Mitos Menstruasi dari Berbagai Negara
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Mitos Menstruasi dari Berbagai Negara

Mitos Menstruasi dari Berbagai Negara

05 Dec 2019

Mitos Menstruasi dari Berbagai Negara

Kalau bahas tentang mitos, pasti kamu udah nggak asing lagi kan, Girls, sama mitos-mitos yang dipercaya orang Indonesia tentang menstruasi? Tapi, bagaimana kalau mitos-mitos tentang menstruasi itu juga ada di Negara lain? Kalau cewek di Indonesia mitosnya dilarang keramas, maka di belahan dunia lain juga ada larangan-larangan lainnya lho, Girls. Tapi ada juga mitos yang positifnya. Hmm…kira-kira mitos dari negara mana ya yang paling unik?

  • Aborigin: Pendeta cewek suku Aborigin di Australia menggunakan kain yang telah dicelupkan ke dalam darah menstruasi yang ditampung, untuk mengobati luka terbuka dan lebam. Mereka yakin luka akan sembuh lebih cepat, tanpa bekas.
  • Slovakia: Cewek yang sedang menstruasi akan ditarik di atas kereta, mengitari ladang, karena diyakini bisa menyuburkan tanah, sehingga hasil panen akan baik, dan berlipat ganda.
  • Nigeria: Cewek yang sedang menstruasi dilarang menyentuh tumbuhan karena akan mati, dilarang menyentuh susu karena akan basi, dan dilarang bercermin karena akan mengurangi kejernihan pantulan cermin itu.
  • India: Dipercaya kalau sapi yang disentuh cewek yang sedang menstruasi nggak akan menghasilkan susu, dan mandul nggak bisa menghasilkan anak sapi.
  • Kashmir: Saat menstruasi, cewek dilarang mengakses air dari sumbernya, karena dianggap akan membawa sial.
  • Nepal: Cewek yang sedang menstruasi diasingkan ke rumah terpisah, dan dilarang berinteraksi dengan siapapun, hingga menstruasi selesai.
  • Afghanistan: Dipercaya kalau membuang pembalut bekas pakai sembarangan, maka seorang cewek akan mengalami menstruasi terus-menerus  sepanjang hidupnya.
  • Prancis: Cewek yang sedang menstruasi dilarang menyiapkan makanan dengan mayones, atau membuat mayones karena akan menyebabkannya basi. Larangan yang sama terjadi di Itali, tapi unsur makanannya adalah saus tomat.

Wah, ternyata mitos di negara lain lebih unik dari mitos di Indonesia ya, Girls, semua ini memang berasal dari kepercayaan setempat, dan sama sekali nggak terbukti secara medis. Jangan mudah percaya, terutama pada mitos-mitos yang merugikan ya, Girls! So, be wise!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui info seputar mitos-mitos tentang menstruasi yang ada di Negara lain.

Related Articles

First Timer
03 Oct 2019

Fakta Unik Tentang Miss V

Sebagai bagian dari sistem reproduksi, vagina adalah organ yang paling luar. Mulai dari letak, bentu...
First Timer
08 Oct 2019

Pembalut dan Teman-temannya

Mungkin sekarang kamu cuma tau kalau pembalut adalah produk pelindung menstruasi yang paling populer...
First Timer
24 May 2019

Penuhi Nutrisimu Saat Menstruasi

Kamu pasti tau kan, Girls, kalau pola makan yang sehat itu harus diterapkan setiap saat. Apalagi pas...