Selalu Seret ASI Saat Menstruasi, Kenapa sih?
ask dr laurier

Selalu Seret ASI Saat Menstruasi, Kenapa sih?

Selalu Seret ASI Saat Menstruasi, Kenapa sih?

15 Mar 2020

Selalu Seret ASI Saat Menstruasi, Kenapa sih?

Ternyata pada masa menyusui, produksi ASI bisa berkurang dari biasanya saat lagi menstruasi lho! Moms, menyadari kondisi ini nggak? Mungkin kalau kamu menyusui sang buah hati langsung dari payudara, kondisi ini pasti bakal susah disadarinya. Tapi, saat kamu lagi memompa ASI, pasti ini akan terlihat jelas. Kamu bisa melihat bahwa ASI yang ada di dalam botol, jumlahnya akan lebih sedikit dibandingkan saat kamu lagi nggak mengalami menstruasi.

Hmm….kira-kira kenapa ya, hal ini bisa terjadi? Siklus menstruasi sebenarnya memang bisa memengaruhi produksi ASI, Moms. Saat menstruasi, hormon-hormon dalam tubuhmu secara otomatis akan mengalami perubahan. Nah, salah satu dari hormon tersebut adalah estrogen.

Sayangnya, hormon estrogen bisa menyebabkan produksi ASI mengalami pengurangan. Sehingga pada saat menstruasi, jumlah ASI yang diproduksi olehmu akan menjadi lebih sedikit dibandingkan biasanya. Eits, tapi nggak perlu khawatir, Moms! Karena kondisi ini cuma terjadi selama beberapa hari aja kok. Keep calm!

Selain dipengaruhi sama hormon estrogen, jumlah produksi ASI juga bisa dipengaruhi sama beberapa hal lain. Di antaranya mood swing, rasa nyeri pada bagian puting payudara, dan sakit atau nyeri pada bagian tubuh tertentu. Ketiga hal ini juga bisa memengaruhi jumlah ASI karena akan membuatmu cepat merasa lelah dan kesulitan saat menyusui.

Selain jumlah ASI, menstruasi ternyata juga bisa memengaruhi rasa ASI lho! Nggak percaya, Moms? Saat menstruasi, kadar natrium dan klorida di dalam ASI akan mengalami peningkatan. Tapi sebaliknya, kadar kalium dan laktosa (gula pada susu) justru akan menurun. Nah, hal inilah yang menyebabkan rasa ASI akan berubah jadi lebih asin dan kurang manis dibanding biasanya. Unik banget nggak sih, Moms?

Biar kamu nggak khawatir dengan jumlah ASI yang berkurang saat menstruasi, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi kondisi ini kok. Apa aja ya?

  1. Konsumsi makanan atau minuman yang bisa meningkatkan produksi ASI. Makanan dan minuman yang mengandung oat, fenugreek, dan kacang almond diketahui bisa meningkatkan produksi ASI, terutama saat menstruasi. Tapi, kamu juga tetap harus mengonsumsi makanan lainnya yang kaya akan nutrisi untuk kesehatan tubuhmu.
  2. Ubah pola makan. Pola makan ternyata juga bisa memengaruhi jumlah ASI yang diproduksi lho, Moms. Sebaiknya, pilihlah makanan yang banyak mengandung zat besi seperti daging merah, dan sayuran berdaun hijau.
  3. Perbanyak asupan cairan. Minum air putih adalah salah satu kewajiban penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kamu harus selalu mencukupi kebutuhan cairan setiap hari dengan selalu meminum air putih sebelum dan sesudah menyusui atau memompa ASI. Hal ini dilakukan supaya asupan cairan dalam tubuhmu tetap terjaga.
  4. Konsumsi suplemen. Kalau kamu mengalami pengurangan ASI dalam jumlah banyak selama menstruasi, sebaiknya minumlah suplemen kalsium dan magnesium sebelum dan selama menstruasi berlangsung. Suplemen ini diketahui bisa meningkatkan kembali jumlah produksi ASI.
  5. Pijat payudara. Sebelum menyusui atau memompa ASI, lakukan sedikit pijatan pada payudaramu. Kamu bisa memakai essential oil dengan aroma yang kamu sukai supaya merasa lebih relaks dan nyaman. Kalau kamu udah merasa relaks dan nyaman, maka jumlah ASI pasti bisa meningkat kembali.

Nah, sekarang udah tau kan, apa penyebab ASI seret saat menstruasi? Mulai sekarang nggak usah panik dan khawatir ya, Moms! Lakukan aja cara-cara di atas supaya produksi ASI bisa segera meningkat kembali seperti biasa.

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka nggak merasa panik dan khawatir saat mengalami kondisi ini! ‘Cause sharing is caring, Moms!

Related Articles
Motherhood
28 Sep 2021

3 Tips Mudah untuk Mempercepat Masa Nifas

Proses keluarnya darah selama masa nifas adalah hal yang normal. Hal ini karena nifas merupakan meka...
Motherhood
11 Nov 2021

Mengenal Diafragma, “Kondom” untuk Perempuan

Kondom merupakan salah satu kontrasepsi yang terbuat dari bahan sejenis karet yang dipakaikan pada a...
Motherhood
20 May 2019

Nggak Usah Bingung, Lakukan Hal ini Ketika Anak Perempuanmu Menstruasi!

Setelah jadi orang tua, ada momen-momen yang terkadang membuat bingung, dulu mungkin menyikapi tingk...