ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cara Melancarkan Haid yang Paling Ampuh!

Cara Melancarkan Haid yang Paling Ampuh!

Author: Tim Edukasi Laurier

14 Jun 2019

Cara Melancarkan Haid yang Paling Ampuh!

Haid tidak lancar atau terlambat pasti bakalan bikin cemas, iya nggak sih, Girls? Apalagi kalau kamu nggak haid sampai hampir tiga bulan, duh….pasti pikiranmu sudah pusing banget, deh! Tapi kamu tau nggak sih, Girls, sebenarnya siklus haid yang normal itu adalah 21 – 35 hari. Kalau umurmu sudah lebih dari 20 tahun, maka siklus haidmu akan teratur dengan sendirinya. Nah, kalau sudah lebih dari 20 tahun, tapi siklus haidmu masih belum teratur juga, bisa jadi disebabkan karena beberapa hal, yaitu:

  • Berat badan yang meningkat atau menurun pesat
  • Gangguan pola makan
  • Stres
  • Gejala awal terjadinya suatu gangguan di indung telur

Baca Juga: Kenapa, Sih, Haidku Tidak Lancar?

Kondisi seperti ini nggak boleh kamu anggap santai lho, Girls! Karena kalau keterlambatan haidmu sudah lebih dari tiga bulan, maka ada kemungkinan terjadi gangguan hormon, struktur pada rahim, atau gangguan fungsi pada ovarium. Oleh karena itu, kamu harus memenuhi asupan nutrisimu dengan baik, menghindari stres, dan rajin olahraga supaya siklus haidmu tetap teratur. Kamu juga bisa minum obat memperlancar haid di apotik agar darah haid keluar deras. Tapi, kamu harus mengonsumsinya sesuai saran yang dianjurkan pada kemasan obat tersebut, supaya nggak berdampak buruh untuk tubuhmu.

Nah, berikut ini juga ada beberapa cara alami dan cepat untuk melancarkan haidmu:

  1. Jus wortel

Wortel emang dikenal punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh. Wortel mengandung vitamin A, C, kalsium, dan besi yang bisa menjaga hormon-hormon dalam tubuh supaya nggak mengalami gangguan. Kalau kamu rajin minum jus wortel, dijamin pasti haidmu bakalan lancar! Tapi ingat ya, jangan terlalu banyak pakai gula, malah lebih baik lagi kalau kamu nggak pakai gula sedikitpun, Girls!

  1. Daun pepaya

Beberapa orang pasti nggak doyan sama daun pepaya karena rasanya yang pahit. Eh, tapi siapa sangka kalau ternyata daun pepaya punya banyak manfaat buat kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung banyak vitamin, yaitu A, B, C, D, dan E, serta kalsium. Semua kandungan ini bisa melancarkan siklus haidmu plus rasa nyeri yang kamu alami pas haid juga lho, Girls!

Cara membuatnya nggak ribet kok! Kamu cukup rebus daun pepaya dengan asam jawa dan garam, serta tambahkan dua gelas air mineral. Rebus sampai airnya berkurang jadi tinggal satu gelas aja. Abis itu, kamu minum deh airnya. Simple, kan? Nggak apa-apalah pahit sedikit, yang penting kesehatan tubuhmu terjaga!

  1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang bisa dimanfaatkan sebagai obat. Kurkumin ini membuat kunyit mempunyai sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Kunyit nggak cuma bisa membantu untuk melancarkan siklus haid aja, tapi juga bisa membuat hormon dalam tubuh jadi seimbang dan meredakan nyeri haid.

Untuk melancarkan haid, kamu bisa minum jamu kunyit secara rutin. Atau kamu juga bisa mencampur seperempat sendok teh kunyit bubuk dan madu sebagai pemanis alami. Minum ramuan ini setiap hari selama beberapa minggu menjelang periode haid kamu.

  1. Air kelapa hijau

Nggak cuma rasanya aja yang enak, tapi air kelapa hijau ternyata juga bisa melancarkan haidmu, lho. Air kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, dan anti virus untuk melawan berbagai masalah kesehatan. Nggak cuma itu, air kelapa hijau juga mengandung banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan.

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
01 Sep 2020

Sudahkah Kamu Membersihkan Vagina dengan Benar?

Vagina memang menjadi salah satu bagian tubuh yang perlu banget perhatian ekstra. Setiap hari pasti ...
Author: Tim Edukasi Laurier
28 Jun 2019

Konsumsi Kayu Manis Supaya Nggak Telat Menstruasi!

Girls, kamu pernah dengar tentang PCOS, kan? Dalam pertemuan International Federation of Fertility S...
Author: Tim Edukasi Laurier
30 Mar 2022

Risiko Melakukan Oral Seks yang Wajib Diketahui

Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa orang masih banyak yang melakukan oral seks sebelum melakukan h...