Kenapa Sih Vagina Jadi Becek Saat Menstruasi?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Kenapa Sih Vagina Jadi Becek Saat Menstruasi?

Kenapa Sih Vagina Jadi Becek Saat Menstruasi?

18 Mar 2022

Kenapa Sih Vagina Jadi Becek Saat Menstruasi?

Saat sedang menstruasi beberapa wanita biasanya merasakan vagina terasa lebih lembap. Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya keringat yang membuat celana dalam menjadi lembap. Jika hal ini terjadi apa yang sebaiknya kamu lakukan? Hati-hati salah pilih pembalut bisa membuat area vagina malah semakin becek. 

Vagina becek

vagina becek saat menstruasi

Perlu kamu tahu, area vagina memang memiliki kecenderungan lebih becek saat sedang menstruasi. Hal ini biasanya terjadi pada beberapa fase. Mulai dari pertengahan siklus menstruasi (sewaktu masa subur), menjelang menstruasi, dan sesudah menstruasi. Apalagi fase saat sedang menstruasi adalah momen paling sering lembap dan rentan becek. 

Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasinya? Nah hal ini perlu dicari penyebabnya. Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan. Misalnya, bisa saja penyebabnya adalah masuknya benda asing ke dalam vagina. Contohnya, rambut kemaluan, adanya benang IUD (spiral), atau bahkan infeksi. 


Selain itu, penyebab vagina becek yang sering dianggap sepele juga adalah pemilihan pembalut. Beberapa wanita ada yang gak terlalu melihat keunggulan dari masing-masing pembalut. Hal ini yang akhirnya membuat vagina bukannya nyaman saat menstruasi tapi malah cenderung becek karena pembalut tidak menyerap cepat sehingga area kewanitaan menjadi lebih lembap dan becek. 

Hal penting lainnya yang perlu kamu tahu, vagina becek yang gak ditangani ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius yaitu infeksi bakteri atau jamur. Namun, infeksi ringan yang disebabkan oleh bakteri tertentu bisa saja gejalanya juga ringan, seperti keluar cairan bening, tapi terasa gatal. Hal ini tetap saja berbahaya jika dibiarkan terus menerus. 

Untuk mengantisipasinya, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan saat memilih pembalut yang tepat

vagina becek saat menstruasi

1. Mengetahui jadwal periode menstruasi

Sebelum menentukan akan menggunakan pembalut yang mana dan seperti apa, hal yang harus dipikirkan pertama kali adalah mengetahui jadwal kapan menstruasi datang. Mengetahui siklus bulanan sangat penting, karena berkaitan dengan aliran, durasi hingga gejala yang kerap dirasakan.

2. Daya serap tinggi

Pembalut harus memiliki kemampuan menyerap yang baik. Apalagi di masa awal menstruasi saat aliran darah akan sangat banyak. Hal yang penting diperhatikan adalah kamu bisa memilih pembalut yang memiliki kandungan alami seperti daun sirih, yang bisa menghindarkan dari bau gak sedap. 

3. Tentukan panjang pembalut

Nah ini juga penting nih. Kamu harus memahami apa yang kamu butuhkan. Ini berpengaruh pada panjang pembalut yang akan dipilih. Sebagai saran kamu bisa menggunakan pembalut yang panjang di awal menstruasi, lalu gunakan pembalut yang lebih pendek saat periode menunjukkan tanda-tanda akan berakhir.

4. Ketahui aktivitas harian

Pilih pembalut yang sesuai dengan aktivitas harian. Gunakan pembalut ramping dan bersayap kalau kamu sering berolahraga. Jangan lupa juga menyiapkan pembalut ekstra jika harus melakukan aktivitas yang berat.

5. Bahan

Kamu harus mengetahui bahan yang pas untuk vagina kamu. Jangan sampai bahan yang digunakan dalam pembalut justru membuat kulit iritasi. Cari tahu info bahan yang digunakan apa ya, girls! 

Laurier Natural Clean

Sebagai informasi, Laurier Natural Clean cocok buat kamu yang ingin vagina terbebas dari becek dan bau saat menstruasi nih. Kenapa? Soalnya Laurier Natural Clean memiliki 3  antibac protection yang bisa banget jadi andalan kamu. Ketiga proteksi ini yaitu kandungan daun sirih untuk usir bau, ekstrak daun sage yang anti jamur, dan antibac agent yang melawan pertumbuhan bakteri. Dengan tiga perlindungan ini, vagina kamu bebas dari becek, bau, dan bakteri saat menstruasi!

 

Related Articles

Healthy Body
18 Jan 2020

Seberapa Banyak Kamu Mengetahui Nutrisi yang Kamu Konsumsi Pas Menstruasi?

Saat menstruasi pastinya ada pantangan untuk menghindari makanan dan minuman, ketika kamu lagi di ma...
Healthy Body
18 Jan 2020

Yuk, Cek Kondisi Tubuhmu Melalui Warna Darah Menstruasi!

Darah menstruasi yang keluar bisa saja memiliki warna yang bervariasi dari satu siklus ke siklus lai...
Healthy Body
13 Nov 2019

3 Gangguan Kesehatan yang Bikin Miss V Gatal

Kamu tau nggak sih, Girls? Kalau organ genital perempuan yang sering disebut miss v ini, ternyata te...