ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Fobia yang Bikin Takut Berhubungan Seksual

4 Fobia yang Bikin Takut Berhubungan Seksual

Author: Tim Edukasi Laurier

11 Sep 2023

4 Fobia yang Bikin Takut Berhubungan Seksual

Fobia ketinggian, fobia gelap, atau fobia makanan tertentu. Kamu pasti sudah sering mendengarnya, kan? Namun, tahukah kamu kalau ternyata ada juga lho orang yang fobia terhadap hubungan seksual? Kok bisa ya? Yuk, cari tahu lebih lanjut!

4 Fobia Takut Berhubungan Seksual

Bagi sebagian orang, melakukan hubungan seks adalah hal yang menyenangkan. Apalagi, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa didapat dengan melakukan hubungan seks. Namun, hal ini tidak berlaku bagi penderita 4 fobia berikut ini:

  1. Genophobia

Genophobia adalah ketika seseorang merasakan takut berlebihan saat harus berhubungan intim atau melakukan seks. Orang dengan genophobia masih bisa menikmati kedekatan sebatas pelukan, tetapi ketika harus berhubungan intim, mereka akan menunjukkan kecemasan berlebihan. Rasa cemas tersebut bahkan juga bisa muncul meskipun hanya membayangkannya saja.

  1. Haphephobia

Haphephobia adalah kondisi di mana seseorang merasa takut berlebihan oleh sentuhan. Seseorang dengan haphephobia akan menghindari sentuhan tidak hanya dari orang asing saja, tetapi juga dari teman bahkan keluarganya. Pada beberapa orang, haphephobia dapat membuat seseorang takut disentuh secara spesifik oleh satu gender.

Baca Juga: 10 Manfaat Berhubungan Seks: Bisa Lancarkan Siklus Menstruasi!

  1. Gymnophobia

Gymnophobia adalah kondisi di mana seseorang takut saat harus telanjang. Seseorang dengan gymnophobia akan merasa ketakutan ketika harus membuka pakaiannya di depan orang lain, siapapun orangnya.

  1. Philematophobia

Philematophobia atau philemaphobia adalah ketakutan akan ciuman. Baru membayangkan harus berciuman dengan seseorang saja sudah bisa menimbulkan rasa panik dan cemas berlebihan.

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
14 Jun 2019

Tips Biar Bisa Ngobrol Akrab Bareng Keluarga

Pasti kamu senang banget kan, kalau pas Lebaran bisa kumpul bareng sama keluarga besar? Tradisi seti...
Author: Tim Edukasi Laurier
21 Jun 2019

Beda? Kenapa Nggak?

Punya banyak  pasti seru banget kan, Girls? Apalagi kalau punya teman se-geng yang kompak dan k...
Author: Tim Edukasi Laurier
20 Nov 2019

Beradaptasi dengan Anggota Keluarga Baru

Kalau kakakmu menikah, pasti akan ada anggota keluarga baru nantinya kan? Atau mungkin orang tuamu y...