7 Panduan Makanan yang Bikin Organ Reproduksi Kamu Jadi Sehat!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

7 Panduan Makanan yang Bikin Organ Reproduksi Kamu Jadi Sehat!

7 Panduan Makanan yang Bikin Organ Reproduksi Kamu Jadi Sehat!

21 Jun 2019

7 Panduan Makanan yang Bikin Organ Reproduksi Kamu Jadi Sehat!

Girls, ternyata para peneliti di Inggris bilang kalau kadar hormon dalam tubuh seorang perempuan sangat dipengaruhi sama jenis makanan yang dikonsumsi. Kadar hormon bakalan nggak seimbang kalau unsur mineral dan vitamin tertentu nggak dipenuhi, dan hal ini bisa menyebabkan gangguan PMS yang serius.

Berikut ini adalah panduan makanan yang sebaiknya kamu konsumsi menjelang atau selama menstruasi, supaya kamu bisa mengontrol PMS dan jaga tubuhmu tetap sehat:

  • Susu, yoghurt dan brokoli, sebaiknya kamu konsumsi untuk menu sehari-sehari. Ketiga makanan ini mengandung kalsium yang tinggi. Kalsium dibutuhkan sama tubuh kamu untuk menyuplai estrogen. Kalau kamu nggak bisa konsumsi susu atau produk olahan susu, kamu bisa konsumsi produk fermentasi kedelai, seperti tahu dan tempe. Bahan makanan ini mengandung phytoestrogen; sejenis materi yang mirip sama estrogen yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

  • Roti gandum, buah dan sayuran segar. Ketiga makanan ini disarankan banget untuk dikonsumsi pas kamu lagi lapar, karena bisa mengurangi rasa lapar dan keinginan kamu buat ngemil yang sering banget muncul kalau lagi PMS.

  • Air. Saat menstruasi, tubuh perempuan bakalan kehilangan 80 ml darah. Jadi, minum air yang banyak sangat disarankan untuk ganti cairan tubuh yang hilang.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian. Keduanya mengandung magnesium tingkat tinggi, jadi bisa meredakan kembung yang kamu rasakan. Seorang perempuan disarankan untuk konsumsi 200 mg magnesium setiap harinya.

  • Alpukat, kuning telur dan hati. Mengandung vitamin E yang bisa jadi antioksidan dan berperan penting untuk sistem sirkulasi tubuh. Seorang perempuan perlu mengonsumsi 8 mg vitamin E setiap hari.

  • Kentang, pisang atau oatmeal. Semuanya kaya akan vitamin B6, yang membantu proses penguraian protein dan pembentukan sel darah merah. Para ahli menyarankan perempuan untuk mengonsumsi minimal 100 mg vitamin B6 per hari, karena bisa menurunkan ketegangan.

  • Jeruk dan buah-buahan segar lainnya diketahui mengandung cukup vitamin C dan zinc. Bermanfaat banget buat menjaga kesehatan sel telur dan seluruh sistem reproduksi kamu.

So, mulai sekarang jangan lupa untuk konsumsi makanan yang bikin tubuhmu tetap sehat pas menstruasi, ya, Girls!

Dari beberapa makanan di atas, mana yang paling sering kamu konsumsi pas lagi menstruasi? Tulis di kolom komentar, yuk! Share juga info ini ke teman-teman cewekmu, ya!

Related Articles

Adulthood
02 Oct 2019

Yuk, Rawat Gigi dan Gusimu Menjelang Menstruasi!

Girls, kamu tau nggak sih, ternyata naik turunnya kadar hormon reproduksi itu bisa mengganggu keseha...
Adulthood
28 Oct 2019

Aroma Darah Menstruasi Datangnya Dari Mana sih?

Aroma darah menstruasi itu berbeda dari darah biasa ya? Betul banget! Bukan karena itu darah kotor, ...
Adulthood
01 Nov 2019

5 Penyebab Iritasi Miss V Gampang Dialami Saat Menstruasi

Saat menstruasi, area kulit di sekitar miss V perlu perhatian ekstra lho, Girls! Memangnya kenapa? H...