Ternyata IUD Dapat Mengurangi Risiko Kanker Serviks, Lho!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Ternyata IUD Dapat Mengurangi Risiko Kanker Serviks, Lho!

Ternyata IUD Dapat Mengurangi Risiko Kanker Serviks, Lho!

13 Oct 2013

 Ternyata IUD Dapat Mengurangi Risiko Kanker Serviks, Lho!

     Setelah berita meninggalnya public figure Indonesia karena penyakit kanker serviks, penyakit ini jadi sering dibicarakan. Jangan parno atau nggak mau tau dengan resiko penyakit ini, justru kamu harus membekali diri mu dengan pengetahuan tentang penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian pada perempuan. Kanker serviks dipastikan terjadi karena infeksi HPV (Human Papillomavirus). Penyebab utama seorang perempuan terinfeksi HPV adalah hubungan seksual yang tidak aman. Untuk mengurangi risiko dari hubungan seksual yang tidak aman, kamu bisa menggunakan alat kontrasepsi, seperti salah satu contohnya adalah IUD.

     Berdasarkan hasil penelitian terbaru yang dilansir dari jurnal The Lancet Oncology edisi Juni 2013, IUD merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang efektif, murah dan aman yang mampu mencegah terjadinya kanker serviks hingga 50%. Kesimpulan tersebut berasal dari hasil penelitian epidemiologi terbesar yang dilakukan pada 20.000 responden perempuan. Ditemukan bahwa perempuan yang pernah menggunakan IUD hanya memiliki kemungkinan sebesar 50% untuk terkena kanker serviks dibandingkan dengan yang tidak pernah menggunakan IUD. Kenapa bisa begitu?

IUD yang umumnya diletakkan pada mulut rahim dapat mencegah terbentuknya kanker. IUD juga menekan terbentuknya Squamous cell carcinoma (SCC) hingga 44% dan Ademocarcinoma atau Adenosquarmous carcinoma hingga 54%.

     Kamu belum pernah menggunakan IUD? Tenang saja, belum terlambat kok! Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama penggunaan IUD sama sekali tidak memengaruhi manfaat dalam mencegah kanker. Risiko terkena kanker akan turun sebanyak 50% pada tahun pertama penggunaan alat kontrasepsi tersebut, dan akan tetap demikian setelah digunakan hingga sepuluh tahun kemudian.

     Oleh karena itu, IUD dianggap dapat mengurangi risiko penyakit kanker serviks. Kalau kamu masih penasaran tentang kanker serviks, kamu bisa mengunjungi dokter Obgyn terdekat untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri, lho! Tidak ada salahnya memeriksakan diri sedini mungkin untuk mendeteksi potensi penyakit di dalam dirimu. Kamu mau coba cara ini, Girls? Yuk share di kolom komentar!

Related Articles

Adulthood
11 Oct 2019

Kok, Menstruasiku Cuma Sebentar sih?

Bagi kebanyakan cewek, setiap kali mengalami menstruasi adalah periode yang menantang. Kamu salah sa...
Adulthood
02 Dec 2019

Bersepeda VS Kesehatan Reproduksi

Kamu tau nggak sih, kalau ternyata bersepeda itu bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan reproduks...
Adulthood
14 Jun 2019

Cerita Singkat Tentang Si Estrogen

Udah bukan rahasia lagi, kalau keteraturan siklus menstruasi itu diatur sama keseimbangan berbagai h...