ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

7 Mitos dan Fakta Seputar Menstruasi

7 Mitos dan Fakta Seputar Menstruasi

17 Oct 2023

7 Mitos dan Fakta Seputar Menstruasi

Tidak boleh membicarakan menstruasi depan umum

Faktanya: Topik menstruasi bukanlah sesuatu yang tabu, memalukan atau menggelikan sehingga harus kamu bicarakan secara rahasia. Sama saja seperti kamu sedang berdiskusi tentang brand shampo apa yang digunakan oleh temanmu. Kamu juga boleh berdiskusi seputar menstruasi maupun pembalut yang digunakan oleh temanmu tanpa harus bicara sembunyi-sembunyi.

Sama halnya dengan poin sebelumnya, mitos ini terjadi akibat kurangnya edukasi tentang menstruasi. Namun, hal yang menyedihkan karena kondisi ini terjadi hampir di semua negara. Padahal, dengan menganggap topik menstruasi sebagai sesuatu yang tabu akan membuat banyak orang kehilangan akses informasi seputar menstruasi.

Baca Juga: Apa Itu Kemiskinan Menstruasi dan Bagaimana Dampaknya Bagi Remaja?

Makanan tertentu mengganggu aliran darah menstruasi

Faktanya: Tidak boleh minum air dingin, tidak boleh makan mentimun, tidak boleh makan asam jawa dan acar, bahkan dianjurkan untuk meminum soda saat menstruasi. Berbagai makanan dan minuman tersebut dipercaya memengaruhi aliran darah menstruasi, seperti melancarkan atau justru menyumbat. Namun, dalam situs UNICEF dijelaskan bahwa tidak ada makanan atau minuman yang memengaruhi aliran darah menstruasi.

Namun, memang ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dibatasi karena dapat memengaruhi kondisi tubuh saat menstruasi. Misalnya makanan yang mengandung banyak garam dapat meningkatkan risiko retensi air, makanan tinggi gula dapat menaikkan kadar gula dan mood swing. Selain itu, di saat menstruasi disarankan mengonsumsi cukup air untuk mencegah dehidrasi, serta makanan tinggi zat besi untuk menggantikan zat besi yang hilang selama menstruasi.

Tidak mencuci pembalut bisa didatangi setan

Faktanya: Ini merupakan salah satu mitos yang banyak sekali dipercaya hingga banyak perempuan yang takut benar-benar didatangi setan saat tidak mencuci pembalut sebelum membuangnya. Ada yang bilang kalau pembalut bekas pakai dan tidak dicuci bisa dijilat jin. Atau nanti bisa diikuti setan kalau membuang pembalut tanpa dicuci. Belum lagi banyak orang yang juga membagikan pengalamannya bertemu setan dan mengaitkannya dengan membuang pembalut tanpa dicuci.

Kenyataannya hal ini sebenarnya hanyalah mitos tentang pembalut yang tidak perlu kamu percaya. Pembalut yang beredar adalah pembalut satu kali pakai yang tidak wajib kamu cuci sebelum dibuang. Apalagi, tidak semua lokasi memiliki banyak air sementara mencuci pembalut membutuhkan banyak air. Namun, kamu harus memastikan bahwa pembalut telah dilipat dan dibungkus rapat sebelum membuangnya.

Tidak boleh mandi saat menstruasi

Faktanya: Tidak boleh mandi? Kamu pasti kaget mendengarnya. Tenang, maksud mandi di sini adalah mandi dengan berendam. Misalnya untuk kamu yang senang berendam air hangat di bathtub, banyak yang mengatakan tidak boleh melakukannya saat menstruasi. Alasannya mirip dengan tidak boleh berenang saat menstruasi, yaitu takut darah menstruasi mengontaminasi air.

Baca Juga: Boleh Gak Sih Berenang Pas Lagi Menstruasi? Ini Dia Jawabannya

Sebenarnya berendam saat sedang menstruasi boleh saja, apalagi ketika menstruasi sudah tidak deras. Tekanan pada air akan membantu menahan darah menstruasi tidak keluar. Namun, memang terkadang hal ini membuat kurang nyaman karena rasa takut darah menstruasi keluar. Jadi, keputusan ada padamu sendiri, jika tidak yakin maka bisa menunda rencana berendam hingga saat menstruasi telah selesai.

Related Articles

First Timer
17 Dec 2019

Tebal, Nggak Selalu Aman!

Kamu pernah kepikiran nggak sih, Girls, kalau sesuatu yang tipis itu justru lebih nyaman? Kalau dili...
First Timer
11 Dec 2019

Kok Nggak Sama Setiap Bulan?

Girls, temanmu ada yang pernah bertanya perihal menstruasimu tiap bulannya nggak? Misalnya seperti &...
First Timer
18 Sep 2019

Berapa Kali sih, Cewek Mengalami Menstruasi?

Kamu pasti udah tau kan, kalau menstruasi akan dialami sama semua cewek saat sistem reproduksinya ud...