Siasati Perubahan Hormon Jelang Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Siasati Perubahan Hormon Jelang Menstruasi

Siasati Perubahan Hormon Jelang Menstruasi

30 Aug 2019

Siasati Perubahan Hormon Jelang Menstruasi

Girls, kamu pasti sadar kan, kalau gejala pra-menstruasi atau PMS bisa bikin aktivitasmu jadi terganggu? Kamu mungkin bakal merasa kembung, migrain, capek, lemas, dan nyeri. Hal ini terjadi karena kadar hormon dalam tubuhmu yang berubah-ubah menjelang menstruasi. Tapi ternyata saat dipantau dari waktu ke waktu, perubahan kadar hormon ini bisa berdampak pada kesehatanmu secara keseluruhan lho! Makanya, kamu harus tau seperti apa dampak yang terjadi, supaya kamu bisa menjaga kesehatanmu dengan baik.

Hari ke 1 – 13

Pada periode ini, terjadi peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuhmu. Berdasarkan penelitian terkini, peningkatan kolesterol nyaris mencapai 20%. Kalau kamu cenderung mengalami kecelakaan (injury prone), sebaiknya berhati-hati karena bisa terjadi penurunan kadar hormon yang menyebabkan kamu mengalami nyeri sendi. Jangan lakukan aktivitas fisik yang mengharuskan kamu untuk melompat, karena bisa membuatmu mengalami gangguan sendi yang lebih parah.

Hari ke 14 – 15

Pada masa ini, biasanya cewek cenderung merasa lebih menarik dan nggak gampang melakukan berbagai aktivitas sekaligus. Kadar estrogen yang tinggi selama masa ovulasi (masa subur) bisa mengganggu konsentrasimu, sehingga kamu jadi lebih lama dalam melakukan beberapa aktivitas.

Hari ke 16 – 28

Pada masa ini, berbagai gejala mulai bermunculan. Kalau kamu mengalami beberapa masalah kesehatan, seperti depresi, migrain, asma, atau gusi sensitif, maka kondisi-kondisi ini cenderung memburuk di periode ini. Depresi yang makin parah bisa memicu dorongan untuk mengonsumsi gula. So, nggak ada salahnya kalau kamu memanjakan diri dengan mengonsumsi dark chocolate, Girls!

Menurut Rebecca Booth, MD, seorang ginekolog yang menulis buku The Venus Week: Discover the Powerful Secret of Your Cycle...at Any Age, kondisi nggak nyaman yang disebabkan karena perubahan hormon ini bisa diatasi dengan beberapa cara praktis, yaitu:

  1. Asupan estrogen

Kacang-kacangan dan biji-bijian sebenarnya memiliki kandungan estrogen, dikenal sebagai phytoestrogens, yang bisa membantu menyeimbangkan kadar hormon reproduksi menjelang menstruasi. Kamu cukup memasukan dua porsi kacang-kacangan dan biji-bijian, termasuk kedelai, sejak dua minggu sebelum hari pertama menstruasimu. Maka, dijamin menstruasimu bakal bebas dari segala gangguan!

  1. Spa

Seminggu sebelum hari pertama menstruasi, sebaiknya kamu melakukan perawatan kulit tubuh dan wajah. Biasanya setelah memanjakan diri, kamu bakal merasa lebih nyaman dan cantik.

  1. Konsumsi dark chocolate

Menjelang menstruasi, lingkar pinggangmu cenderung bertambah lho, Girls! Hal ini disebabkan karena terjadi pengumpulan cairan di dalam rongga perutmu. Cobalah mengonsumsi beberapa potong dark chocolate setiap hari, mulai dari satu minggu sebelum hari pertama menstruasi sampai akhir masa menstruasimu. Menurut dr. Rebecca, kandungan flavonoid yang ada di dalam dark chocolate bisa membantu tubuhmu mengurai karbohidrat lebih cepat, dan mengurangi pengumpulan cairan.

  1. Konsumsi ikan

Ternyata bad mood pra-menstruasi bisa diatasi dengan banyak makan ikan lho! Dua minggu sebelum hari pertama menstruasi, cobalah untuk makan ikan minimal tiga kali seminggu. Jenis ikan yang disarankan adalah ikan laut yang mengandung banyak unsur Omega 3. Kalau kamu susah mencarinya, kamu bisa menggantinya dengan suplemen. Selain terlepas dari siksaan bad mood, ternyata Omega 3 juga bermanfaat untuk menutrisi kulit dan rambutmu. So, nggak cuma bikin happy, kamu juga bakal terlihat lebih cantik, Girls!

Nah, sekarang kamu udah paham kan, tentang perubahan hormon selama PMS dan cara mengatasinya? Jangan malas untuk melakukan empat hal di atas ya, supaya tubuhmu tetap sehat dan bisa menjalani aktivitas dengan nyaman selama menstruasi! Let’s try it, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles

Adulthood
21 May 2019

Kenapa Remaja Menstruasinya Nggak Teratur?

            “Kenapa menstruasiku n...
Adulthood
08 Aug 2019

3 Tips Supaya Tetap Bisa Ngemil Saat PMS

Keinginan ngemil biasanya meningkat pas menjelang menstruasi, benar nggak, Girls? Biasanya makanan y...
Adulthood
02 Jul 2019

8 Kondisi yang Bikin Menstruasi Jadi Memendek

Kamu pernah nggak mengalami menstruasi biasanya kurang dari tujuh hari, terus tiba-tiba memendek jad...