Awas, TBC Beri Dampak Buruk Saat Hamil!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Awas, TBC Beri Dampak Buruk Saat Hamil!

Awas, TBC Beri Dampak Buruk Saat Hamil!

09 Oct 2020

Awas, TBC Beri Dampak Buruk Saat Hamil!

Hi, Moms! Tau kan apa itu TBC? Tuberculosis atau yang biasa kita kenal dengan TBC adalah penyakit paru-paru yang diakibatkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Gejala TBC berupa batuk disertai dahak dan terkadang mengeluarkan darah. Gejala batuk ini biasanya berlangsung lebih dari 3 minggu loh Moms! Eits jangan salah Moms, selain paru-paru, kuman TBC juga bisa menyerang tulang, usus atau kelenjar. Penularannya bisa melalui percikan ludah yang keluar saat berbicara, batuk ataupun bersin. Biasanya, penyakit ini lebih rentan terhadap orang yang kekebalan tubuhnya rendah, misalnya penderita HIV. Ini sekilas tentang TBC, gejala dan penularannya.

Nah, Moms tau ga sih apa aja dampak TBC saat hamil? Ternyata TBC saat hamil itu berdampak buruk bukan hanya ke ibu hamil loh, tapi juga ke kondisi Kesehatan calon baby nih. Kok bisa ya pengaruh ke baby? Apa aja sih dampak buruknya untuk janin? Simak yuk penjelasan lengkapnya.

1. Congenital Tuberculosis atau TBC Bawaan

TBC bawaan itu bisa terjadi karena dua hal. Penularan dari ibu ke janin melalui inhalasi dari tubercle bacilli dan melalui plasenta. Penyebaran melalui tubercle bacilli itu terjadi saat proses persalinan loh Moms. Selama proses persalinan, limfohematogen atau endometritis ibu itu dapat menyebar ke tubercle bacilli dan menginfeksi bayi yang baru lahir. Nah, kalau proses penularan melalui plasenta itu terjadi ketika hematogen ibu menyebar melalui vena umbikalis dan menginfeksi plasenta. Jadi karena ibu mengidap TBC saat hamil, janin atau bayi baru lahir bisa mengidap TBC juga loh! 

2. Kematian Bayi dan Komplikasi Lainnya

Ibu yang mengidap TBC juga bisa menyebabkan janin atau bayi meninggal ataupun memiliki komplikasi lainnya. Beberapa peneliti di dunia telah melakukan penelitian terhadap angka kematian bayi akibat TBC. Hasilnya cukup beragam. Ada satu penelitian yang mengatakan 38% bayi dari 29 kasus ibu pengidap TBC meninggal dunia. Ada juga yang menyimpulkan hanya 1 bayi yang meninggal akibat pneumonia dari 38 ibu pengidap TBC. Bayi atau janin yang mengidap TBC juga meningkatkan risiko distress pada janin, berat badan lahir rendah, dan prematur.

Sekarang paham kan Moms proses gimana baby bisa terinfeksi TBC dan dampak buruk lainnya? Yuk, mulai lebih waspada dengan melakukan tes Mantoux, tes darah ataupun tes sinar-x dada sebelum hamil.  Moms tentunya ga mau dong, baby yang ditunggu-tunggu selama sembilan bulan ternyata mengidap TBC? Be aware, Moms!

Share info penting ini ke orang-orang terdekatmu ya, biar mereka lebih banyak tau tentang dampak buruk TBC saat hamil!

Related Articles

Motherhood
01 Sep 2020

Yuk, Kenalan Lebih Dekat dengan Mastitis!

Pernah mendengar tentang mastitis nggak, Moms? Mastitis adalah peradangan pada jaringan payudara yan...
Motherhood
21 Jul 2021

Darah Menstruasi Jadi Banyak Saat Menghadapi Anak TantrumĀ 

Hai, Bunda! Kamu pernah mengalami anak menangis, merengek sesuatu, berteriak histeris, hingga guling...
Motherhood
27 Sep 2022

USG saat Promil dan Kehamilan, Perlukah?

USG (Ultrasonografi) memang perlu dilakukan, baik pada saat program hamil (promil) maupun kehamilan....