Darah Menstruasiku Kok, Sedikit Banget?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Darah Menstruasiku Kok, Sedikit Banget?

Darah Menstruasiku Kok, Sedikit Banget?

09 Aug 2019

Darah Menstruasiku Kok, Sedikit Banget?

Girls, kamu pernah nggak sih, pas lagi menstruasi darah yang keluar jumlahnya sedikit dan waktu menstruasimu sebentar banget? Duh, pasti bikin kamu khawatir deh! Kondisi seperti ini dikenal sebagai hypomenorrhea. Menurut medis, dalam kondisi normal seorang cewek akan mengalami menstruasi antara 2 - 10 hari sejak bercak pertama terlihat sampai benar-benar bersih. Nah, seorang cewek bisa dikategorikan mengalami hypomenorrhea kalau volume darah menstruasinya sedikit dan berlangsung kurang dari dua hari. Ada dua hal yang menyebabkan kondisi ini bisa terjadi, yaitu:

  • Hormon yang nggak seimbang

Hal ini wajar banget terjadi di usia remaja, karena umumnya seorang cewek masih dalam masa pertumbuhan. Pada masa ini tubuhmu belum bisa memproduksi hormon secara seimbang, sehingga siklus menstruasimu pasti belum teratur. Tapi, seiring dengan proses pertumbuhan fisikmu, kondisi ini pasti bakal bisa teratasi nantinya.

  • Stres

Kondisi ini cenderung menyebabkan tubuh memproduksi sejenis hormon yang bisa merusak keseimbangan hormon reproduksi. Kalau hormon nggak seimbang, menstruasi juga bakalan terganggu.

Walaupun terbilang wajar dialami pada usia remaja, hypomenorrhea ini juga harus diperhatikan lho, Girls! Kamu bisa mulai dengan membuat catatan saat kamu lagi mengalami menstruasi yang pendek dan volume darah yang sedikit. Kalau kondisi ini berlangsung sampai beberapa bulan, lebih baik kamu cepat bilang ke mama dan minta ditemani berkonsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan supaya kamu menjalani pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, hindari stres, istirahat yang cukup dan berolahraga secara teratur.

Cara mengatasinya gampang dan simple banget kan? Karena kalau tubuhmu sehat, maka kadar hormon yang ada dalam tubuhmu pasti akan seimbang dan bisa membuat siklus menstruasimu kembali normal, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini, supaya mereka juga tau tentang hypomenorrhea!

Related Articles

Adulthood
09 Jul 2019

Lakukan Stretching Biar Bebas Stres Pas Menstruasi

Girls, kamu tau nggak sih, kalau lagi menstruasi biasanya otot-otot dalam tubuhmu bakal terasa tegan...
Adulthood
16 Oct 2019

Obat Jitu Sembuhkan Perdarahan Menstruasi Berat

Finally, ada harapan baru buat para perempuan yang sering mengalami perdarahan menstruasi berat nih,...
Adulthood
11 Nov 2014

Kayak Gimana Sih PMS yang Nggak Normal?

       PMS! Siapa sih yang nggak tau PMS? Tiap bulan kamu pasti merasakan yan...