaga kesehetan vaginamu. Nah, biar kamu nggak worried lagi, berikut beberapa fakta menarik tentang vagina:

Fakta #1: Aroma dipengaruhi makanan

Sampai saat ini emang belum ada penelitian khusus yang menjelaskan makanan bisa memengaruhi aroma vagina, tapi sekarang ada fakta yang berhubungan sama hal itu. Ternyata nanas diketahui bisa menyegarkan aroma vagina, sementara bawang putih, asparagus dan makanan kari justru bisa bikin aroma vagina jadi agak tajam. Daging merah juga bisa bikin pH vagina berubah, jadi membuat aroma yang menusuk.

Fakta #2: Konsumsi yogurt

Kalau kamu pengen mencegah berbagai infeksi ragi dan bakteri, coba deh, konsumsi yogurt setiap hari. Yogurt mengandung bakteri hidup yang bisa bikin tingkat pH di area vagina jadi seimbang.

Fakta #3: Berkeringat, tanda sehat

Kamu merasa nggak nyaman kalau berkeringat di area vagina? Sebenarnya hal ini harus dialami lho, dan ternyata menyehatkan! Keringat bisa melindungi area vagina dari gesekan dan kondisi lembap akibat suhu yang meningkat.

Fakta #4: Bersih-bersih sendiri

Kamu tau nggak sih, Girls, kalau vagina itu punya sistem untuk membersihkan diri sendiri. Ini artinya vagina nggak butuh cairan pembersih, atau yang dikenal dengan douching. Karena sebenarnya membersihkan dengan cairan pembersih bisa membuat bakteri baik jadi mati dan akibatnya bisa memicu berbagai gangguan. Supaya aman dan tetap bersih, kamu cukup membersihkan vagina pake air hangat setiap mandi sore. Simple, kan?

Gimana, Girls? Pasti ada beberapa fakta yang mungkin kamu belum tau, kan? Yuk, mulai sekarang jaga kesehatan vaginamu supaya nggak kena penyakit apapun!

Jangan lupa share artikel ini ke temen-temen cewek kamu ya, Girls, supaya mereka nggak salah dapet info lagi!

Related Articles

Adulthood
02 Sep 2019

Tingkat Keberhasilan Terapi Progestin Obati Endometriosis

Girls, kamu pasti pernah dengar tentang endometriosis kan? Endometriosis adalah kondisi gangguan kes...
Adulthood
23 Sep 2019

Mataku Minus atau….?

Kamu tau nggak sih, Girls, kalau matamu juga bakal bereaksi saat terjadi perubahan kadar hormon menj...
Adulthood
27 Feb 2020

Setelah Keguguran, Kapan ya Kira-Kira Masa Suburku Datang Lagi?

Moms, ketika kamu mengalami keguguran, pasti kamu bertanya-tanya, kapan akan mendapatkan menstruasi ...