Organ Reproduksi Itu Apa Aja ya?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Organ Reproduksi Itu Apa Aja ya?

Organ Reproduksi Itu Apa Aja ya?

09 Sep 2019

Organ Reproduksi Itu Apa Aja ya?

Girls, seberapa jauh nih, pengetahuan kamu tentang organ reproduksi? Mungkin kalau kamu udah menstruasi dan mendengar kata ‘reproduksi’, yang nggak asing di kupingmu adalah rahim dan vagina. Benar nggak? Wah, padahal masih ada organ reproduksi lain yang perlu kamu tau lho! Kira-kira apa aja ya?

  • Ovaries

Nama lain dari ovaries ini adalah indung telur atau sering juga disebut ovarium. Cewek itu punya dua indung telur yang letaknya ada di kiri dan kanan rongga perut bagian bawah. Indung telur ini berfungsi untuk menyimpan sel telur sampai matang, lalu melepaskannya satu per satu setiap siklus reproduksi. Selain itu, ovaries juga bisa menghasilkan hormon reproduksi, yaitu estrogen dan progesteron.

  • Uterus

Biasanya kamu mengenalnya dengan nama rahim. Organ reproduksi ini adalah sebuah kantong yang bentuknya seperti buah pir. Dinding-dinding rahim memiliki otot yang kuat dan bisa melebar saat seorang cewek mengandung bayi, dan akan kembali mengerut setelah bayi dilahirkan.

  • Fallopian tube

Organ reproduksi ini dikenal sebagai saluran telur. Bentuknya mirip sama sedotan tipis yang menghubungkan indung telur dan rahim. Fungsi saluran telur ini adalah sebagai ‘jalan’ untuk sel telur yang matang dan udah dilepaskan sama indung telur menuju rahim.

  • Serviks

Kalau yang satu ini lebih populer dari yang lain karena jenis kanker yang mematikan. Benar nggak, Girls? Serviks ini dikenal juga dengan sebutan leher rahim, yaitu bagian paling bawah dari rahim. Karena posisinya dekat ke luar, makanya serviks ini paling berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan reproduksi.

  • Vagina

Ini adalah organ reproduksi cewek paling luar yang menghubungkan rahim sama luar tubuhmu. Saat kamu melahirkan, bayi yang ada dalam kandungan akan keluar melalui vagina ini, Girls.

Nah, sekarang kamu udah tau kan, apa aja yang ada di dalam organ reproduksimu selain vagina dan rahim? Pengetahuan tentang organ reproduksi ini penting banget untuk kamu cari tau supaya kamu paham sama kondisi tubuhmu, Girls.

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau lebih banyak tentang organ reproduksinya!

Related Articles

First Timer
22 Dec 2021

Sakit Menstruasi yang Mengganggu? Waspada Miom! 

Beberapa wanita yang organ reproduksinya sudah aktif, seringkali dihantui dengan adanya risiko penya...
First Timer
12 Sep 2019

Yuk, Pakai Menstrual Diary!

Girls, kamu udah pernah pakai aplikasi Menstrual Diary dari Laurier belum? Atau kamu masih bingung g...
First Timer
30 Jul 2019

Bahaya Nggak ya, Kena Diare Pas Menjelang Menstruasi?

Kamu pernah kena diare sebelum menstruasi? Pasti rasanya nggak enak banget, deh. Tapi kamu tau nggak...