Teknik Pernapasan untuk Bantu Mengatasi PMS yang Bikin Stres
ask dr laurier

Teknik Pernapasan untuk Bantu Mengatasi PMS yang Bikin Stres

Teknik Pernapasan untuk Bantu Mengatasi PMS yang Bikin Stres

11 Jan 2021

Teknik Pernapasan untuk Bantu Mengatasi PMS yang Bikin Stres

 Salah satu gejala PMS yang kerap dialami perempuan adalah emosi yang fluktuatif atau mood yang enggak stabil. Hal ini kadang bisa jadi cukup mengganggu, terutama kalau kamu sendiri juga sedang banyak pikiran atau kegiatan. Tak jarang stres pun datang ketika masalah sehari-hari dan gejala PMS dibiarkan terakumulasi. 

 Jika sudah begitu, sebaiknya kamu segera tenangkan diri. Jangan terlalu larut dalam gejala PMS hingga membiarkannya mengendalikan pikiran serta perasaanmu. Bagaimana pun juga, kamu perlu mengendalikannya supaya aktivitas tak terganggu dan tak timbul masalah baru. 

Banyak cara bisa kamu coba untuk mengatasi PMS yang bikin stres. Cara paling mudah adalah mengatur napas sesuai dengan teknik pernapasan tertentu. Supaya lebih mudah, berikut Laurier rangkum contoh teknik pernapasan yang bisa membantumu jadi lebih rileks. Beberapa di antaranya bisa kamu lakukan kapan saja, di mana saja, dan sambil melakukan apa saja. 

Mengatasi PMS yang Bikin Stres dengan Teknik Pernapasan Resonant

Teknik pernapasan untuk mengatasi stres akibat PMS yang paling sederhana adalah teknik pernapasan resonant. Tariklah napas seperti biasa selama lima hitungan. Kemudian, buang napas dengan cara biasanya selama lima hitungan pula. 

Mengatasi PMS yang Bikin Stres dengan Teknik Pernapasan Pursed Lip

Teknik pernapasan pursed lip mirip seperti bersiul. Caranya, katupkan kedua bibir dan tariklah napas melalui hidung selama dua hitungan. Kemudian, kerucutkan bibirmu dan biarkan napasmu keluar melalui mulut selama empat hitungan. 

Mengatasi PMS yang Bikin Stres dengan Teknik Pernapasan Dalam

Teknik pernapasan dalam bisa kamu lakukan dalam posisi berdiri ataupun duduk. Caranya, bukalah dada atau buat dadamu sedikit mengembang dengan tarik kedua siku agak ke belakang. Kemudian, tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Tahan napas selama lima hitungan, lalu keluarkan kembali melalui hidung. 

Mengatasi PMS yang Bikin Stres dengan Teknik Pernapasan Humming Bee (Bhramari)

Teknik pernapasan humming bee dilakukan dengan membuat suara berdengung seperti lebah. Caranya, pejamkan kedua mata sambil menarik napas seperti biasa. Kemudian, buanglah napas sambil menekan tulang rawan kecil yang ada di depan lubang telinga dengan jari telunjuk dan membuat suara menggumam dari bibir yang terkatup.

Mengatasi PMS yang Bikin Stres dengan Teknik Pernapasan Singa (Simhasana)

Kamu juga bisa mencoba meredakan stres akibat PMS dengan melakukan teknik pernapasan yang membuatmu mengeluarkan suara mengaum seperti singa. Caranya, duduk dan letakkan telapak tangan di atas lutut dalam posisi terbuka. Kemudian, tariklah napas yang dalam sambil membuka mata lebar-lebar dan menekan telapak tangan ke lutut. Jika sudah, buang napas dengan membuka mulut dan menjulurkan lidah ke arah dagu sambil mengeluarkan suara "haaa" panjang. 

Mengatasi PMS yang Bikin Stres dengan Teknik Pernapasan Diafragma

Teknik pernapasan yang satu ini membutuhkan alat bantu berupa bantal. Caranya, berbaringlah dalam posisi terlentang dengan kepala di atas bantal. Kemudian, tekuk kedua lutut, letakkan tangan kanan di atas dada, dan letakkan tangan kiri di perut supaya kamu bisa merasakan gerakan diafragma. Jika sudah, mulailah menarik napas melalui hidung dan kerucutkan bibir untuk mengeluarkannya. Teknik pernapasan diafragma yang kamu lakukan benar atau berhasil apabila bagian dada atasmu tetap diam. Jadi, cobalah untuk melakukannya sambil menjaga dada bagian atas tetap diam. 

Teknik pernapasan mana yang paling nyaman untukmu, Girls? Jangan lupa lakukan teknik pernapasan tersebut secara berulang, setidaknya selama lima menit, supaya kamu bisa benar-benar merasakan manfaatnya. Jika sudah terbiasa, kamu juga sangat boleh memperpanjang durasi teknik pernapasan yang kamu suka. 

Supaya pikiranmu tetap rileks dan tenang selepas PMS, Laurier juga menyarankan kamu untuk menghindari hal-hal yang bisa memicu stres. Pilihlah pembalut menstruasi yang punya daya serap baik agar kamu tidak harus khawatir "bocor" atau "tembus" setiap waktu. Untuk itu, kamu bisa mengandalkan pembalut Laurier yang telah teruji memenuhi Standar Nasional Indonesia dan memiliki nomor registrasi Kemenkes RI. Pembalut Laurier pasti aman dan nyaman sehingga kamu bisa tenang beraktivitas seharian!   

Related Articles
Healthy Mind
15 Nov 2019

Beat the Bad Mood

Di usia remaja, salah satu hal yang sering banget dialami adalah perubahan mood. Setuju nggak, Girls...
Healthy Mind
14 Nov 2019

Sahabat Dibenci? What Should I Do?

Sahabatmu pernah membuat banyak orang kesal karena sesuatu yang dilakukannya? Pasti sebagai salah sa...
Healthy Mind
06 Nov 2019

Pacar VS Sahabat

Bingung…bingung…binguuung! Yang satu ngajak nge-date, eh…yang lainnya juga ngaj...