Menstruasi yang Wajar Itu Seperti Apa sih?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Menstruasi yang Wajar Itu Seperti Apa sih?

Menstruasi yang Wajar Itu Seperti Apa sih?

03 Oct 2019

Menstruasi yang Wajar Itu Seperti Apa sih?

Girls, sebenarnya menstruasi adalah proses pembersihan rahim dari periode ovulasi yang udah berlangsung, kalau nggak terjadi pembuahan. Kamu tau nggak sih, sebenarnya darah menstruasi itu nggak cuma darah aja lho, tapi ada lapisan dinding rahim bagian dalam juga. Nah, materi-materi itu akan dikeluarkan dari rahim menuju serviks, lalu ke saluran vagina dan akhirnya keluar dari tubuhmu.

Menstruasi akan berlangsung berdasarkan siklus yang tetap dan setiap cewek pasti berbeda siklusnya. Volume darah yang keluar biasanya cenderung banyak di hari pertama sampai ketiga, lalu semakin berkurang sampai benar-benar bersih. Tapi, kadang ada kondisi yang menyebabkan menstruasi kelihatan nggak normal nih, Girls. Hmm...apa aja tuh?

  • Menstruasi nggak teratur

Di usia remaja, tubuhmu masih mengalami proses pertumbuhan. Semua sistem tubuhmu masih dalam proses penyempurnaan termasuk sistem reproduksi yang belum menghasilkan hormon secara seimbang. Sehingga, menstruasimu belum bisa teratur. Bersamaan dengan pertumbuhan fisik yang kamu alami pada akhir usia 18 tahun, maka menstruasimu juga akan ikut teratur, Girls.

  • Darah menstruasi terlalu banyak

Hal yang perlu diperhatikan supaya bisa memastikan banyak atau sedikitnya darah menstruasi yang keluar adalah lamanya menstruasi berlangsung. Dari sisi medis, menstruasi masih tergolong normal kalau berlangsung antara 2 – 10 hari sejak bercak pertama sampai benar-benar bersih. Jadi, walaupun darah menstruasimu kelihatan banyak, selama menstruasimu itu nggak lebih dari sepuluh hari maka masih normal. Sebaliknya, kalau darah menstruasimu sedikit dan masih dalam rentang waktu tersebut, itu juga normal kok, Girls.

Tapi, ada beberapa gejala menstruasi yang harus kamu waspadai, seperti belum mengalami menarche sampai berusia akhir 18 tahun, menstruasi lebih dari sepuluh hari dengan perdarahan yang banyak atau mengalami nyeri luar biasa yang nggak pernah dialami sebelumnya selama menstruasi. Kalau kamu udah mengalami salah satu kondisi itu, jangan ditunda dan langsung periksakan diri ke dokter ya, supaya kamu mendapatkan penanganan yang tepat dan informasi yang jelas mengenai kondisimu.

Nah, sekarang kamu tau kan, kondisi menstruasi yang normal itu seperti apa? Mulai sekarang kamu harus lebih memperhatikan kondisi menstruasimu ya, supaya kamu bisa memantau kesehatan reproduksimu dengan baik. So, kalau ada gejala yang nggak biasa kamu jadi nggak panikan deh, Girls.

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka tau info tentang ini!

Related Articles

First Timer
09 Jun 2021

Ketahui Ciri-ciri yang Menandakan Menstruasi Tidak Normal

Seperti yang sudah diketahui, setiap bulannya wanita yang alat reproduksinya sudah matang akan meras...
First Timer
04 Dec 2019

Bebas Mual Menstruasi

Girls, mual memang udah menjadi salah satu gejala pra-menstruasi atau PMS. Kondisi ini bisa membuatm...
First Timer
12 Aug 2019

Pembalut Aman Bikin Tidur Jadi Nyaman

Walaupun kamu udah sering mengalami menstruasi, tapi kalau lagi tidur di malam hari pasti kamu juga ...