ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cari Tau Lebih Banyak Tentang Masa Subur yuk!

Cari Tau Lebih Banyak Tentang Masa Subur yuk!

28 Aug 2019

Cari Tau Lebih Banyak Tentang Masa Subur yuk!

Girls, kamu tau nggak sih, maksud dari masa subur itu apa? Kalau di antara kamu ada yang belum tau, masa subur ini adalah masa dimana tersedianya sel telur yang siap dibuahi supaya bisa terjadi kehamilan. Kalau sel telur bertemu sperma dan mengalami pembuahan maka kamu bisa hamil. Tapi kamu tau nggak sih, gimana cara menghitung masa suburmu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini, Girls!

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menghitung masa suburmu adalah dengan mencatat siklus menstruasimu selama delapan bulan atau lebih. Setelah mencatatnya, pilih siklus terpendekmu, misalnya 27 hari lalu dikurangi 18, maka angka yang didapat adalah sembilan. Berarti hari kesembilan adalah hari pertama kamu berpotensi subur. Untuk siklus terlama misalnya 30 hari lalu kamu kurangi 11 untuk mendapatkan hari subur terakhir, berarti hari ke-19. Jadi kalau siklusmu diukur selama beberapa bulan antara 27 dan 30 hari, maka waktu paling suburmu ada di antara hari ke 9 – 19 dihitung dari menstruasi terakhirmu.

Selain itu, kamu bisa mempersempitnya dengan cara mengukur suhu basal tubuhmu (suhu tubuh dipagi hari sebelum kamu bangun dari tempat tidur). Umumnya suhu basal tubuh perempuan adalah 35,5ºC – 36ºC (sesuai dengan suhu tempat tinggalmu). Suhu tubuhmu akan meningkat 0,5ºC, yang berarti kamu akan mengalami ovulasi dalam waktu 12 – 24 jam terakhir.

Metode lain yang bisa mengidentifikasi masa suburmu adalah dengan cara memperhatikan perubahan lendir serviksmu. Kondisi ini bisa dimulai dari kering (setelah menstruasi), lengket (mendekati waktu ovulasi), basah, elastis dan semi-transparan (selama ovulasi). Ovulasi biasanya terjadi dari dua hari sebelum atau setelah muncul lendir serviks yang elastis. 

Gimana, Girls? Sekarang kamu paham kan, apa itu masa subur dan cara menghitungnya? Kalau kamu lagi mempersiapkan kehamilan, menghitung masa subur ini penting banget lho! So, kamu tinggal ikutin aja cara di atas untuk mengetahui masa suburmu, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka tau cara menghitung masa suburnya!

Related Articles

Adulthood
02 Dec 2019

Bersepeda VS Kesehatan Reproduksi

Kamu tau nggak sih, kalau ternyata bersepeda itu bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan reproduks...
Adulthood
29 Jun 2019

Keputihan Itu Normal Apa Nggak, sih?

Girls, mungkin kamu masih bingung kalau ngebahas tentang keputihan. Kadang pasti kamu mikir, kira-ki...
Adulthood
24 May 2019

PMS Ternyata Bisa Pengaruhi Gaya Hidupmu, lho

Kalau deket-deket waktu menstruasi, pasti kamu sering ngerasa kembung, kecapekan, terus emosi juga j...