Cara melancarkan Haid yang paling Ampuh
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cara Melancarkan Haid yang Paling Ampuh!

Cara Melancarkan Haid yang Paling Ampuh!

14 Jun 2019

Cara Melancarkan Haid yang Paling Ampuh!

Haid yang terlambat pasti bakalan bikin cemas, iya nggak sih, Girls? Apalagi kalau kamu nggak haid sampai hampir tiga bulan, duh….pasti pikiranmu sudah pusing banget, deh! Tapi kamu tau nggak sih, Girls, sebenarnya siklus haid yang normal itu adalah 21 – 35 hari. Kalau umurmu sudah lebih dari 20 tahun, maka siklus haidmu akan teratur dengan sendirinya. Nah, kalau sudah lebih dari 20 tahun, tapi siklus haidmu masih belum teratur juga, bisa jadi disebabkan karena beberapa hal, yaitu:

  • Berat badan yang meningkat atau menurun pesat
  • Gangguan pola makan
  • Stres
  • Gejala awal terjadinya suatu gangguan di indung telur

Kondisi seperti ini nggak boleh kamu anggap santai lho, Girls! Karena kalau keterlambatan haidmu sudah lebih dari tiga bulan, maka ada kemungkinan terjadi gangguan hormon, struktur pada rahim, atau gangguan fungsi pada ovarium. Oleh karena itu, kamu harus memenuhi asupan nutrisimu dengan baik, menghindari stres, dan rajin olahraga supaya siklus haidmu tetap teratur. Kamu juga bisa minum obat memperlancar haid di apotik agar darah haid keluar deras. Tapi, kamu harus mengonsumsinya sesuai saran yang dianjurkan pada kemasan obat tersebut, supaya nggak berdampak buruh untuk tubuhmu.

Nah, berikut ini juga ada beberapa cara alami dan cepat untuk melancarkan haidmu:

  1. Jus wortel

Wortel emang dikenal punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh. Wortel mengandung vitamin A, C, kalsium, dan besi yang bisa menjaga hormon-hormon dalam tubuh supaya nggak mengalami gangguan. Kalau kamu rajin minum jus wortel, dijamin pasti haidmu bakalan lancar! Tapi ingat ya, jangan terlalu banyak pakai gula, malah lebih baik lagi kalau kamu nggak pakai gula sedikitpun, Girls!

  1. Daun pepaya

Beberapa orang pasti nggak doyan sama daun pepaya karena rasanya yang pahit. Eh, tapi siapa sangka kalau ternyata daun pepaya punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung banyak vitamin, yaitu A, B, C, D, dan E, serta kalsium. Semua kandungan ini bisa melancarkan siklus haidmu plus rasa nyeri yang kamu alami pas haid juga lho, Girls!

Cara membuatnya nggak ribet kok! Kamu cukup rebus daun pepaya dengan asam jawa dan garam, serta tambahkan dua gelas air mineral. Rebus sampai airnya berkurang jadi tinggal satu gelas aja. Abis itu, kamu minum deh airnya. Simple, kan? Nggak apa-apalah pahit sedikit, yang penting kesehatan tubuhmu terjaga!

  1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang bisa dimanfaatkan sebagai obat. Kurkumin ini membuat kunyit mempunyai sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Kunyit nggak cuma bisa membantu untuk melancarkan siklus haid aja, tapi juga bisa membuat hormon dalam tubuh jadi seimbang dan meredakan nyeri haid.

Untuk melancarkan haid, kamu bisa minum jamu kunyit secara rutin. Atau kamu juga bisa mencampur seperempat sendok teh kunyit bubuk dan madu sebagai pemanis alami. Minum ramuan ini setiap hari selama beberapa minggu menjelang periode haid kamu.

  1. Air kelapa hijau

Nggak cuma rasanya aja yang enak, tapi air kelapa hijau ternyata juga bisa melancarkan haidmu, lho. Air kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, dan anti virus untuk melawan berbagai masalah kesehatan. Nggak cuma itu, air kelapa hijau juga mengandung banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan.

  1. Jahe

Jahe mengandung minyak atsiri, vitamin A, B2, C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin. Semua kandungan ini bermanfaat banget buat menjaga kesehatan tubuh, melancarkan haid, dan mengatur siklus haid kamu. Kamu cukup merebus satu sendok makan jahe segar selama 5 menit, lalu air rebusan jahenya kamu tambahkan madu atau gula pasir sedikit aja. Air rebusan jahe ini harus kamu minum secara rutin setiap hari, dan sebaiknya setelah makan ya, Girls!

  1. Pola hidup sehat

Cara yang benar-benar ampuh untuk melancarkan haid adalah ubah pola hidupmu menjadi lebih sehat! Kamu harus rajin mengonsumsi makanan yang bergizi, banyak minum air, rutin berolahraga, dan istirahat yang teratur. Tapi, nggak cuma itu aja lho, Girls! Kamu juga harus stop melakukan kebiasaan-kebiasaan jelek yang bikin hidupmu jadi nggak sehat. Misalnya, mengonsumsi minuman beralkohol, merokok, begadang, dan minum kopi terlalu banyak. Kamu tau nggak, ternyata semua kebiasaan itu sudah terbukti bisa mengganggu siklus haidmu lho. Lebih baik ditinggalkan sebelum terlambat kan, Girls?

  1. Jintan putih

Cara membuat ramuan dari jintan putih adalah dengan merendam dua sendok makan jintan putih selama semalam, lalu minum airnya di pagi hari. Sebaiknya, kamu minum air ramuan ini secara teratur setiap hari supaya siklus haid jadi lebih teratur.

  1. Kayu manis

Cara bikin ramuan kayu manis cukup simple kok! Kamu tinggal campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam satu gelas susu hangat. Abis itu, diaduk sampai larut dan diminum secara teratur. Ramuan kayu manis ini nggak cuma untuk melancarkan haid aja lho, tapi juga bisa membantu mengatasi rasa nyeri haid yang kamu alami, Girls! Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa kayu manis bisa menjadi cara melancarkan haid untuk PCOS.

So, gimana nih, Girls? Caranya gampang banget, kan? Kamu bisa pilih cara yang paling cocok buatmu. Karena semua tips di atas pastinya ampuh untuk melancarkan haidmu yang nggak teratur. Nggak cuma itu, tips-tips ini juga bisa dijadikan sebagai cara melancarkan haid setelah melahirkan lho, Girls! Mulai sekarang, lebih perhatikan kesehatan tubuhmu yuk!

Kamu punya cara lain yang berguna untuk melancarkan haid? Tulis yuk, di kolom komentar! Jangan lupa juga share tips ini ke teman-teman cewekmu, supaya mereka bisa mengatasi haidnya yang nggak teratur.

Related Articles

Adulthood
07 Oct 2019

3 Cara Atasi Heavy Flow Pas Lagi Menstruasi

Fyi nih, Girls, pada tahun pertama kamu mengalami menstruasi, biasanya darah menstruasi yang keluar ...
Adulthood
29 May 2019

7 Jenis Gangguan Perdarahan Menstruasi yang Sering Dialami Cewek

Kamu tau nggak, Girls, kalau aliran darah yang terjadi pas cewek lagi menstruasi, di dunia medis dik...
Adulthood
04 Oct 2019

Abis Olahraga, Kenapa Malah Keluar Darah?

Kalau ada bercak-bercak darah yang muncul di luar periode menstruasi pasti bikin kamu panik, betul n...