4 Step Biar Ortu Mendukung Pilihanmu
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Step Biar Ortu Mendukung Pilihanmu

4 Step Biar Ortu Mendukung Pilihanmu

14 Nov 2019

4 Step Biar Ortu Mendukung Pilihanmu

Berbicara tentang masa depan, pastinya kamu udah punya cita-cita kan, Girls? Mungkin kamu udah membayangkan kehidupan sendiri di masa itu. Kira-kira akan bekerja menjadi apa, atau akan kuliah di jurusan apa untuk membekali diri mewujudkan cita-cita itu. Eh, tapi gimana kalau rencana dan cita-citamu itu ditentang ortu? Waduuuh....jangan langsung putus asa ya, Girls. Kamu bisa melakukan beberapa hal ini, supaya membuat ortumu yakin kalau kamu serius dan bertanggung jawab pada pilihanmu itu.

  • Pahami latar belakang

Cari tau dulu alasan ortu nggak setuju sama rencana dan pilihan pekerjaan atau jurusanmu. Bisa jadi karena ortu nggak melihat keseriusan atau bakatmu yang berhubungan sama pilihan dan rencanamu itu. Ortu takut kalau kamu cuma sesaat menyukai bidang itu. Ingat lho, nggak ada ortu yang mau anaknya sulit. Betul kan, Girls?

  • Info lengkap

Sebelum masuk kuliah atau menentukan pilihan studi, cobalah mencari informasi yang lengkap. Cari tau semua hal tentang pilihan studi dan jenis pekerjaan tersebut. Mulai dari cara mendapatkannya sampai orang-orang yang sukses di bidang tersebut. Kalau kamu udah punya informasi, pastinya bisa menjawab semua keraguan ortu.

  • Ajak ortu sharing

Sekali lagi ingat, bahwa nggak ada orang tua yang mau anaknya gagal. Inilah yang mendasari tindakan ortumu nggak setuju sama pilihan studi atau rencana dan cita-citamu. Makanya daripada bertentangan, cara yang paling pas adalah mengajak ortu sharing dan berdiskusi. Siapa tau mereka punya pendapat penting dan berguna untuk pilihanmu. Ajak ortu melihat kampus pilihanmu, misalnya. Kalau ortu melihatmu bersungguh-sungguh, mereka mungkin bisa berubah pikiran, dan berbalik mendukungmu.

  • Bantuan pihak ketiga

Kalau semua langkah di atas udah dilakukan, dan ortu masih nggak setuju sama rencana masa depanmu, maka carilah pihak ketiga yang bisa memberikan pendapat objektif. Mislanya, ahli di bidang pendidikan, atau seseorang yang udah lebih dulu mendalami pekerjaan atau studi yang kamu inginkan.

Mungkin memang nggak gampang merayu dan meyakinkan ortu atas apa yang udah kamu rencanakan di masa depan. Tapi, nggak ada salahnya kamu mencoba steps di atas kan? Kalau kamu memang kelihatan menyukai bidang tersebut dan bersungguh-sungguh dalam menjalaninya, pasti ortumu akan memberi dukungan terbaiknya kok. Fighting, Girls! Ingat, di mana ada kemauan, pasti di situ ada jalan!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu yang lain, biar mereka juga tau tips-tips di atas!

Related Articles

Healthy Mind
13 Nov 2019

Sahabatku Suka dengan Pacarku, Aku Harus Apa?

Girls, selama kamu hidup, pasti kamu memiliki seseorang yang selama ini selalu bersamamu dan yang se...
Healthy Mind
17 Dec 2019

Jangan Jadi Follower dong!

Punya sahabat dekat memang menyenangkan, apalagi kalau udah nemu yang sejiwa alias soulmate. It'...
Healthy Mind
16 Dec 2019

Cari Teman di Sekolah Baru

Nggak semua orang gampang mendapatkan teman baru lho, Girls! Apalagi kalau kamu termasuk orang yang ...