ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Demisexual: Apa Itu dan Bagaimana Tandanya?

Demisexual: Apa Itu dan Bagaimana Tandanya?

10 Oct 2023

Demisexual: Apa Itu dan Bagaimana Tandanya?

Kamu pasti tahu heterosexual, kan, Girls? Ya, orientasi seksual yang mengacu pada ketertarikan seksual atau emosional pada lawan jenis. Sebagai contoh, seorang pria tertarik pada seorang wanita, begitu pun sebaliknya. Selain heterosexual, tahukah kamu, masih ada orientasi seksual lainnya yang ternyata juga dialami oleh sebagian orang, loh.

Namanya adalah demisexual. Apa itu dan bagaimana tandanya kalau seseorang mengalami kondisi ini? Yuk, cari tahu lebih lanjut!

Definisi Demisexual

Mengutip dari laman Cleveland Clinic, demisexual diartikan sebagai orientasi seksual ketika seseorang merasa kesulitan jatuh cinta pada lawan jenisnya. Biasanya, mereka hanya akan merasakan ketertarikan seksual pada seseorang setelah memiliki ikatan emosional yang kuat dengan orang tersebut.

Orang yang berorientasi demisexual ini biasanya tidak akan dapat merasakan cinta ketika pertama kali bertemu atau melihat pada pandangan pertama. Mereka umumnya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk merasakan hubungannya cukup erat sehingga mampu menyentuh sisi emosionalnya.

Baca Juga: Apa Itu Hypersexual Disorder, Berikut Tanda dan Cara Pencegahannya!

Namun, ikatan emosional tersebut tidak hanya berupa cinta, melainkan juga hubungan persahabatan, dan lain sebagainya. Lantas, apa yang membuat seseorang mengalami demisexual? Layaknya heterosexual, maka alamiah bila seseorang mengalami kondisi ini dan tidak ada hal khusus yang menjadi pemicunya. Sederhananya, karena kebanyakan orang terlahir dengan orientasi seksual tertentu, termasuk itu demisexual.

Related Articles

Healthy Mind
24 May 2019

Kenapa sih, Aku Selalu Dibandingkan Sama Ortu?

Kamu pasti suka bete kan, kalau ortu ngebandingin kamu sama kakak atau adik? Kamu jadi merasa nggak ...
Healthy Mind
18 Jun 2021

Hati-hati, Kesehatan Mental Bisa Berdampak ke Siklus Menstruasi

Bicara kesehatan, kita biasanya cuma fokus ke masalah-masalah yang berhubungan dengan kondisi fisik....
Healthy Mind
10 Dec 2019

Nggak Klop Sama Teman Kerja Kelompok

Memang nggak semua teman cocok untuk diajak bekerja sama, Girls. Tapi mau gimana lagi, kalau guru ud...