Siapkan 4 Catatan Ini Sebelum Periksakan Nyeri Menstruasi ke Obgyn
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Siapkan 4 Catatan Ini Sebelum Periksakan Nyeri Menstruasi ke Obgyn

Siapkan 4 Catatan Ini Sebelum Periksakan Nyeri Menstruasi ke Obgyn

13 Sep 2019

Siapkan 4 Catatan Ini Sebelum Periksakan Nyeri Menstruasi ke Obgyn

Girls, nyeri dan kram itu sebenarnya bagian dari menstruasi yang normal lho. Kondisi ini menandakan otot perutmu berkontraksi secara intens untuk mengeluarkan darah dari dalam rahim. Biasanya, nyeri dan kram bakal berkurang dengan cara mengonsumsi obat pereda nyeri menstruasi. Atau kamu juga bisa memakai kompresan panas untuk merelaksasi otot-ototmu, sehingga ketegangan otot berkurang dan nyeri pelan-pelan bakal mereda.

Tapi kalau nyeri nggak berkurang sama sekali, dan malah semakin menjadi-jadi, sebaiknya kamu langsung konsultasi ke dokter ya! Kamu juga harus kasih tau info yang lengkap tentang kondisimu, supaya dokter bisa membantu menganalisa kondisimu dengan baik. Hmm….apa aja sih, info yang harus dikasih tau ke dokter?

  • Data tanggal hari pertama menstruasi dua kali berurutan, misalnya kalau sekarang bulan April, berarti yang dibutuhkan adalah data tanggal yang bertepatan sama hari pertama menstruasimu di bulan Maret dan data tanggal yang bertepatan sama hari pertama menstruasimu di bulan Februari.
  • Catatan tentang aliran darah menstruasi yang terjadi. Misalnya, apakah lebih banyak atau justru lebih sedikit dari kondisi normal.
  • Data tentang nyeri menstruasi yang terjadi. Misalnya, apakah teratur setiap menstruasi, atau justru nggak teratur? Apakah nyeri yang dialami lebih parah dibanding biasanya?
  • Info tentang kondisi kesehatan diri. Misalnya, apa kamu pernah mengalami stres atau perubahan berat badan yang drastis? Ada nggak obat-obatan yang dikonsumsi? Apa kamu mengalami gangguan kesehatan tertentu, atau risiko gangguan penyakit seksual menular?

Nah, sekarang kamu udah paham kan, Girls, apa aja yang harus dikasih tau ke dokter saat mau berkonsultasi? So, supaya nggak lupa, kamu harus mencatat berbagai gejala yang menyertai rasa nyerimu, sehingga kamu bisa memberikan data yang akurat. Catatan ini pasti akan membantu dokter untuk mendiagnosa nyeri dan kram yang kamu rasakan sampai tuntas. Mulai sekarang jangan lupa mencatat apapun yang kamu alami pas menstruasi ya!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles

Adulthood
29 Mar 2022

Mengenal Feromon, Hormon yang Menandakan Masa Subur Wanita

Nafsu atau hasrat seksual wanita bisa dilihat atau diatur dari siklus menstruasi. Mengapa demikian? ...
Adulthood
17 Sep 2019

Tekan 3 Titik Ini Biar Nyeri Menstruasimu Hilang!

Girls, kamu pasti udah tau kan, kalau nyeri menstruasi adalah gejala yang dirasakan akibat kram otot...
Adulthood
18 Jul 2019

Kok, Ada Bercak Cokelat?

Girls, kamu pernah nggak sih, melihat bercak kecokelatan keluar, padahal udah beberapa hari selesai ...