Kisah Sepanjang Siklus Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kisah Sepanjang Siklus Menstruasi

Kisah Sepanjang Siklus Menstruasi

24 Sep 2019

Kisah Sepanjang Siklus Menstruasi

Kamu pasti udah tau arti dari siklus menstruasi kan, Girls? Yap! Siklus menstruasi adalah periode di antara hari pertama menstruasi saat ini, sampai hari pertama menstruasi selanjutnya. Selama periode itu, dari satu menstruasi ke menstruasi lain, ternyata terjadi peristiwa penting di dalam tubuhmu lho! Apa aja sih?

  1. Fase 1: Menstruasi. Tubuh mengeluarkan darah yang merupakan lapisan dalam dinding rahim yang nggak dibutuhkan.

Saat kamu mengalami menstruasi, selaput dinding dalam rahim – atau dikenal sebagai endometrium – akan luruh dan pelan-pelan keluar lewat saluran vagina. Luruhnya endometrium ini terlihat seperti aliran darah. Keluarnya rata-rata sebanyak 35 ml. Cairan ini sebenarnya adalah campuran darah, selaput dalam rahim, dan sel tubuhmu. Warnanya kadang bisa merah atau malah lebih gelap, dan bisa juga berupa darah cair atau gumpalan-gumpalan.

  1. Fase 2: Pra-ovulasi. Periode ini terjadi tepat setelah menstruasi selesai.

Pada fase ini, tubuh mempersiapkan sel telur matang untuk dibuahi, sehingga seorang cewek bisa hamil. Pada saat bersamaan, hormon estrogen membentuk endometrium.

  1. Fase 3: Ovulasi. Fase masa subur.

Setelah fase kedua selesai, otak akan mengirimkan sinyal ke ovarium untuk memerintahkan salah satu ovarium melepaskan sel telur matang.

  • Awalnya, sel telur melewati saluran telur atau dikenal sebagai tuba fallopi menuju ke rahim.
  • Pada saat yang bersamaan, selaput dinding dalam rahim terbentuk dan menebal karena pengaruh hormon progesteron. Nantinya ini sebagai tempat pertumbuhan embrio, kalau sel telur dibuahi sama sel sperma.
  1. Fase 4: Luteal. Periode sebelum terjadinya menstruasi.

Kalau kamu berusia produktif, tapi nggak hamil dan nggak terjadi pembuahan sel telur oleh sel sperma, maka rahimmu akan membersihkan diri. Artinya, melepaskan jaringan yang semula disiapkan untuk kehamilan itu.

Pada fase ini, kadar hormon estrogen dan progesteron berubah-ubah, sehingga semua sistem dan organ tubuhmu melakukan penyesuaian. Inilah yang menyebabkan kamu mengalami berbagai gejala PMS, Girls. Kondisi ini wajar banget, dan bukan termasuk sebagai penyakit ya!

Nah, sekarang udah lebih jelas kan? Ternyata setiap cewek itu bakal mengalami empat fase berbeda di sepanjang siklus menstruasinya ya, Girls! Pastinya mulai sekarang kamu jadi bisa mengira-ngira deh, lagi ada di fase apa. Iya kan?

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka juga bisa baca info ini!

Related Articles

Adulthood
06 Sep 2019

Nyeri Hebat Udah Pasti Endometriosis? Belum Tentu lho!

Girls, nyeri dan kram perut memang gejala umum yang dialami sama cewek menjelang atau pas lagi menst...
Adulthood
14 Jun 2019

Manfaatkan Menstruasimu, yuk!

Biasanya cewek itu bakal merasa nggak nyaman kalau lagi menstruasi. Benar nggak, Girls? Eits, tapi s...
Adulthood
16 Jul 2019

Flu atau Bukan ya?

Menjelang menstruasi, cukup banyak cewek yang mengeluh bahwa mereka jadi gampang sakit. Salah satuny...