Jangan Jadi Follower dong!
ask dr laurier

Jangan Jadi Follower dong!

Jangan Jadi Follower dong!

17 Dec 2019

Jangan Jadi Follower dong!

Punya sahabat dekat memang menyenangkan, apalagi kalau udah nemu yang sejiwa alias soulmate. It's really a rare gift! Kemana-mana bareng, bisa ngegosip sampai pagi di telepon, bebas curhat tanpa takut dinilai macam-macam, tapi siap juga dimarahin kalau kamu bandel. Pokoknya bikin kamu nggak pernah merasa sendirian di dunia deh! There's almost nothing bad about it, unless...kamu jadi tergantung sama dia!

Tergantung yang kayak gimana sih? Kamu jadi nggak mandiri dan kehilangan identitas. Nggak mandiri karena semua mau dilakukan berdua. Kalau dia nggak ikutan, kamu juga batal ikut. Bahayanya, semua keputusan yang dia ambil, bisa-bisa kamu ikuti juga. Kamu jadi nggak berani melakukan sesuatu kalau dia nggak ada.

Kamu juga jadi kehilangan identitas karena nggak pernah kelihatan sendirian, sampai orang pun menganggap kamu dan sahabatmu adalah saling ketergantungan. Nggak mungkin ada yang satu, tanpa ada yang lain. Nggak asik kan?

Salah satu efek paling negatif dari ketergantungan sama teman adalah jadi posesif. Kamu sepertinya nggak rela kalau dia punya aktivitas lain yang nggak melibatkan kamu, punya teman lain, apalagi punya pacar! Ada rasa jealous itu wajar, tapi kalau udah sampai melarang bahkan marah, berarti kamu punya masalah ketergantungan nih.

Coba bayangkan kalau kamu atau dia harus pindah sekolah. Kamu pasti bakal depresi berat karena kehilangan dia yang selalu ada buat kamu, yang selalu siap membantu dan membuat keputusan, sehingga kamu akhirnya malah menutup diri dari orang lain. Padahal sahabat yang baik adalah yang bisa membuatmu merasa tetap dekat walaupun berjauhan.

Salah satu cara paling jitu biar nggak saling ketergantungan adalah cari kegiatan atau kesibukan yang berbeda. Kalau memang di sekolah udah seharian bareng, terus ikutan ekskul yang sama juga, gimana kalau kamu cari les lain di luar sekolah? Misalnya les bahasa, les musik atau bimbel. Kamu juga jadi punya dunia baru yang berbeda sama sahabatmu. So, kamu nggak bisa sepenuhnya mengandalkan keputusan dia lagi deh.

Perluas pergaulanmu dengan mengikuti komunitas yang seru-seru tanpa sahabatmu. Cobalah untuk berani meskipun dia nggak ikut dan nggak ada di sampingmu. Selain bakal membuka wawasanmu, ini juga bikin kamu nggak tergantung terus sama sahabat. Iya kan?

Kamu harus punya sedikitnya 5 teman dekat yang berbeda untuk fungsi yang berbeda juga, Girls. Misalnya, yang satu jadi teman curhat, yang satu bisa bikin kamu ketawa, yang satunya lagi teman hangout yang ‘freak’, dan yang lainnya. Jadi, saat yang satu nggak ada, kamu tetap punya yang lain. Masih ada satu lagi cara yang paling ampuh nih, cari pacar! Eits, tapi jangan sampai ketergantungannya jadi pindah ke pacar ya, Girls!

Kamu pernah merasa ketergantungan sama sahabatmu nggak? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar yuk! Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu yang lain ya!

Related Articles
Healthy Mind
06 Aug 2019

Teman Baru di Sekolah Baru

Udah mulai masuk sekolah lagi nih, kamu udah punya teman baru belum, Girls? Biar nggak lama-lama ber...
Healthy Mind
06 Nov 2019

Strategi Biar Nggak Sering Berantem Sama Pacar

Berantem sama pacar itu bukannya nggak boleh, Girls. Justru boleh aja kok, selama berantem itu produ...
Healthy Mind
13 Dec 2019

Bebas Stres Hadapi UAS

Udah kebayang bakalan seru liburan sama teman-teman, setelah UAS selesai? Stooop! Jangan buat pengal...