Lebih Akrab Sama Payudara
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Lebih Akrab Sama Payudara

Lebih Akrab Sama Payudara

02 Dec 2019

Lebih Akrab Sama Payudara

Girls, kamu pasti udah tau kan, apa itu payudara? Payudara atau nama latinnya Mamma adalah organ tubuh yang berada di bagian dada atas perempuan. Fungsi utama payudara adalah memproduksi ASI untuk kebutuhan nutrisi bayi saat kamu melahirkan. Payudara mulai tumbuh kalau kamu udah memasuki masa puber. Proses pertumbuhan payudara membutuhkan waktu 3 - 5 tahun untuk mencapai ukuran akhir. Biasanya, ukuran dan bentuk payudara sangat ditentukan dari faktor genetis, jadi payudaramu akan mirip dengan ibu dan saudara perempuanmu, Girls.

Payudara adalah salah satu organ tubuh yang sangat cepat bereaksi terhadap naik turunnya kadar hormon reproduksi menjelang menstruasi lho, Girls. Biasanya itu akan membuat payudaramu membengkak, sehingga saat memakai bra cenderung menjadi sesak dan sensitif, makanya akan terasa nyeri kalau tersentuh.

Payudara juga terdiri dari beberapa bagian, Girls. Supaya kamu lebih paham, kenali bagian-bagiannya di bawah ini, yuk!

  • Lobulus atau kelenjar air susu. Lobulus tampak seperti kantong kecil yang berjumlah 12-20 kelenjar pada masing-masing payudara. Fungsinya untuk menghasilkan dan menyimpan ASI. Menjelang atau beberapa hari di awal menstruasi, saat terjadi naik turunnya hormon reproduksi, biasanya lobulus ini akan membengkak dan bikin payudara terasa nyeri kalau tersentuh tanpa sengaja. Tenang, hal ini sangat wajar kok, Girls.
  • Duct atau saluran air susu. Duct adalah saluran yang mengalirkan air susu dari lobulus sampai ke ujung puting.
  • Areola. Pada bagian payudara ini terlihat seperti lingkaran berwarna gelap di sekitar puting. Areola memiliki kandungan kelenjar minyak Montgomery, yang membantu melumasi puting kelak pada saat kamu mulai menyusui. Bentuk dan ukuran areola akan mengalami perubahan kalau seorang perempuan udah hamil dan melahirkan.
  • Puting susu. Bagian sensitif yang menonjol, dan terletak di tengah areola. Fungsi bagian ini adalah untuk mengeluarkan air susu.
  • Jaringan lemak. Di dalam payudara terdapat lapisan lemak yang berfungsi untuk melapisi dan melindungi jaringan payudara, serta membuat bentuknya tampak lebih berisi.

Kamu perlu tahu nih, payudara nggak bisa diperbesar atau diperkecil dengan krim kosmetik, Girls! Ukuran payudara juga nggak akan memengaruhi jumlah dan kualitas ASI. Dibanding memikirkan hal itu, lebih baik kamu jaga selalu kesehatan payudaramu. Memakai bra dengan ukuran yang pas dan melakukan pemeriksaan rutin, seperti SADARI setiap kali setelah menstruasi, untuk memastikan kesehatan payudaramu. Simple kan? Jangan lupa dilakukan ya!

Share info ini ke teman-temanmu juga, yuk! Supaya mereka bisa tau info yang bermanfaat ini!

Related Articles

Healthy Body
24 Oct 2019

Jenis dan Ciri Kista di Ovarium

Girls, apa kamu pernah dengar tentang kista ovarium? Kista ovarium adalah kista yang tumbuh di dalam...
Healthy Body
10 Jan 2020

6 Jenis Makanan Sehat Cegah Kanker Payudara!

Girls, kamu harus tau nih, menurut riset terakhir dijelaskan bahwa risiko perempuan mengalami kanker...
Healthy Body
19 Aug 2019

Emosi Nggak Stabil Bisa Ganggu Gairah Seksual

Sebagai seorang perempuan, pasti kamu pernah mengalami gejolak gairah seksual kan, Girls? Nah, baru-...