Apa Itu Psoriasis Vagina? Berbahayakah?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Apa Itu Psoriasis Vagina? Berbahayakah?

Apa Itu Psoriasis Vagina? Berbahayakah?

16 Nov 2022

Apa Itu Psoriasis Vagina? Berbahayakah?

Perawatan organ intim pada wanita sangat penting dilakukan guna menjaga area kewanitaan tetap sehat. Tak hanya itu, organ intim yang terawat dengan baik juga dapat mencegah munculnya berbagai masalah kesehatan di area tersebut, salah satunya psoriasis. Di mana, psoriasis tidak hanya muncul di permukaan kulit terluar saja namun juga di area kewanitaan yang sering disebut psoriasis vagina.

Apa Itu Psoriasis Vagina?

Psoriasis vagina merupakan penyakit kulit yang seringkali menyerang area genital dengan gejalanya yaitu kulit berwarna merah keunguan, bersisik putih, dan cenderung gatal. Biasanya, paha atas, lipatan antara bokong, dan lipatan antara paha, selangkangan, serta anus yang kerap diserang penyakit ini.

Psoriasis vagina sendiri bukanlah penyakit menular seksual (PMS) dan tidak akan menular pada orang lain. Namun, ketika diserang penyakit ini, penderitanya akan merasakan gatal yang teramat di sekitar area genital dan bisa mengganggu kehidupan percintaan. 

Pemicu Psoriasis Vagina

Pemicu psoriasis vagina masih belum diketahui secara pasti, namun faktor genetik dan kelainan dalam sistem kekebalan tubuh mungkin berperan dalam perkembangannya. Di mana, penderita psoriasis vagina akan mengembangkan sel-sel kulit dengan cepat sehingga memicu munculnya plak atau lesi bersisik.

Selain itu, beberapa kondisi seperti stres, cuaca dingin, infeksi kulit, luka akibat gigitan serangga, gesekan akibat menggunakan pakaian ketat, dan lainnya mungkin juga termasuk pemicunya.

Dampak Psoriasis Vagina

Ada beberapa efek atau dampak yang dirasakan penderita ketika mengalami psoriasis vagina, seperti:

  • Gatal

Seperti yang sudah dibahas di bagian atas, penderita akan merasakan gatal dan ini merupakan bagian terburuk karena bisa membuat penderitanya terjaga semalaman. 

  • Perih

Akan muncul rasa perih bahkan ada yang sampai berdarah akibat penderita menggaruknya terlalu kencang. Ditambah, jika terkena gesekan dan keringat, maka perihnya akan terasa sangat sakit.

  • Infeksi

Kulit di area genital biasanya sangat tipis dan halus sehingga mudah berdarah. Ini tentu sangat berisiko menimbulkan infeksi, seperti infeksi jamur dan bakteri.

Related Articles

Adulthood
26 Sep 2019

5 Faktor Pengganggu Kesuburan

Girls, kamu tau nggak kalau tingkat kesuburan itu penting banget? Karena dengan hal itu peluang kamu...
Adulthood
25 Jun 2019

Tetap Cantik Saat Menstruasi

Kalau lagi menstruasi biasanya cewek nggak cuma mengeluh soal nyeri perut aja, tapi juga soal penamp...
Adulthood
17 Oct 2019

Cepat Menstruasi, Cepat Menopause

Para ahli dari 4 negara, yaitu Australia, Inggris, Denmark dan Jepang bergabung dan meneliti tentang...