Konsumsi Makanan Ini untuk Memperlancar Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Konsumsi Makanan Ini untuk Memperlancar Menstruasi

Konsumsi Makanan Ini untuk Memperlancar Menstruasi

09 Jun 2021

Konsumsi Makanan Ini untuk Memperlancar Menstruasi

Hai girls, kalian tahu gak sih kalau hampir semua perempuan pasti pernah merasakan siklus menstruasi yang gak teratur. Siklus menstruasi yang gak teratur membuat siapapun yang merasakannya jadi kurang nyaman. Terutama ketika gejalanya sudah dirasa lama, namun menstruasi belum kunjung tiba. Sebenarnya siklus menstruasi bisa saja berubah-ubah dan masih dikatakan normal jika terjadi dalam rentang 21-35 hari dengan durasi 2-7 hari menstruasi. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan siklus menstruasi jadi terganggu seperti indikasi adanya menopause, PCOS, gangguan hormon, dan pola hidup yang gak sehat. 

 

Langkah utama dan paling mudah dilakukan untuk membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur dan lancar adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Kamu bisa lebih memperhatikan atau mengelola stres, lakukan aktivitas fisik/berolahraga, dan konsumsi makanan sehat. Eits, selain mengonsumsi makanan sehat, kamu bisa lho mencoba makanan-makanan di bawah ini untuk melancarkan menstruasi kamu. Kuy, langsung cek informasinya di bawah ini. 

  1. Pepaya 
    Walau gak semua orang menyukai buah ini, buah yang kaya akan sumber karoten ini ternyata efektif untuk membantu mempercepat produksi hormon estrogen dalam tubuh. Buah ini bersifat uterotonik, yang artinya pepaya dapat menyebabkan kontraksi dalam rahim untuk meluruhkan lapisan rahim sehingga kamu bisa menstruasi lebih awal. 
  2. Kurma
    Selain menjadi bintang takjil saat berbuka puasa, buah dengan rasa manis ini memiliki kandungan zat gizi berupa zat besi, folat, vitamin c, dan mineral yang dipercaya mampu melancarkan siklus menstruasi. 

  3. Jahe
    Bumbu dapur satu ini merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan obat tradisional untuk menginduksi menstruasi. Sama halnya dengan pepaya, jahe diyakini dapat menyebabkan kontraksi rahim sehingga dapat mempercepat dan melancarkan siklus menstruasi. 

Untuk mengkonsumsinya, kamu dapat membuat teh jahe dengan cara berikut. 

Bahan : 

  • Satu potong jahe yang sudah dicuci bersih 

  • Madu 

Cara memasak : 

  • Potong jahe menjadi bagian-bagian kecil 

  • Masukan potongan jahe ke dalam panci berisi air yang telah dipanaskan 

  • Rebus hingga 5 menit

  • Tisikan dan saring air dari potongan jahe 

  • Tambahkan madu sebagai pemanis (opsional) 

  • Teh jahe siap dihidangkan 
     

  1. Kunyit
    Sama dengan jahe, bumbu dapur sekaligus obat tradisional ini diyakini dapat mempengaruhi kadar hormon estrogen dalam tubuh. Kunyit mengandung curcumin yang dapat membuat menstruasi menjadi lebih cepat. 

  2. Nanas
    Buah menyegarkan satu ini memiliki enzim bernama bromelain yang diyakini dapat menyembuhkan atau mengurangi peradangan. Menurut penelitian, buah ini dapat melancarkan siklus menstruasi yang berhubungan dengan peradangan. 

  3. Vitamin C
    Gak cuma berguna untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, vitamin C juga dapat menginduksi rahim dan membuat menstruasi lebih cepat keluar. Vitamin C dapat menurunkan kadar hormon progesteron dan meningkatkan hormon estrogen sehingga dapat membuat rahim berkontraksi dan meluruhkan lapisannya. Kamu bisa mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen, buah yang mengandung asam askorbat seperti jeruk, beri, blackcurrant, tomat, serta sayur seperti brokoli, paprika, bayam, dan kubis. Namun, perlu kamu perhatikan mengkonsumsi vitamin C tidak disarankan melebihi 2000 mg per harinya. 

  4. Peterseli 
    Daun peterseli mengandung ternyata mengandung vitamin C dan senyawa apiol yang berguna untuk menginduksi kontraksi rahim sehingga menstruasi bisa terjadi lebih cepat. Pada ibu hamil, disarankan untuk menghindari mengkonsumsi daun peterseli dalam jumlah yang banyak karena dapat menjadi racun yang berbahaya untuk kesehatan. Sama halnya dengan jahe, untuk mengkonsumsi peterseli, kamu bisa membuat teh dengan cara direbus selama 5 menit dan disaring sebelum meminumnya. 

