Nyeri Endometriosis Minggat, Tanpa Minum Obat
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Nyeri Endometriosis Minggat, Tanpa Minum Obat

Nyeri Endometriosis Minggat, Tanpa Minum Obat

04 Sep 2019

Nyeri Endometriosis Minggat, Tanpa Minum Obat

 

(Menyiasati Nyeri Endometriosis & Mengatasi Nyeri Endometriosis)

Para ahli kesehatan menemukan bahwa nyeri yang dialami perempuan pengidap endometriosis cenderung berbeda-beda. Ada yang mengalaminya sesekali dan nggak terlalu hebat, tapi ada juga yang mengalaminya cukup intens di rongga panggul. Biasanya setiap kali menstruasi, saat BAB dan berkemih, nyeri yang dialami pengidap endometriosis sangat menyiksa.

Dokter akan selalu memberikan obat pereda nyeri, tapi sebenarnya ada hal lain yang bisa dilakukan selain mengonsumsi obat. Hal pertama yang perlu kamu pahami tentang nyeri endometriosis adalah nyeri itu sendiri, dan seberapa luas nyeri itu mengganggu kehidupanmu.

Nyeri endometriosis bisa mengganggu hubunganmu dengan orang-orang terdekat, karena kamu jadi sangat tergantung dan membatasi aktivitas, seperti jarang terlibat berbagai kegiatan, jarang bertemu teman, dan nggak terlihat aktif dalam berbagai event di kantor atau kampus. Nggak cuma itu aja, nyeri yang dialami akibat endometriosis juga bisa membuatmu jadi nggak berdaya dan frustasi karena nggak bisa mengatur kesehatan diri sendiri. Tentu aja hal ini bisa bikin kamu jadi stres. Iya kan?

Stres itu sendiri nantinya bakal menyebabkan nyeri semakin menjadi-jadi, akibat seluruh tubuh menegang. Nah, supaya tubuh dan pikiranmu jadi lebih tahan terhadap stres dan rasa sakit, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, selain mengonsumsi obat. Apa aja ya?

  • Berolahraga rutin
  • Tidur malam cukup 8 – 9 jam setiap hari
  • Mengonsumsi makanan yang bernutrisi
  • Melakukan hal-hal yang disenangi saat merasa lebih baik
  • Menjalin hubungan dengan teman, melalui telepon atau internet
  • Nggak beraktivitas terlalu capek, sekalipun tetap beraktivitas secara wajar

Setelah berusaha mengurangi ketegangan yang dirasakan, kamu juga bisa mencoba beberapa cara praktis kalau nyeri masih tetap menyerang, yaitu:

  • Pakai kompresan panas pada perut bagian bawah, atau mandi air hangat. Suhu panas bisa melancarkan peredaran darah, sehingga ketegangan otot mereda dan nyeri lama-kelamaan akan berkurang.
  • Tidur terlentang dan letakkan bantal di bawah kaki. Kalau kamu tidur dengan sisi tubuh, tarik kaki ke arah dada, sehingga bisa meredakan ketegangan punggungmu.
  • Tetap rutin berolahraga. Aktivitas fisik akan melancarkan pembuluh darah, dan mendorong produksi endorfin yang berfungsi menekan nyeri.
  • Bersantai. Kamu bisa lakukan hal ini sambil membaca buku, menonton film atau mendengarkan lagu favorit.

Selain empat cara di atas, masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa nyeri tanpa harus meminum obat. Apa tuh? Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kamu harus mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Ternyata pola makan juga diketahui bisa membantu mengurangi nyeri menstruasi yang dirasakan oleh pengidap endometriosis. Saat menstruasi, sebaiknya kamu mengonsumsi dua jenis makanan ini:

  1. Serat

Jenis makanan ini bisa membantu melepaskan gas, sehingga mencegah kembung dan mengendalikan kadar estrogen yang beredar di dalam tubuhmu. Makanan yang mengandung serat, antara lain: apel, melon, pir, pisang, brokoli, kacang-kacangan, bayam, beras merah, oatmeal, serealia, almon, pistachio dan kenari.

  1. Asam lemak omega 3

Saat menstruasi, hormon prostaglandin akan membantu tubuh meluruhkan lapisan endometrium. Proses peluruhan endometrium ini menyebabkan rasa nyeri muncul. Pada masa ini, mengonsumsi asam lemak omega 3 sangatlah penting, karena unsur ini akan meningkatkan PGE1, zat yang membantu mengurangi nyeri. Sumber makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi adalah ikan jenis makarel atau tuna, kacang-kacangan seperti kenari dan almon, serta produk olahan kedelai yang difermentasi, seperti tahu dan tempe.

Nah, sekarang kamu udah tau kan, gimana caranya mengurangi rasa nyeri endrometriosis yang parah banget? Kamu bisa memulainya dari mengurangi rasa stres di pikiranmu, Girls! Kalau stres bisa kamu hindari, pasti rasa nyeri juga nggak bakal semakin parah. So, aktivitasmu tetap bisa berjalan dengan lancar deh! Jangan lupa juga untuk banyak mengonsumsi serat dan asam lemak omega 3 ya! Stay healthy, Girls!

Yuk, share info ini ke teman-temanmu, terutama yang mengidap endometriosis, supaya mereka bisa mengatasi rasa nyerinya tanpa perlu meminum obat!

Related Articles

Adulthood
09 Jul 2019

Hujan atau Menstruasi? Kok Deras Banget?

Kamu sering merasa gelisah karena aliran darah menstruasi terlihat masih banyak padahal udah lebih d...
Adulthood
02 Oct 2019

Yuk, Rawat Gigi dan Gusimu Menjelang Menstruasi!

Girls, kamu tau nggak sih, ternyata naik turunnya kadar hormon reproduksi itu bisa mengganggu keseha...
Adulthood
22 Oct 2020

Kenapa Menstruasiku Lama Berhentinya?

Jujur, menstruasi yang nggak kelar-kelar emang suka bikin auto parno. Wajar banget merasa cemas saat...