  5. Wortel 
    Selain kaya akan vitamin A, wortel juga mengandung beta karoten dan senyawa bioaktif yang dapat membuat rahim berkontraksi dan meluruhkan lapisannya sehingga keluar darah menstruasi. 

  6. Kacang-kacangan 
    Kacang-kacangan diyakini dapat membuat menstruasi menjadi lebih cepat dan awal karena kandungan serat dan protein sebagai penyeimbang hormon dalam tubuh. Jenis kacang-kacangan yang diyakini dapat mempercepat atau memperlancar haid berupa almond, kenari, dan kacang kedelai. 

  7. Seledri 
    Sama dengan makanan di atas lainnya, seledri diyakini dapat mempercepat datang bulan lebih awal karena memicu kontraksi rahim. Kamu dapat mengkonsumsi seledri dengan cara dijus.


Beberapa cara membuat jus seledri anti enek dan efektif memperlancar menstruasi : 

  • Campurkan seledri dengan pir dan anggur hijau
  • Campurkan seledri dengan lemon dan apel
  • Campurkan seledri dengan nanas (big combo untuk memperlancar siklus menstruasi kamu)
  • Campurkan seledri dengan tomat dan wortel (triple combo untuk memperlancar siklus menstruasi kamu) 

Nah, itu dia beberapa makanan yang dapat membuat rahim terinduksi dan mengeluarkan darah menstruasi. Jika sudah mencoba mengkonsumsinya namun belum ada perubahan terhadap siklus menstruasi kamu, coba deh untuk mengobati penyebab lainnya seperti mengurangi stres, olahraga teratur, dan melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. 

Saat menstruasi sudah kembali lancar dan teratur, jangan lupa untuk memakai pembalut yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut jenis pembalut yang cocok sesuai kepribadian kamu. 

Si Aktif 

Kalau kamu tipe orang yang memiliki aktivitas padat dan aktivitas banyak gerak, kamu cocok menggunakan Laurier Active Day X-Tra. Pembalut ini merupakan pembalut yang dapat dipakai siang hari untuk kamu yang suka beraktivitas dan berolahraga. Dengan daya serap dan pengunci bocor instan, kamu bebas gerak seharian tanpa takut bocor dan gak nyaman. 
 

Anti Ribet 

Siapa yang suka malas untuk ganti pembalut karena bocor terus? Eits, golongan anti ribet kayak kamu cocok banget untuk pakai Laurier Celana Menstruasi. Pembalut ini cocok untuk kamu yang lagi merasakan hari-hari deras karena daya serapnya mampun mengunci kebocoran hingga 5x lipat dan melindungi kebocoran hingga 360 derajat sampai ke pinggul.
 

Mager (Males Gerak) Malam Hari 

Kalau udah tidur, memang paling malas kalau diganggu dan harus ke kamar mandi karena bocor. Nah, tipe mager alias mager gerak kayak kamu cocok banget untuk pakai Laurier Relax Night. Laurier Relax Night dapat menyerap cairan dan gumpalan dengan maksimal selama 10 jam lho. 

Super Bersih 

Tipe orang yang super bersih, bukan hanya menjaga kebersihan dari luar aja. Orang dengan tipe ini biasanya juga apik menjaga kebersihan vaginanya dengan memakai produk yang bisa menjaga area kewanitaan. Nah, kalau kamu orangnya! Produk Laurier Healthy Skin Day cocok banget buat kamu karena dapat mencegah iritasi dan mencegah kelembaban. Produk ini juga memiliki 3D pori yang bergelombang untuk menyerap cairan dan meningkatkan sirkulasi udara hingga 80% agar vagina tetap kering.

 

Related Articles

Healthy Body
12 Dec 2019

Bahaya Terlalu Kurus

Girls, pernah nggak sih, mau punya tubuh super langsing seperti model-model di majalah fashion? Eits...
Healthy Body
04 Dec 2019

Ngobrol Singkat Soal Selaput Dara

Kamu pernah dengar tentang selaput dara nggak, Girls? Selaput dara disebut dengan selaput karena ber...
Healthy Body
27 Feb 2020

Cek yuk, Apakah Kamu Mengalami Gangguan Pendarahan atau Nggak?

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami aliran darah menstruasimu yang keluar cukup deras dan berkep...